Fungsi Control Rack: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Control Rack – Didalam pompa injeksi terdapat berbagai bagian, salah satunya control rack. Lalu apa fungsi control rack pada pompa injeksi? Bagaimana cara kerja control rack?

Salah satunya elemen khusus dari mekanisme bahan bakar diesel adalah pompa injeksi (injection pump), seperti pompa secara umum pompa ini berperan untuk memompa bahan bakar (solar) ke injector nozle yang seterusnya akan dikabutkan di saat langkah pembakaran.

Type in-line dipakai pada kendaraan-kendaraan kecil menengah, sementara type distributor dipakai pada kendaraan-kendaraan memiliki tenaga besar seperti bis dan truck. Didalam pompa injeksi tipe inline terdapat control rack. Bagian ini akan bekerja sama dengan bagian lain seperti governor dan control sleeve untuk pengaturan bahan bakar.

Tanpa adanya control rack, maka bahan bakar yang diinjeksi tidak dapat disesuaikan dengan kondisi mesin. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi control rack dan cara kerja pada pompa injeksi mesin diesel akan dijelaskan lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi control rack

Fungsi Control Rack

Fungsi control rack penting pada pompa injeksi khususnya inline. Control rack sendiri sebagai salah satunya sisi dari pompa injeksi yang berbentuk tangkai rack atau tangkai bergerigi yang tersambung dengan governor pompa injeksi.

Fungsi control rack adalah untuk atur jumlah bahan bakar yang disalurkan ke injektor. Ini disamakan dengan beban mesin. Makin besar beban mesin karena itu jumlah bahan bakar akan ditata makin bertambah. Kebalikannya jika beban mesin terlampau sedikit karena itu bahan bakar yang disalurkan sedikit.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri dan Paralel : Ulasan Lengkap

Penataan ini ditolong dengan elemen governor. Governor ini manfaatkan style sentrivugal atau kevakuman dari mesin.

Cara Kerja Control Rack

Cara kerja control rack sebenarnya sangat simpel. Bagian ini hanya akan menggeser posisi control sleeve untuk menentukan seberapa panjang langkah efektif yang dihasilkan plunger. Pergeseran ini diatur oleh governor.

Jumlah pengangkutan bahan bakar dari pompa ditata oleh governor sesuai keperluan mesin. Governor akan mengatur pergerakan dari control rack yang terkait dengan control pinion yang diikatkan pada bagian control sleeve.

Control sleeve ini berputar-putar bebas pada silinder. Sisi bawah plunyer (flens) terkait dengan sisi bawah control sleeve. Jumlah bahan bakar yang dikirimkan bergantung pada status plunyer dan peralihan besarnya langkah efektif.

Langkah efektif adalah langkah plunyer diawali dari tertutupnya lubang masuk oleh plunyer sampai control groove berjumpa dengan lubang masuk. Langkah ini akan berbeda beda atau disesuaikan dengan posisi plunyer. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai besarnya langkah efektif.

Penekanan bahan bakar dari komponen pompa ke injector ditata oleh katup penyalur (delivery valve). Katup penyalur ini berperan double, yakni selainnya menahan bahan bakar dalam pipa penekanan tinggi mengucur kembali lagi ke plunyer berperan menghisap bahan bakar dari ruangan injector sesudah penyemprotan.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi control rack dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Baca Juga  Jenis Jenis Belt: 9 Macam Dan Ulasannya