Penyebab Mesin Diesel Kubota Kurang Tenaga: 5 Faktor & Perbaikan

Penyebab Mesin Diesel Kubota Kurang Tenaga – Diesel kubota menjadi mesin yang mempunyai tenaga dan torsi banyak dan sering digunakan. Namun terkadang timbul kerusakan salah satunya kurang tenaga. Lalu apa saja penyebab mesin diesel kubota kurang tenaga?

Diesel kubota yang kurang tenaga perlu dilakukan pengecekan untuk proses perbaikan. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab mesin diesel kubota kurang tenaga dan cara mengatasinya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab mesin diesel kubota kurang tenaga

Penyebab Mesin Diesel Kubota Kurang Tenaga

Ada lima penyebab yang bisa membuat mesin diesel kubota kurang tenaga. Berikut ulasannya:

1. Filter Solar Kotor

Penyebab pertama mesin diesel kubota kurang tenaga yaitu filter solar. Filter solar yang kotor menjadi satu diantara permasalahan khusus mesin diesel kurang tenaga. Akibatnya maka debet dan volume bahan bakar yang diperlukan akan berkurang. Akibatnya kombinasi bahan bakar berkurang dan tenaga yang dihasilkan akan menurun

Filter kotor membuat proses filtrasi tidak bagus. Kotoran dapat sanggup masuk ke pompa injeksi. Akibatnya proses penginjeksian akan terganggu.

Tanda-tanda filter solar kotor adalah pertanda lampu tanda water separator mulai berpijar tanpa pertanda penyebab yang sangat jelas.

2. Pompa Penekanan Solar Kurang kuat

Pompa solar kurang kuat juga dapat menjadi penyebab mesin diesel kubota kurang tenaga. Komponen ini terpasang pada filter solar atau dekat pompa injeksi. Perannya adalah menarik solar dari dalam bak bahan bakar. Bila keadaannya menurun, maka suplai bahan bakar akan terlambat. Akibat dari hal ini adalah kombinasi bahan bakar dan udara tak lagi bagus hingga tenaga yang dibuat mesin tidak prima.

Tanda-tanda pompa penekanan yang telah menurun adalah mesin sulit hidup saat pagi hari hingga perlu memompanya untuk hidupkan mesin.

3. Injection Pump Memiliki masalah

Selain itu injection pump juga dapat menjadi salah satu penyebab mesin diesel kubota kurang tenaga. Injection pump adalah pompa injeksi untuk menyalurkan bahan bakar solar bertekanan ke masing-masing injektor. Nilai tekanan perlu diatur sesuai dengan spesifikasi masing masing.

Baca Juga  Cara Mengecas Aki : 8 Cara Dan Ulasannya

Tetapi saat penekanan pompa injeksi kurang atau bahkan juga melewati penekanan yang direferensikan, karena itu mesin diesel kubota tentu memiliki masalah. Tanda-tanda injection pump memiliki masalah adalah timbulnya asap hitam tebal sampai kehilangan tenaga.

4. Injection Timing Tidak Pas

Nilai dan status injection timing dalam mesin diesel jarang berbeda, rupanya bisa jadi ada dalam posisi yang tidak tepat. Hal ini yang menjadi penyebab mesin diesel kubota jadi kurang memiliki tenaga. Injection timing adalah waktu injektor buka nozzle untuk menyemprot bahan bakar.

Keadaan injection timing yang berbeda dan tidak sesuai dengan detail mesin bisa membuat tenaga mobil jadi kurang memiliki tenaga.

5. Penekanan Kompresi Ruangan Bakar Mesin Rendah

Yang terakhir salah satu penyebab mesin diesel kubota kurang tekanan adalah tekanan kompresi. Mesin diesel yang kurang memiliki tenaga banyak dikuasai permasalahan bau bahan bakar. Hal ini penekanan bahan bakar terlalu dibawah standar.

Penekanan kompresi memang memengaruhi tenaga mesin diesel. Mesin diesel memerlukan penekanan kompresi tinggi, kiranya 30 kgm. Apabila dibanding kompresi mesin bensin yang berada di range 10/11 kgm jelas berbeda jauh.

Jika penekanan kompresi turun, kombinasi bahan bakar dengan udara lebih susah diledakkan. Mengakibatkan apa? Sudah tentu tenaga mesin menyusut.

Cara Memperbaiki Diesel Kubota Kurang Tenaga

Setelah mengetahui penyebab mesin diesel kubota kurang tenaga perlu diketahui pula cara memperbaikinya. Cara memperbaiki diesel kubota kurang tenaga harus, cermat dan jeli dalam melakukan perbaikan.ada beberapa factor yang memengaruhi mesin diesel cepat hancur atau sulit untuk di nyalakan.dintaranya perawatan yang kurang, factor umur mesin diesel, dan cara gunakan yang tidak sesuai dasar pada buku panduan pemakaian.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Water Pump Mobil: 7 Prosedur & Ulasan

Prosedur Perbaikan Mesin Diesel Kubota

Berikut saya ingin memberi sedikit pembahasan banyak hal yang umum terjadi / yang membuat mesin diesel kubota kurang tenaga dan sulit untuk di nyalakan,dan cara pembaruanya :

  1. Check bahan bakar/solarnya, apa masih lumayan atau sudah habis. membuka tutup tank bahan bakar lalu saksikan apa masih tetap ada bahan bakar atau telah perlu untuk di isi kembali.
  2. Jika solar masih tetap ada coba kendorin baud pada boskom,selanjutnya diamkan solar keluar pipa pemasok bahan bakar, kemudian mengencangkan kembali baud pipa.
  3. Check bospom dan nozzle terlepas pipa solar yang melekat pada boschpump dan nozzle
  4. Selanjutnya engkol mesin dan saksikan boschpump bisa keluarkan solar atau mungkin tidak, jika bisa selanjutnya check nozzle dengan alat ukur atau terlepas dan pasang nozzle pada pipa solar selanjutnya engkol mesin sampai dari nozzle kelihatan mengeluar solar. Jika nozzle masih bagus semprotan solarnya akan keluar mengabut/ mengembun dan jika telah hancur nozle macet dan keluarkan solarnya tidak mengabut.
  5. Check setel klep apa sudah berubah dari status setel standard hingga perlu dilakukan proses penyetelan ulang supaya mekanisme kompresi mesin tidak bocor.
  6. Periksa penyaring udara dan knalpot, kemungkinan ada penyumbatan yang dikarenakan oleh tersisa pembakaran yang melekat,jika sudah penggunaan di atas 50 jam karena itu penyaring udara dan knalpot perlu untuk di membersihkan.
  7. Check ring piston dan pistonnya, terlepas cilinder head dari dudukannya selanjutnya membuka baud stang piston lalu keluarin stang piston dan ring piston dari buring Selanjutnya jika sudah terlepas membuka ring dari piston
  8. Selanjutnya masukan pada buring lalu saksikan ukuran ring masih bagus atau telah aus dan perlu dilakukan pergantian yang baru.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab mesin diesel kubota kurang tenaga. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -