Cara Memperbaiki Torque Converter: 4 Cara & Kerusakan

Cara Memperbaiki Torque Converter – Mobil matic Anda mendadak overheating saat pada keadaan stop? Ada peluang hal itu karena torque converter yang memiliki masalah. Lantas apa kerusakan pada torque converter? Bagaimana cara memperbaiki torque converter?

Torque converter sendiri sebagai elemen yang batasi di antara mesin dengan transmisi. Di mana meluluskan mobil matic bisa stop sementara tanpa mengakibatkan transmisi terima dorongan terus-terusan dari mesin.

Torque converter yang rusak tidak cuman mengakibatkan mesin beresiko cepat panas, tapi juga selip atau bahkan juga kerusakan transmisi. Untuk memperjelasnya berkaitan kerusakan dan cara memperbaiki torque converter akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

cara memperbaiki torque converter

Kerusakan Torque Converter

Ada banyak peluang kerusakan yang terjadi pada torque converter salah satunya yakni:

1. Bearing rusak

Persoalan ini sebagai yang paling biasa terjadi. Elemen seperti stator, impeller, turbin dan rumah alterasi yang semestinya bekerja terpisah, beresiko sama-sama bersinggungan langsung karena bearing yang rusak. Tidak cuman akan menghancurkan torque converter, pecahan metal yang terikut ke pelumas dapat menjalar ke elemen yang lain.

2. Gasket yang rusak atau bocor

Pemulasan sebagai salah satunya elemen yang membuat torque converter bekerja. Ada kebocoran mengakibatkan kerja piranti ini tidak optimal. Permasalahan itu tidak cuman mengakibatkan mesin jadi panas, tapi juga transmisi selip atau telat.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Water Pump Mobil: 7 Prosedur & Ulasan

3. Kopling torque converter rusak

Ketidakberhasilan kopling torque converter cukup susah untuk diketahui. Umumnya ini mengakibatkan mobil terus jalan walau diposisikan pada kondisi stop keseluruhan. Umumnya penyebab ketidakberhasilan itu disebabkan distorsi atau getaran yang membuat elemen didalamnya sama-sama mengamankan.

4. Solenoid kopling torque converter memiliki masalah

Piranti ini sebagai elemen electronic yang mengatur jumlah pelumas yang masuk ke torque converter. Kerusakan pada elemen ini mengakibatkan pelumas masuk terlampau sedikit atau banyak, hingga resiko mesin mati bisa terjadi atau bahkan juga memengaruhi konsumsi bahan bakar.

Cara Memperbaiki Torque Converter

Cara memperbaiki torque convter yakni dengan pengetesan yang paling simpel. Diharap cara tes simpel ini bisa menolong menganalisis beberapa masalah prospektif pada torque converter. Berikut cara memperbaiki torque converter pada kendaraan.

  1. Yang penting Anda kerjakan adalah menstart mobil, sementara sopir ada pada tempat duduk sopir dan diamkan mobil pada kondisi idle untuk beberapa saat. Kemudian, pencet pedal gas secara enteng seringkali, dan bebaskan pedal gas untuk kembali mesin pada status idle awalnya.
  2. Seterusnya, pencet pedal rem, dan tujukan handle gigi ke status drive. Sepanjang masa ini, Anda akan menginginkan untuk dengar beragam bunyi aneh seperti mengelitik atau pergerakan.
  3. Jika Anda cukup ekspert, kerjakan peralihan handle gigi secara mendadak untuk memperoleh bunyi aneh itu.
  4. Tapi jika tidak, kerjakan proses itu mencakup gigi mundur dan coba untuk dengarkan bunyi aneh itu. Paling akhir, lakukan mobil dan tes beberapa hal sama seperti yang sudah diterangkan awalnya seperti selip atau bergetar keras.
Baca Juga  Cara Registrasi Kunci Immobilizer: 3 Cara & Ulasan

Di atas adalah pembahasan berkaitan kerusakan dan cara memperbaiki torque converter pada kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.