Solar Tidak Mau Naik: 7 Penyebab Dan Ulasan

Solar Tidak Mau Naik – Penyebab solar pada mobil diesel tidak mau naik umumnya karena melewati beragam perawatan mobil secara periodik. Ini pasti punya pengaruh pada performa mesin. Lantas apa penyebab solar tidak mau naik?

Mobil diesel mempunyai watak yang lain dengan mesin bensin. Selainnya dari segi bahan bakar diesel dan perawatan, keadaan yang lain membandingkan adalah dari sisi masalahnya.

Untuk pemakai mobil diesel, terutamanya untuk mobil dengan mesin diesel konservatif yang telah berumur di atas tiga sampai 5 tahun, kemungkinan sering alami sulit dihidupkan pada pagi hari. Bisa saja karena masuk angin. Ketahui tanda-tanda mesin mobil diesel alami masuk angin dan beragam penyebab lainnya yang membuat solar tidak mau naik.

solar tidak mau naik

Solar Tidak Mau Naik

Berikut adalah info tentang penyebab mesin diesel yang masuk angin dan beragam jenis factor yang mengakibatkan solar tidak mau naik yakni:

1.Tanda-tanda Masuk Angin

Penyebab mobil mesin dengan solar diesel yang tidak mau naik ini banyak, tetapi tersering peristiwa karena tersisa udara yang masuk ke aliran mekanisme bahan bakar atau umum disebutkan tanda-tanda masuk angin pada mobil.

Mengapa udara dapat sampai masuk ke aliran ruangan bakar atau bak bahan bakar? Tanda-tanda masuk angin ini umumnya karena saat melakukan proses pergantian filter solar, bahan bakar diesel.

Udara terkompresi, hingga saat pompa bahan bakar solar itu bekerja, penekanan yang dikeluarkan cuman untuk udara saja dan buat penekanan yang bahan bakar jadi turun,” terangnya. Dengan keadaan itu automatis bahan bakar tidak keluar yang membuat mesin sulit hidup saat proses start.

Ketika berada udara yang terjebak dalam aliran bahan bakar, penekanan yang dibuat mesin cuman akan keluarkan udara yang awalnya masuk ke bak. Dapat terjadi saat proses pergantian filter, atau saat bahan bakar diesel di bak mobil kosong atau telah sedikit, hingga udara terhisap pompa injeksi. Keadaan ini akan membuat bahan bakar tidak dapat keluar, hingga tidak bisa memberi supply bahan bakar yang cukup buat menghidupkan mesin.

Baca Juga  Kick Starter Bunyi Krek: 5 Penyebab Dan Perbaikan

2. Udara Terjerat Dalam Aliran Bahan Bakar

Jadi saat solar tidak mau naik saat pagi hari, salah satunya pemicunya adalah udara yang terjerat dalam aliran bahan bakar. Tidak itu saja, mesin dapat hidup, tetapi udara masih berada di ruangan pembakaran hingga tetap memunculkan permasalahan lain.

Umumnya perform mobil akan turun, seperti tanda-tanda mobil yang penekanan kompresi menyusut. Tarikan mobil jadi berat yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Sampai paling fatal, dapat membuat mobil mendadak berhenti saat dipakai.

Dengan lakukan bleeding, udara akan dibuang dari dalam aliran bahan bakar barusan dengan manual dengan pemompaan. Saat dipompa, udara akan bergerak ke arah injector, lalu saat mesin dihidupkan udara itu keluar langsung saat injector terbuka.

Proses keluarkan udara sebetulnya bisa juga dilaksanakan sendiri. Triknya dengan cari letak filter solar terlebih dahulu. Di bagian atas cover filter umumnya ada priming pump. Pompa ini yang hendak dipakai untuk memompa solar atau udara lewat cara manual.

3. Menyusutnya Penekanan Bahan Bakar

Mesin diesel membutuhkan penekanan bahan bakar untuk membikin solar keluar injektor. Penekanan bahan bakar solar pada mesin diesel dapat mencapai 2000 Kg/cm2.

Ketika noozle yang berada di injektor terbuka maka solar bertekanan tinggi keluar berbentuk kabut tipis. Apabila tekanan turun maka kabut ini tidak dapat tercipta dengan baik.

Untuk mengatasi bahan bakar tidak mau naik ini perlu mengecek keadaan bahan bakar apa volume bahan bakar masih lumayan. Perlu dilakukan pengecekan adakah sumbatan yang memberi imbas pada kesediaan bahan bakar ke arah ruang bakar pada mesin diesel.

Baca Juga  Motor Tidak Ada Pengapian: 8 Penyebab & Ulasan

4. Pergantian filter solar

Filter solar masuk di dalam internal fuel suply, yang berposisi ditengah-tengah tengah di antara pompa injeksi dan tanki bbm. Saat anda lakukan penggantian filter, automatis kita harus buka sauran in dan out solar. Saat berikut mekanisme bahan bakar terputus dan mengakibatkan udara masuk.

Disamping itu, bila mobil anda memakai mekanisme filter yang dapat langsung diambil tak perlu buka selang bisa juga masuk angin. Saat anda melepaskan element filter, maka ada curahan solar di dalam filter. Saat anda memasangkan filter baru, karena itu ruangan itu kosong. Sebetulnya ruangan itu tidak kosong karena ada beberapa udara di dalam filter. Dan saat mesin dihidupkan, udara itu akan terjerat di dalam mekanisme fuel hingga solar tidak mau naik.

5. Pelepasan elemen injektor/selang bahan bakar

Selainnya dari solar, injektor sendiri sebagai ujung tombak mekanisme bahan bakar diesel benar-benar mempunyai potensi mengakibatkan masuk angin. Sama peristiwanya, ketika berada error di bagian injektor automatis kita perlu membuka untuk lakukan pembaruan. Saat proses pelepasan injektor karena itu udara dapat masuk di dalam selang dan saat injektor terpasang kembali karena itu udara itu akan terjerat dan mengakibatkan bahan bakar tidak mau naik.

6. Kerusakan Pada Aliran Bahan bakar

Disamping itu bahan bakar yang tidak mau naik dapat disebabkan karena kerusakan aliran mekanisme bahan bakar diesel. Hal yang kemungkinan terjadi yakni kebocoran pada aliran atau selang solar.

7. Feed Pump Hancur

Yang paling akhir penyebab dari solar tidak mau naik bisa muncul karena feed pump yang alami kerusakan. Ini mengakibatkan penekanan solar turun hingga tidak mau naik ke ruangan bakar.

Di atas adalah pembahasan berkaitan penyebab solar tidak mau naik pada mesin diesel. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -