penyebab kopling selip

Penyebab Kopling Selip : Tanda, Penyebab, Dan Perbaikan

Penyebab Kopling Selip – Masalah sering terjadi pada bermacam tipe mobil. Masalah yang terjadi ada yang tarikan mobilnya berasa berat, mobil menyetak sendiri, kopling mobil selip dan sebagainya. Oleh karena itu perlu perawatan secara berkala agar mobil dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Kopling merupakan salah satu komponen pada mobil yang periode pemakaiannnya bergantung dari cara penggunaannya. Dengan kata lain, ketahanan dan kekuatan kopling mobil benar-benar bergantung dari cara sopir mengemudi. Apabila sopir mengetahui dengan benar karakteristik kendaraan maka kopling mobil dapat tahan lama.

Namun sebaliknya apabila sopir tidak mengenalinya dan memakai kopling dengan kasar maka kopling mobil akan cepat habis dan selip. Dampak kopling yang selip tentu akan mempengeruhi kinerja dari mobil itu sendiri. Kopling mobil selip dapat terjadi apabila kopling tidak sanggup mentransfer energi yang dibuat mesin untuk memutar transmisi. Pada umumnya, keadaan kopling mobil selip diikuti dengan timbulnya gosong yang keluar dari bak transmisi sampai tercium di dalam kabin mobil.

Terdapat berbagai penyebab timbulnya kopling selip. Lalu apa saja penyebab kopling selip? Untuk lebih jelas mengenai penyebab kopling selip akan diulas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

penyebab kopling selip

Tanda Kopling Mobil Selip

1. Suara Keras Dari Bak Kopling

Kopling mobil yang selip bisa mengakibatkan peralihan gigi terlihat keluarkan bunyi yang lumayan keras. Untuk memperhatikan tanda-tanda slip kopling, kamu bisa mencoba mobil dengan melalui jalanan yang naik dan sepi. Disana kamu dapat rasakan suara yang berlangsung pada mesin mobil. Jika berlangsung suara yang tidak normal maka kopling pasti akan terjadi selip.

2. Kopling Tidak Responsif

Disamping itu untuk mengetahui kopling selip dapat dilakukan dengan cara mengetes rem tangan. Nyalakan mesin mobil kamu lalu menginjak pedal kopling dan posisikan mobil pada kondisi gigi 4. Selanjutnya bebaskan kopling mobil secara perlahan, jika mobil tidak bergerak maka kopling perlu diganti.

Penyebab Kopling Mobil Selip

1. Kampas kopling aus / habis

Penyebab kopling mobil selip yang pertama ialah kampas kopling mobil aus / habis. Kampas kopling berperan untuk salurkan tenaga mesin ke transmisi. Kampas kopling terbuat dari bahan asbes, kombinasi resin dan serat yang lain, atau berbahan keramik.

Baca Juga  Jika Kumparan Voltage Regulator Putus Yang Terjadi Adalah?

Bahan ini dapat mengalami keausan karena berlangsungnya gesekan waktu kopling bekerja. Keausan yang berlangsung bisa mengakibatkan menyusutnya tenaga yang diteruskan dari mesin ke transmisi. Bahkan juga bila keadaan keausannya sangat kronis, jadi tidak kembali ada tenaga yang diteruskan dari mesin ke transmisi. Pada keadaan ini, mobil akan susah masuk gigi dan tidak dapat digerakkan walau mesin dapat dihidupkan dengan gampang. Tidak adanya penerusan tenaga inilah yang menandakan kopling selip.

2. Pegas kopling lemah

Pegas kopling yang lemah dapat menyebabkan kopling mobil selip. Komponen ini berperan untuk mendesak pelat penekan (pressure plate) agar mendesak kampas kopling supaya tersambung dengan flywheel. Waktu kampas kopling tertekan dengan pressure plate berikut karena itu tenaga dari mesin ke transmisi dapat tersalurkan.

Saat pegas kopling kurang kuat maka desakan pressure plate tidak kuat. Hal ini mengakibatkan kopling mobil selip dan tenaga putar dari mesin tidak akan seutuhnya dilanjutkan ke transmisi secara baik.

3. Jarak bebas pedal kopling yang terlalu rapat

Jarak bebas pedal kopling yang terlalu rapat bisa menjadi penyebab kopling mobil selip. Hal ini dibutuhkan untuk memberi jarak hingga kopling tidak gampang selip ketika pedal kopling tertekan. Apabila jarak bebas pedal kopling terlalu rapat maka kopling sudah terdesak sebelum pedal ditekan. Akibatnya pressure plate akan ketarik ke belakang dan mengakibatkan capitan pada kampas kopling jadi kendor. Gesekan kampas kopling dengan flywheel dan pressure plate yang besar akan menyebabkan kampas kopling panas dan cepat selip.

4. Kopling terkena oli

Selain itu penyebab kopling selip adalah adanya oli atau pelumas pada bagian kampas kopling. Hal ini dapat terjadi akibat kebocoran oli pada paking, seal, atau gasket dimesin atau transmisi. Selain itu oli mesin yang bocor dapat berawal dari seal oli belakang flywheel (rear engine oil seal) atau berawal dari gasket cover atas mesin.

Kopling yang digunakan pada mobil adalah type kering (dry clucth). Saat kopling mobil ini terkena oli dengan jumlah banyak, akan membuat kopling mobil selip. Kopling jadi licin dan benar-benar gampang selip.

5. Pelat penekan pada clutch cover aus

Penyebab kopling mobil selip yang selanjutnya adalah pelat penekan (pressure plate) yang berada di clutch cover telah aus. Keausan pada pressure plate sebenarnya jarang terjadi namun pemakaian kopling yang sudah lama tentu saja dapat membuat pressure plate jadi aus. Pressure plate yang aus ini akan membuat daya tekan pegas kopling tidak akan optimal dan menyebabkan kampas kopling jadi kendor. Akibatnya kampas tidak dapat meneruskan daya dari mesin ke transmisi atau terjadi selip.

Baca Juga  Penyebab Mesin Diesel Pincang : 8 Penyebab Dan Ulasan

6. Baut pengikat kopling kendor / terlepas

Baut pengikat kopling kendor juga dapat menjadi penyebab timbulnya selip pada kampas kopling. Hal ini biasanya terjadi akibat kesalahan manusia saat proses perbaikan dilakukan seperti memasang baut kopling tidak memakai kunci atau momen yang terlalu rendah, dan mengganti baut kopling dengan baut biasa.

Saat baut pengikat kopling kendor atau terlepas maka kampas kopling tidak didesak dengan prima oleh pressure plate. Selain itu putaran kampas kopling menjadi oleng dan timbul getaran yang dapat dirasakan sampai ke pedal. Selain itu penerusan tenaga dari mesin ke transmisi juga tidak optimal sehingga timbul selip pada kopling mobil.

Cara Mengatasi Kopling Selip

Untuk mengetahui penyebab kopling selip perlu dilakukan pemeriksaan secara teliti pada komponen pada sistem kopling. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kopling selip:

1. Menganalisa kerja kopling

Untuk menganalisanya lumayan gampang yaitu tinggal menyetir mobil di lajur naik dan sepi. Kemudian perhatikan suara mesin mobil apakah timbul suara keras atau tidak. Jika timbul suara keras dari arah bak kopling maka dapat disimpulkan bahwa terjadi permasalahan kopling selip. Selain itu pedal kopling mobil perlu diperiksa apakah keras atau mungkin tidak.

2. Proses perbaikan

Untuk menanganinya maka perlu menyetel ulang lagi pedal kopling. Mengaktifkan rem tangan lebih dulu lalu menghidupkan mesin mobil, kemudian injak sisi pedal kopling dan setel sampai ke gigi 4. Jika telah, terlepas secara pelahan-lahan desakan pedal gas.

Disamping itu dapat mengganti pelumas kopling dan mengencangkan baut pada kopling, yakinkan penempatan baut secara normal tidak begitu kuat dan kendor.

Diatas merupakan ulasan mengenai penyebab kopling selip. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion