Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin: Penyebab & Perbaikan

Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin – Penyebab radiator mobil bocor bisa terjadi karena berbagai hal, dari kurang bagusnya water coolant sampai karena terbentur oleh benda keras. Lalu apa penyebab air radiator mobil bocor dibawah mesin?

Akibat dari radiator mobil yang bocor ini bisa cukup fatal sehingga tidak bisa dibiarkan begitu saja. Agar lebih memahami kondisi ini, berikut penjelasan lebih jauh soal ciri, penyebab radiator bocor, dan cara mengatasi radiator mobil bocor.

Ada banyak penyebab air radiator cepat habis atau penyebab radiator bocor yang dapat kamu cermati. Satu diantaranya, yaitu karena umur radiator yang telah tua.

Usia radiator sebetulnya sekitar 4-5 tahun. Kemudian, dinding radiator rawan tergerus dan bocor. Karenanya, kamu perlu menukar radiator mobil dengan teratur saat sebelum umurnya menua.

Untuk mengetahui lebih dalam berkenaan air radiator mobil bocor dibawah mesin baik penyebab maupun cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

air radiator mobil bocor dibawah mesin

Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin

Terdapat beberapa penyebab air radiator mobil bocor dibawah mesin diantaranya yaitu:

1. Aliran output mampet

Penyebab air radiator mobil bocor dibawah mesin yaitu kotoran. Kotoran dan debu yang menimbun bisa menutup aliran output radiator mobil hingga jadi penyebab radiator mobil bocor. Pada akhirannya, keadaan ini dapat memacu kepala radiator pecah, air merembes ke elemen lain, serta radiator dapat meletus.

Untuk menghindar ini, kamu perlu memeriksa radiator dengan teratur atau setiap jarak menempuh mobil capai 40.000 km. Umumnya, pada jarak ini air radiator mulai penuh.

2. Terlontar batu

Penyebab radiator mobil bocor yang lain ialah karena ada tubrukan atau terlontar batu atau benda asing yang lain saat mobil melewati jalanan hancur.

Baca Juga  Soket CDI Motor : Semua Motor Terlengkap

Batu atau kerikil yang paling keras dapat benar-benar gampang merusak dinding radiator hingga ini menjadi karena radiator mobil bocor.

Peroleh pelindungan keuangan dari asuransi mobil agar kamu terjaga dari mahalnya ongkos service dan pembaruan di bengkel. Karena asuransi mobil, tabungan dan investasimu masih tetap aman. Bila penyebab radiator bocor ini karena terserang benda keras, karena itu seharusnya dibawa ke bengkel paling dekat untuk ditambal dengan lem besi.

3. Kualitas radiator yang buruk

Jeleknya kualitas water coolant atau air radiator mengakibatkan umur penggunaan radiator yang lebih singkat. Ini akan mengakibatkan elemen didalamnya bisa juga cepat hancur.

Jadi buruknnya kualitas water coolant menjadi penyebab radiator bocor.

Water coolant pada radiator ini sendiri mempunyai peran yang penting untuk menolong mesin masih tetap dingin hingga tidak cepat panas saat mobil meluncur.

4. Ada kombinasi material yang lain

Penyebab radiator bocor yang paling akhir ialah karena air radiator digabung dengan material lain. Umumnya, orang berasumsi bila digabung dengan material tertentu karena itu bisa menolong mengoptimalkan performa radiator mendinginkan mesin.

Sebetulnya, hal tersebut kurang pas dan justru berpengaruh tidak baik untuk radiator mobil tersebut. Seharusnya turuti saran dari pabrik atau montir bengkel sah untuk memperoleh referensi yang akurat.

Cara Memperbaiki Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin

Setelah mengetahui penyebabnya maka diperlukan cara untuk memperbaiki air radiator mobil bocor dibawah mesin. Memeriksa radiator mobil yang bocor sebetulnya bisa dilaksanakan dengan menyaksikan tanda suhu. Jika ada di tingkat warna merah, ini bisa saja pertanda radiator mobil memiliki masalah.

Baca Juga  Klakson Denso VS Hella: 3 Perbedaan Dan Pengertian

Jika ini yang terjadi, kamu dapat mengetepikan mobil lebih dulu. Selanjutnya, membuka kap mobil dan check bak overflow air pendingin (coolant) dan bak radiator. Bila coolant di ke-2 bak sisa sedikit atau habis, dapat ditegaskan ada kebocoran.

Jika ingin buka tutup bak radiator, kamu perlu melakukan saat mesin mobil dingin, jika tidak, coolant panas dapat menyemburkan dan berkenaan kalian. Lantas, check serapan atau tetes coolant disekitaran bak radiator.

Berikut sejumlah cara untuk memperbaiki air radiator mobil bocor dibawah mesin yaitu:

  1. Check aliran pembuangan air AC. Dari kemungkinan evaporator yang dingin, lalu terjadi pengembunan. Berkumpulnya tetes embun itu akan menetes, dan keluar aliran pembuangan AC. Bila ini yang terjadi, ditegaskan mobil Anda baik saja.
  2. Saat mobil dingin, check disekitaran radiator, adakah serapan air yang keluar dindingnya. Bila benar ada air yang merembes dan menetes, maknanya radiator mobil Anda bocor dan memiliki masalah.
  3. Selainnya body radiator, check selang airnya, baik yang melekat di radiator atau dari mesin. Bila tidak diatasi selekasnya, mengakibatkan fatal, karena mekanisme pendingin mesin yang buruk mengakibatkan suhu mobil naik dan alami over heating dan mati tiba-tiba.
  4. Tanda-tanda lain air menetes dari kolong, bisa disebabkan water pump yang bocor. Ini muncul karena ada korosi di block mesin. Sisi ini bisa juga berpengaruh fatal bila didiamkan kelamaan atau mungkin tidak teridentifikasi.
  5. Bocornya air wiper sering terjadi. Bisa saja dari tabung air yang telah berusia dan terjadi keropos, atau telah getas lalu pecah.

Diatas adalah ulasan terkait air radiator mobil bocor dibawah mesin baik penyebab maupun cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -