Cara Memperbaiki Injektor Motor Yang Rusak : 3 Cara & Teknik

cara memperbaiki injektor motor yang rusak

Cara Memperbaiki Injektor Motor Yang Rusak – Injektor motor terkadang mengalami kerusakan. Oleh karena itu perlu beberapa cara untuk memperbaiki injektor mengalami kerusakan. Lalu bagaimana cara memperbaiki injektor motor yang rusak?

Tidak sembarang bengkel yang dapat menerima service motor injeksi salah satunya kelemahan dari motor injektor. Ini karena bengkel biasa tidak memiliki alat khusus untuk lakukan perawatan atau pembaruan injektor, oleh karena itu bila ingin lakukan perawatan injektor harus ke bengkel sah motor itu.

Pemilik motor injektor selalu menjaga dengan baik dengan cara lakukan servicee secara periodik. Apaila injektor telah alami permasalahan atau kerusakan karena itu peranan dari injektor tidak maksimal terutamanya dalam soal penyemprotan dan pengabutan bbm ke ruangan pembakaran mesin.

Apabila injektor mengalami kerusakan yang parah maka mesin tidak dapat hidup. Dan apabila sudah semacam ini, kita sendirilah yang akan ribet dan pusing untuk mencari cara memperbaiki Injektor kita yang rusak.

Oleh karena iut perawatan injektor pada motor sangat penting. Berikut akan diulas bagaimana cara memperbaiki injektor motor injeksi yang rusak.

cara memperbaiki injektor motor yang rusak

Cara Memperbaiki Injektor Motor Yang Rusak

Ada 3 Cara Memperbaiki Injektor Motor yang dapat kita kerjakan bila ingin menjaga dan memperbaiki injektor  yaitu:

1. Memperbaiki Injektor Dengan Injektor Clener

Cara pertama yang dapat digunakan untuk memperbaiki injektor motor yang rusak yakni dengan memakai Injektor Clener. Namun cara ini cukup sulit dan cuman dapat dilaksanakan dibengkel sah saja.

Hal ini dikarenakan dalam proses perbaikan perlu pembongkaran injektor lebih dulu lalu dimasukkan ke alat injektor cleacer dan tester. Di saat dimasukkan ke alat itu, kita dapat ketahui berapakah debet penekanan pada injektor bila kurang dari standard pabrikasi karena itu kemungkinan injektor kotor dan harus dibikin bersih dengan memakai cairan khusus.

Baca Juga  Power Audio Mobil Mati Total: 3 Prosedur Perbaikan

2. Memperbaiki Injektor Dengan Infus

Cara Memperbaiki Injektor Motor yang ke-2 yakni dengan bersihkan injektor dengan memakai infus. Carbon cleaner yang akan digunakan, di injek atau disuntikkan memakai alat khusus seperti infus. Di mana kelak selang bahan bakar akan dicabut lalu dihubungkan dengan tabung khusus yang telah berisi carbon cleaner, selanjutnya tabung itu diberi udara yang dikasih penekanan dari compressor untuk memasukkan carbon cleaner ke ruangan pembakaran. Selanjutnya mesin dihidupkan lalu gas diambil, Cara Memperbaiki Injektor Dengan Infus cepat sekali cuman perlu waktu 5 menit saja.

3. Memperbaiki Injektor Dengan Carbon Cleaner

Dan Cara Memperbaiki Injektor yang paling akhir yakni dengan memakai carbon cleaner. Carbon cleaner tinggal dimasukkan ke dalam tangki bahan bakar sehingga bercampur dan dapat secara otomatis untuk membersihkan injektor.

Cara Memperbaiki Injektor Motor Yang Rusak

1. Yakinkan Fuel Filter Bersih

Hal yang harus dilaksanakan pertama yaitu yakinkan fuel filter bersih. Elemen yang satu ini kerap diberi nama dengan saringan bahan bakar. Bagian utama ini harus dibikin bersih supaya proses pada pembersihan injektor yang akan Anda kerjakan tidak percuma. Kotoran yang berada di dalam fuel filter ini dapat masuk kembali lagi ke injektor. Hingga harus ditegaskan betul-betul bersih.

2. Membersihkan Injektor

Bila fuel filter telah pada kondisi bersih, lalu Anda dapat memulai untuk bersihkan injektor mobil. Langkah pertama yang Anda harus kerjakan saat bersihkan injektor yakni buka pipa bensin.

Baca Juga  Jalur Kiprok RX King : 4 Kabel Dan Ulasannya

Saat Anda buka injektor lewat pipa, Anda akan mendapati beberapa bagian utama yang jangan diremehkan. Saat melakukan hati-hatilah supaya seal injektor tidak putus, rusak, atau berlubang. Bila seal ini alami kerusakan, karena itu Anda harus beli elemen baru dibandingkan masih tetap memakainya.

3. Membuka Seal Injektor

Bila injektor mobil telah dilepaskan, lalu Anda dapat lakukan cara selanjutnya. Yakinkan seal injektor pada kondisi baik. Supaya cairan tidak menghancurkan seal injektor, karena itu Anda harus buka injektor secara perlahan-lahan. Hingga kerjakan cara ini dengan waspada.

4. Membersihkan Sisi Luar Injektor

Tahap selanjutnya yang harus dilaksanakan yakni bersihkan sisi luar injektor dengan pencuci khusus. Umumnya cairan pencuci ini diberi nama injector cleaner. Anda dapat secara mudah memperolehnya. Membersihkan dari ujung injektir sampai ke sisi yang kerap tertempel karbon.

Selanjutnya Anda dapat memakai injektor cleaner. Disamping itu, hati-hatilah agar cairan injector cleaner barusan tidak berkenaan mata Anda. Saat keadaan injektor mobil telah ditegaskan bersih, Anda dapat memasangkan seal injektor dan injektornya kembali.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki injektor motor yang rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.