ciri ciri piston motor 2 tak rusak

Ciri Ciri Piston Motor 2 Tak Rusak : 8 Ciri & Cara Mengatasi

Ciri Ciri Piston Motor 2 Tak Rusak – Sama seperti motor 4 tak, motor 2 tak juga dapat mengalami kerusakan, salah satunya yaitu piston. Kerusakan pada piston motor 2 tak akan menimbulkan beberapa ciri atau tanda. Lalu apa saja ciri ciri piston motor 2 tak rusak?

Ada dua tipe kendaraan berdasar jumlah cara kerjanya yakni kendaraan 4 tak (4 cara) dan kendaraan 2 tak (2 cara). Di antara kendaraan 4 tak dan 2 tak ada banyak ketidaksamaan, salah satunya ketidaksamaan kendaraan 4 tak dan 2 tak yakni jika disaksikan dari pistonnya.

Pada piston kendaraan 4 tak mempunyai 3 biji ring piston, yakni terbagi dalam 2 buah ring kompresi dan 1 biji ring oli. Sedang pada piston kendaraan 2 tak cuman ada 2 ring piston yakni 2 ring kompresi saja. Hal ini yang menjadikan kerusakan piston pada motor 2 tak rusak akan menyebabkan beberapa tanda yang sedikit berbeda dengan motor 4 tak. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri piston motor 2 tak rusak akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri piston motor 2 tak rusak

Ciri Ciri Piston Motor 2 Tak Rusak

Jika piston pada motor 2 tak mengalami kerusakan maka memunculkan beberapa permasalahan diantaranya yaitu:

1. Tekanan kompresi pada mesin jadi bocor.

Ciri pertama apabila piston motor 2 tak rusak yaitu tekanan kompresi motor berkurang. Standar untuk sepeda motor biasanya 8-10 kg/cm2. Namun apabila terjadi kebocoran akibat rusaknya piston dapat menyebabkan penurunan tekanan kompresi.

2. Tenaga yang dibuat oleh mesin jadi menyusut (kurang maksimal).

Tekanan kompresi yang berkurang akan berdampak pada tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi berkurang. Oleh karena itu kendaraan tidak kuat menanjak atau membawa beban berat.

Baca Juga  Proyeksi Miring Adalah : Pengertian, Ciri Ciri, Dan Contohnya

3. Suara mesin jadi pincang

Piston motor 2 tak yang rusak akan menimbulkan suara berisik pada mesin. Hal ini dikarenakan piston selalu bergesekan dengan komponen lain (silinder) dengan rpm yang sangat cepat. Apabila ada cacat pada piston motor maka akan menyebabkan terjadinya suara mesin seperti pincang. Hal ini juga bisa terjadi akibat adanya kebocoran kompresi.

4. Mesin tidak dapat langsam.

Apabila kondisi piston motor 2 tak semakin memburuk maka ciri lainnya yaitu mesin tidak dapat langsam. Apabila gas di lepas maka mesin akan mati. Hal ini dikarenakan adanya kebocoran tekanan kompresi akibat kerusakan piston. Akibatnya proses pembakaran tidak maksimal sehingga mesin akan naik turun atau bahkan mati apabila tidak di gas.

5. Suara Kasar

Jika ring kompresi patah karena itu bisa mengakibatkan muncul suara di bagian silinder saat mesin hidup. Suara kasar ini ditimbulkan dari gesekan piston dengan silinder.

6. Kerusakan Silinder

Disamping itu bisa menghancurkan dinding silinder karena karena gesekan yang diakibatkan oleh patahan ring dengan dinding silinder. Hal ini tentu membutuhkan perbaikan bahkan apabila parah perlu shock silinder baru pada mesin.

7. Asap Putih

Salah satunya tanda kerusakan piston yang jelas ialah timbulnya asap warna putih dari motor. Ini umumnya paling kelihatan saat motor dipanaskan. Jika sudah keluar asap putih, memiliki arti itu oli turut terbakar

Baca Juga  Fungsi, Bagian, Dan Cara Menggunakan Hydrometer

Pada piston ada ring oli, ring kompresi, dan ring bakar. Semua ring itu berperan rapatkan sela di antara piston dan blok silinder supaya tidak ada saluran oli yang masuk di ruangan pembakaran.

Kebalikannya, gerakan turun naik piston yang mulai rusak malah akan membuat oli turut masuk di ruangan pembakaran.

8. Oli Mesin Mudah Boros

Oli mudah masuk di ruangan pembakaran, karena itu tidak boleh bingung bila volume oli mesin mudah menyusut hingga lebih boros. Pengurangannya dapat cukup mencolok, capai 0,1 ltr satu hari bergantung waktu mesin hidup.

Cara Mengatasi Piston Motor 2 Tak Rusak

Apabila piston pada motor 2 tak mengalami kerusakan maka cara perbaikannya yaitu:

  1. Membongkar mesin
  2. Mencermati kondisi piston, ring, dan silinder
  3. Apabila kerusakan hanya pada piston, maka cukup mengganti piston dan ringnya saja. Namun apabila kerusakan sudah merambat ke silinder diperlukan oversize atau shock silinder baru.
  4. Merakit kembali piston, ring, silinder, dan komponen mesin lainnya.
  5. Memastikan oli dapat naik, dan bersirkulasi dengan lancar
  6. Mencoba kendaraan, apabila tenaga dan kompresi sudah bagus maka dapat digunakan sehari hari.

Diatas adalah ciri ciri piston motor 2 tak rusak dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion