Lampu Sein Motor Tidak Berkedip: 7 Penyebab & Perbaikan

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Sein Motor Tidak Berkedip – Terdapat beberapa permasalahan pada lampu sein motor, salah satunya yaitu tidak berkedip. Lampu sein terhitung elemen yang penting pada kendaraan sebagai penanda bagi kendaraan lain.

Jika sein mengalami masalah, tidak cuma pemilik kendaraan yang dituding. Tetapi, pengendara yang berada di belakangnya akan berasa kebingungan. Bahkan juga, bisa beresiko akan alami kecelakaan.

Jadi check lampu sein sepeda motor kamu apa berkedip, mati atau justru berpijar terus. Apabila tidak berperan, saat akan membelok kendaraan ada di belakang tidak tahu. Hal ini pasti membayakan sang pengendara dan kendaraan lain.

Telah banyak kasus kecelakaan yang karena lampu sein, maka bila rusak langsung diperbaiki, pasti penting dipahami pemicunya. Untuk lebih jelasnya terkait lampu sein motor tidak berkedip baik penyebab dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

lampu sein motor tidak berkedip

Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

Jika kendaraan alami masalah pada lampu sein, Anda perlu ketahui pemicunya. Hal ini bertujuan agar lampu sein yang tidak berkedip dapat langsung teratasi. Berikut beberapa faktor penyebab lampu sein motor tidak berkedip diantaranya yaitu:

1. Flasher Sein Rusak

Penyebab pertama lampu sein motor tidak berkedip yaitu kerusakan pada flasher. Untuk pengaturan arus listrik pada lampu sein diperlukan alat namanya flasher. Kadang alat itu alami kerusakan hingga membuat lampu sein tidak berkedip atau bahkan juga mati. Bila rusak, Anda cukup menukarnya, tetapi check dahulu rangkaiannya apakah telah betul atau memang belum.

2. Bohlam putus

Lampu sein yang tidak berkedip dapat disebabkan karena bohlam putus. Ada dua argumen kenapa lampu bohlam bisa terputus yaitu pemakaiannya tidak sama dan tegangan yang terlampau besar atau kecil. Lampu bohlam dapat rusak karena tidak sanggup meredam arus listrik yang terlampau besar atau justru tegangannya kekecilan. Karena itu yakinkan memakai lampu bohlam berkualitas baik standard pabrikasi.

Baca Juga  AC Mobil Bunyi Jangkrik: 2 Penyebab & Cara Mengatasi

3. Tegangan Accu Tidak Optimal

Semua elemen listrik pada kendaraan, terhitung lampu sein bergantung pada aki atau baterai. Accu sebagai sumber daya listrik pada sepeda motor. Bila keadaan accu telah lama digunakan maka umumnya akan mengalami pengurangan tegangan.

Semestinya accu motor mempunyai voltase yang ada di atas 12 Volt. Jika kurang dari itu karena itu dapat menjadi penyebab lampu sein motor tidak ingin berkedip. Untuk menanganinya cukup hanya menyetrum accu atau menukarnya sama yang baru.

4. Sakelar yang Kotor

Peluang yang menjadi penyebab lampu sein tidak berkedip karena sakelarnya yang kotor. Anda tentu saja bisa mengeceknya secara mandiri yaitu cukup hanya menggerakan sisi sakelar itu.

Sakelar yang berperan secara baik akan bergerak sesuai instruksi. Tetapi jika sisi sakelar itu rusak. Nanti, tidak bisa mengirim signal dan dapat menjadikan sein tidak berkedip. Hingga Anda perlu lakukan pergantian pada sakelar itu.

5. Kabel Putus

Untuk menyambungkan bahlam lampu sein dengan mekanisme kelistrikan motor harus memakai kabel. Nach jika kabel putus automatis lampu sein motor tidak ingin berkedip. Maka check rangkaian kabelnya adakah yang putus, bila ada perlu dilakukan proses penyambungan. Tetapi bila rusak kronis lebih bagus ditukar.

6. Socket Memiliki masalah

Walau remeh, tetapi socket lampu sein yang kendur dapat mengakibatkan lampu sein kerap mati. Karena guncangan berlebihan socket dapat lepas dan tidak mendapatkan saluran listrik.

Bahkan juga, sisi socket yang kotor dan berdebu bisa juga mengganggu performa lampu sein karena terhambatnya arus listrik.

Baca Juga  Cara Mengecek Kiprok: 2 Cara Dan Ciri Kiprok Rusak

7. Masalah pada Perkabelan (Electronica)

Penyebab terakhir lampu sein motor tidak berkedip adalah rangkaian electronica yang kerap mengakibatkan masalah. Jadikan salah satunya elemen motor Anda tidak mendapat suplai listrik. Jika sein yang tidak berkedip atau mati bisa disebabkan karena kabel yang terputus.

Disamping itu peluang ada serangkaian yang keliru. Anda bisa mengatasi masalah itu dengan lakukan pengecekan. Yaitu Dengan mengecek serangkaian yang ada satu-satu memercayakan tespen. Hingga bisa menemui serangkaian yang keliru atau terputus.

Cara Memperbaiki Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

Keadaan lampu sein yang tidak berkedip umum terjadi karena masalah di bagian flasher atau sisi kabel-kabelnya. Berikut cara memperbaiki lampu sein yang tidak berkedip terutama karena kerusakan flasher yaitu:

  1. Persiapkan peralatan seperti obeng untuk buka bodi motor supaya gampang mendapati permasalahannya.
  2. Sesudah buka batok motor, dapatkan letak flasher motor Anda. Umumnya pada motor baru, flasher ada di bodi samping kiri sepeda motor.
  3. Sesudah mendapati flasher, membuka dan check soket penyambung arusnya, peluang saluran arus pada soket alami masalah seperti kabel pada socket kendor atau putus.
  4. Bila tidak karena itu flashernya yang alami kerusakan hingga harus ditukar.
  5. Bila lampu sein masih tidak berkedip, sesudah soketnya di otak-atik, karena itu cabut flasher lama dari dudukannya dan tukar dengan flasher baru karena ditegaskan flashernya tidak berperan kembali.
  6. Sesudah ditukar. Periksa kembali, apa lampu sein sudah bekerja yang baik. Bila normal karena itu masalahnya ada di flasher lampu.

Diatas adalah ulasan terkait lampu sein motor tidak berkedip baik penyebab dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.