jenis speaker mobil

Jenis Speaker Mobil: 8 Macam Dan Ulasannya

Jenis Speaker Mobil – Salah satunya elemen audio mobil yang kerap ditukar ialah speaker. Terdapat berbagai macam speaker yang digunakan pada audio mobil. Lalu apa saja jenis speaker mobil?

Umumnya pemilik mobil berasa jemu dengan speaker Audio Mobil standard bawaan pabrik. Ini karena kualitas suaranya kurang optimal. Di lain sisi speaker itu mempunyai daya yang relatif kecil Hingga untuk dengarkan musik keras speaker itu tidak kuat.

Jalan keluarnya ialah menukar dengan speaker audio mobil aftermarket. Sekarang produk itu secara mudah bisa kita dapatkan di toko audio dengan beragam merk. Tetapi Anda perlu ketahui beberapa jenis speaker mobil itu.

Ini penting untuk sesuaikan dengan speaker standard bawaan mobil. Berikut ulasan terkait jenis speaker mobil yang banyak ditemukan.

Jenis Speaker Mobil Berdasar Tipe Elemen

Ada banyak jenis elemen speaker mobil 3 way yang dipakai pada audio mobil. Elemen itu dibagi jadi 3 yakni berdasar bentang frekwensi dan berdasar barisan besaran. Baca pembahasan di bawah ini untuk ketahui detilnya.

1. Tweeter

Tweeter sebagai salah satu jenis elemen speaker mobil yang memiliki ukuran kecil sekitaran 0.05 inch. Ukuran yang terbesar dari jenis ini ialah sekitaran 4 inch. Beberapa ukuran ini ada ikuti dengan jenis dan lingkup frekwensi yang dibuat. Speaker jenis tweeter mempunyai peranan untuk reproduksi bentang frekwensi pada 3500 Hz sampai capai 20 Khz.

Tweeter umum diketahui atau bernama super tweeter atau ribbon tweeter. Speaker jenis ini umumnya mempunyai wujud yang lain seperti segi panjang dan dibuat pelat tipis.

jenis speaker mobil

2. Full Range

Ini sebuah jenis speaker mobil yang mempunyai komponen midbass, tweeter, dan woofer pada sebuah unit. Jenis speaker mobil ini sering digunakan oleh pabrikasi mobil dan dikenal sebagai speaker standard.

Status speaker full kisaran rerata ditaruh pada dinding pintu atau doortrim. Baik pada pintu sopir dan penumpang depan, dan masing-masing pintu penumpang belakang. Untuk speaker full kisaran dengan kualitas baik pasti sudah cukup buat penuhi keperluan suara treble, vokal, dan bass sekalian.

Baca Juga  Rangkaian Sistem Power Window : Pengertian, Fungsi, & 13 Komponennya

3. Midrange

Speaker midrange yang umumnya memiliki ukuran 4 sampai 6,5 inch. Ukuran memang lumayan besar dibanding ukuran speaker jenis tweeter. Speaker midrange mempunyai lingkup frekwensi pada bentang 350 sampai 4500 Hz. Salah satunya pekerjaan dari speaker midrange ialah menolong memperbaiki suara tinggi Juga bisa untuk menampung vocal supaya kedengar lebih konsentrasi dan jernih.

4. Midbass

Elemen speaker yang setelah itu speaker midbass. Speaker midbass umumnya dikenali dengan panggilan midwoofer. Salah satunya peranan dari speaker midbass untuk hasilkan suara dengan bentang 80 sampai 350 Hz. Jenis ini memiliki diameter 5 sampai 7 inch dan dikuasai oleh suara rendah.

5. Subwoofer

Sebagai jenis speaker mobil sama ukuran terbesar. Tetapi akhir-akhir ini, ukuran woofer makin singkat tanpa turunkan kwalitasnya. Bila dahulu subwoofer cuman ada dalam ukuran minimum diameter 12 inch, karena itu sekarang telah ada yang berukuran 10 inch bahkan juga 8 inch.

Ketebalan dari subwoofer sekarang makin solid. Bila dasawarsa lalu woofer harus ditempatkan di bagasi belakang karena ukuran yang besar, karena itu sekarang subwoofer bisa ditempatkan di kolong jok sopir atau penumpang depan. Meskipun begitu perannya masih sama, yakni hasilkan suara bas dari audio mobil yang lebih kental.

jenis speaker mobil

Jenis Speaker Mobil

Setelah mengetahui jenis speaker berdasarkan kharakteristik elementnya, berikut berbagai macam jenis speaker yang digunakan pada mobil:

1. Speaker Dual Cone

Jenis speaker mobil yang pertama ini mempunyai kualitas suara yang standard. Sama dengan namanya, wujud dari jenis speaker dual cone diperlengkapi dengan 2 buah konus. Speaker dual cone sebetulnya kerap dipakai menjadi standard speaker audio mobil dari pabrikasi.

Nama lain dari speaker dual cone ialah speaker full kisaran. Tentunya semua mobil pas bila memakai speaker ini karena mempunyai bentang frekwensi yang demikian luas. Tetapi sayang tidak optimal khususnya untuk speaker oem mobil. Ada catatan jika speaker jenis full kisaran mempunyai harga yang paling dapat dijangkau.

2. Speaker Mobil Coaxial

Jenis speaker mobil yang setelah itu speaker coaxial. Perlu anda kenali jika speaker coaxial mempunyai tweeter, midrange bersatu pada woofer. Keunggulan pada speaker jenis coaxial ialah penempatan yang gampang dan harga yang paling berteman.
Speaker itu pas buat anda yang ingin membuat desain audio mobil tanpa memakai power amplifier. Hingga pemakaiannya akan makin ringkas dan tentu saja akan lebih baik.

Baca Juga  Apa itu Wiper : Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

Speaker jenis coaxial memberi keringanan dalam penempatan cuman menyambungkan kabel pada head unit mobil. Harus diingat kembali jika speaker yang anda membeli harus pas sama ukuran lubang pintu mobil.
Anda bisa juga memakai ring speaker yang dibuat dari karet supaya semakin aman saat dipakai. Speaker coaxial mempunyai beberapa jenis tertentu seperti 2 way(woofer dan tweeter), 3 way (woofer, midrange, dan tweeter), selanjutnya ada pula 4 way yang terbagi dalam 2 tweeter dan midrange dan woofer.

jenis speaker mobil

3. Speaker Elemen atau Speaker Split

Speaker dengan jenis ini mempunyai kualitas terbaik karena mempunyai suara yang demikian bagus saat musik diputar. Disamping itu speaker split bisa juga diposisikan secara terpisah-pisah.

Speaker split masing-masing elemen dibikin secara terpisah untuk driver. Speaker mobil mekanisme ini mempunyai elemen driver midrange, tweeter, crossover passive. Untuk instalasi midrange terpasang pada pintu mobil, tweeter terpasang pada pilar sisi ujung dasbor dan crossover pasive diletakkan di bawah karpet kendaraan. Speaker split lebih bagus untuk kualitas suara yang didatangkan.

Speaker jenis ini biasa dipakai, jika memakai power amplifier ekternal. Untuk instalasi kabel midrange disambungkan pada croosove mid, dan kabel tweeter dan input untuk tersambung amplifier. Tweeter digunakan untuk reproduksi suara tinggi, dan suara vocal didengarkan dari midrange.

Speaker untuk mobil terbanyak dipakai jika pemakai beli [ mekanisme paket audio ] dan dengan subwoofer. Staging lebih gampang didapatkan karena suara tinggi tweeter yang menolong. Untuk harga speaker jenis ini tambah mahal dibanding speaker coaxial dan instalasi yang semakin lama. Untuk beberapa audiophile yang lebih memprioritaskan kualitas suara, speaker split dapat menjadi opsi.

jenis speaker mobil

Diatas adalah ulasan terkait jenis speaker mobil yang banyak digunakan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion