Solusi Mobil Matic Tidak Bisa Mundur: 6 Solusi & Penyebab

Solusi Mudah Mobil Matic Tidak Bisa Mundur – Walaupun pengoperasian pada transmisi matic sangat mudah namun tentu saja terdapat berbagai masalah yang terjadi. Satu diantaranya mobil yang tidak bisa mundur. Lalu bagaimana solusi mobil matic yang tidak bisa mundur?

Mobil matic tidak bisa mundur bisa saja muncul karena faktor-faktor yang memengaruhinya. Tetapi sayang, banyak yang belum mengetahui. Sama seperti yang telah kita kenali jika pada intinya mobil matic sebagai mobil yang memakai transmisi automatis.

Oleh karena itu untuk menentukan solusinya perlu pengecekan terlebih dahulu secara teliti. Untuk lebih jelasnya terkait solusi mobil matic tidak bisa mundur, penyebab, dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

solusi mobil matic tidak bisa mundur

Solusi Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

Terdapat beberap solusi yang dapat dilakukan pada mobil matic yang tidak bisa mundur diantaranya yaitu:

1. Mengenal Kerusakan Transmisi Mobil Matic

Solusi pertama kali yang bisa dilaksanakan saat mobil matic tidak bisa mundur adalah mengenali kerusakan transmisi pada mobil matic. Tidak berbeda jauh apabila menginginkan untuk memakai mobil matic juga harus mengetahui cara kerja dan proses perawatannya.

Maka dari itu mengenali apa elemen transmisi pada mobil matic bisa jadi solusi yang bagus untuk menghindari terjadinya mobil yang tidak bisa mundur. Disamping itu dengan mengenal transmisi pada mobil maka memudahkan dalam ketahui kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil.

2. Mengecek Kondisi Kabel Selenoid

Solusi selanjutnya mobil matic tidak bisa mundur adalah ada masalah pada kabel selenoid. Kabel selenoid berperan untuk menyambungkan perintah sopir dengan piranti yang pada mobil.

Solusi yang bisa dilaksanakan jika kabel selenoid memiliki masalah adalah mengambil beberapa kabel yang memiliki masalah. Ini dilakuakan dengan arah untuk ketahui sensor yang memiliki masalah pada mobil.

3. Check Kondisi Tuas Gigi

Selain kondisi kabel selenoid maka cara selanjutnya mobil matic tidak bisa mundur yaitu periksa kondisi tuas gigi pada mobil. Pertanda tuas gigi yang tidak berperan secara benar adalah mobil yang teridentifikasi pada kondisi parking dan mobil pada kondisi jalan.

Baca Juga  Cara Mematikan Lampu Indikator Airbag: 5 Cara & Ulasan

Jika mobil ada di kondisi semacam ini, sebaiknya untuk mengecek lebih dulu sisi switch rem. Tetapi jika kondisi sudah tidak memungkinkannya karena itu solusi yang terbaik adalah membawa ke bengkel. Tidak boleh terburu-buru dalam mengecek kondisi tuas gigi ini.

4. Menukar Reverse Gear Ratio

Solusi mobil matic tidak bisa mundur seterusnya adalah menukar reverse gear ratio. Masalah rusaknya reverse gear ratio kerap kali dirasakan oleh mobil matic bertipe konservatif. Solusi yang bisa dilaksanakan jika ini terjadi pada mobil matic adalah menukar reverse gear ratio lama sama yang baru. ini umum terjadi pada mobil avanza yang tiba2 tidak bisa mundur

Menukar elemen reverse gear ratio sama yang baru benar-benar dianjurkan jika elemen yang dipasang pada mobil telah teridentifikasi rusak. Ini mempunyai tujuan untuk memperhitungkan agar hal sama tidak kembali terjadi. Maka dari itu, selalu waspada saat menukarnya.

5. Mengecek Oli Transmisi

Masalah yang sering jadi tidak berfungsinya transmisi pada mobil matic adalah tidak ada pengujian dengan teratur oli transmisi. Perihal ini pula yang selanjutnya bisa memacu berlangsungnya mobil tidak bisa mundur atau bahkan juga kerusakan pada mobil.

Untuk pengujian oli transmisi sendiri bisa dilaksanakan di saat pagi hari saat sebelum mobil dipakai. Ini bisa dilaksanakan secara periodik tiap hatinya sebagai mengantisipasi kerusakan pada mesin mobil. Oli yang berwana kecoklat-coklatan dibarengi serbuk besi adalah pertanda di mana mekanisme transmisi pada mobil matic tengah memiliki masalah.

6. Kerjakan Tes Drive

Jika ke-4 solusi di atas telah dilaksanakan, karena itu solusi mobil matic tidak bisa mundur yang paling akhir adalah lakukan tes drive. Bila saat mengalihkan status gigi masih berasa berat atau bahkan juga menhentak bisa ditegaskan jika ada masalah pada mekanisme transmisi mobil. Jika ini terjadi karena itu solusi terbaik adalah panggil tenaga professional untuk memperbaiki mobil.

Baca Juga  Kapasitas Air Radiator Mobil: Jumlah, Waktu, & Pengisian

Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

Setelah mengetahui cara mengatasi mobil matic tidak bisa mundur maka perlu diketahui pula penyebabnya. Salah satunya penyebab mobil matic tidak bisa mundur adalah karena ada persoalan di bagian piranti electronic kendaraan itu. Umumnya keadaan ini akan erat berkaitan dengan kabel selenoid yang kemungkinan telah terputus.

Seterusnya penyebab mobil matic ini telah tidak bisa mundur kembali adalah karena datang dari sisi tuas yang mulai rusak. Karena bila tuas rusak, karena itu bisa berpengaruh di bagian switch mobil Anda jadi lebih rusak.

Untuk pemilik kendaraan mobil matic keluaran lama yang mempunyai elemen konservatif, karena itu transmisinya bisanya masih tetap sedikit memiliki sifat konservatif.

Maka mobil matic keluaran lama yang tidak bisa mundur kembali adalah karena sisi return shift telah patah. Maka dari itu, Anda harus selekasnya membawa mobil ke tukang bengkel.

Cara Memperbaiki Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

Jika mobil matic tidak bisa mundur kembali, cara yang terbaik adalah dengan membawa ke tukang bengkel professional dan andal. Maksudnya adalah agar bisa dilaksanakan pengujian selanjutnya tentang keadaan mobil kecintaan Anda.

Meskipun begitu, jika Anda ingin melakukan perbaikan sendiri, karena itu Anda bisa mencoba dengan beberapa panduan. Misalkan mulai memeriksa apa penyebab yang ada saat keadaan mobil telah tidak bisa mundur kembali.

Selanjutnya menukarnya dengan beberapa elemen baru jika betul-betul keadaannya telah rusak kronis. Tetapi akan lebih bagus kembali bila Anda menukarnya sama yang baru agar masalah sama tidak kembali terjadi.

Diatas adalah ulasan terkait solusi mobil matic tidak bisa mundur, penyebab, dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.