Piston Rem Cakram Tidak Mau Kembali: Penyebab & Cara

Piston Rem Cakram Tidak Mau Kembali – Terdapat berbagai permasalahan pada sistem rem, salah satunya piston rem cakram tidak mau kembali. Lalu apa penyebab piston rem cakram tidak mau kembali? Bagaimana cara memperbaiki nya?

Sisi rem pada kendaraan memiliki peran yang penting. Rem sebagai salah satunya satu komponen pemasti keselamatan karena berperan untuk hentikan kecepatan kendaraan saat diperlukan.

Karena itu, bila rem mengalami permasalahan karena itu kendaraan ada dalam permasalahan besar. Rem yang tidak berperan harus langsung diperbaiki supaya kendaraan dapat kembali normal.

Selainnya rem blong, permasalahan yang lain dapat terjadi adalah rem yang macet atau tidak mau kembali. Umumnya rem yang macet tidak dapat kembali pada tempat awal sesudah dipakai. Untuk lebih jelasnya terkait piston rem cakram tidak mau kembali baik penyebab dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel.

piston rem cakram tidak mau kembali

Piston Rem Cakram Tidak Mau Kembali

Terdapat beberapa penyebab piston rem cakram tidak mau kembali pada kendaraan diantaranya yaitu:

1. Piston Rem Kotor

Piston adalah sisi rem yang bergerak saat kampas saat rem didesak dan akan kembali ke tempat awal saat rem dilepaskan. Sayang, dibalik peranan keutamaan itu piston sebagai elemen dalam rem yang paling gampang terserang kotoran. Bila jarang-jarang dicheck sisi dalamnya, kotoran bertambah dan makin susah membersihkan. Karena ada kotoran yang tetap semakin bertambah, pergerakan piston akan geret dan membuat rem macet.

Permasalahan lain dari sisi kotoran adalah ada korosi atau karat. Sama dengan permasalahan kotoran yang terendap, karat pada piston rem akan perlambat pergerakan elemen itu. Mengakibatkan rem tidak bisa bekerja yang baik seperti peranan intinya. Baik permasalahan kotoran atau karat pada piston rem sebagai aspek terpenting penyebab piston rem cakram tidak mau kembali.

2. Kampas Rem Tidak Sama sesuai Detail

Ada dua tipe kampas rem yang diperbedakan menurut teksturnya, yakni struktur kasar dan struktur lunak. Umumnya kendaraan motor beroda 2 memakai tipe kampas rem yang memiliki tekstur kasar. Arah intinya supaya rem tahan lama disamping itu agar terbebas dari debu. Tipe kampas rem yang pas untuk tiap kendaraan dapat berlainan keduanya bergantung keperluannya.

Baca Juga  Rem Cakram Seret Setelah Ganti Kampas : 7 Penyebab

Karena mempunyai keperluan yang tidak selalu sama, pemakaian kampas rem untuk tiap kendaraan harus sesuai detailnya. Penempatan kampas rem yang tidak sesuai detail kendaraan akan membuat elemen itu tidak berperan secara baik. Satu diantaranya adalah rem macet dan seret karena piston rem cakram tidak kembali. Karena itu penting untuk ketahui tipe keperluan kampas rem yang pas dan tepat.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Tidak Kembali

Nach jika ingin mengatasi persoalan ini, karena itu Anda dapat melakukan sendiri di dalam rumah bila ada alat dan kunci.

Cara mengatasi piston rem cakram yang tidak mau kembali sebenarnya dapat dilaksanakan sendiri di dalam rumah. Ketentuannya harus ada perlengkapan yang ideal karena sistem inkubasi mesin umumnya memakai baut bintang.

Dan untuk mobil yang cuman memakai baut hex 12 atau 14, alat yang diperlukan dapat semakin simpel. Yakinkan mempunyai alat yang komplet saat sebelum lakukan pembaruan pada rem yang macet. Berikut cara memperbaiki rem cakram tidak mau kembali yaitu:

1.Siapkan Alat yang Diperlukan

Untuk mengatasi permasalahan piston rem cakram tidak kembali, persiapkan beberapa alat seperti kunci ring atau berlagak, compressor, sikat, kompon, mangkok kecil dan minyak rem. Janganlah lupa sediakan lap kering yang bersih untuk hapus debu dan kotoran. Bila memang tidak mempunyai alat yang ideal, seharusnya membawa kendaraan ke bengkel untuk diatasi teknisi yang professional.

2. Bedah Kaliper Rem

Cara melepaskan piston kaliper motor yang macet harus diawali dengan cara membedah sisi itu. Baut bintang di bagian ini dapat dilonggarkan lebih dulu dan tidak boleh tergesa-gesa melepaskannya supaya kaliper masih tetap pada tempatnya. Selanjutnya bebaskan baut liner rem dan teruskan dengan melepaskan baut penahan. Baut braket kaliper akan dapat semakin gampang dilepaskan dari motor.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil : 4 Cara Dan Ulasannya

Saat baut liner rem sukses dilepaskan, liner rem dapat diambil langsung dari tempatnya. Kampas rem akan gampang dilepaskan sesudahnya. Lihat ketebalan kampas rem. Jika nyaris habis, cepatlah untuk menukarnya. Bila rem cakram geret sesudah tukar kampas, kemungkinan ada permasalahan yang lain lebih kompleks. Dan sisi dari braket kaliper yang tersambung dengan 2 pin kemungkinan dapat macet. Untuk mempermudahnya dilepaskan, pakai oli sedikit saja.

3. Membersihkan Tempat Piston Rem

Untuk bersihkan tempat kapiler piston, pakai kain yang bersih. Tentukan kain dengan struktur yang tidak terlampau kasar atau yang mempunyai daya serap yang baik. Dengan demikian, karena itu kotoran seperti debu langsung bisa melekat pada permukaan kain. Lihat tempat sekitaran piston saat bersihkan sisi ini terhitung gasket yang berperan menahan rem bocor ke silinder piston. Bila segelnya hancur, maka mempunyai potensi mengusik gerakan piston.

4. Yakinkan Keadaan Minyak Rem

Piston rem cakram tidak kembali bisa juga disebabkan keadaan minyak rem yang menyusut atau tidak penuhi keperluan. Maka dari itu, yakinkan keperluan minyak rem saat membedah sisi itu. Pencet tuas rem karena itu kapiler akan terlepas. Saat piston telah keluar, masukan kembali dengan kontribusi tuas. Kerjakan cara barusan berkali-kali untuk pastikan pergerakan piston lebih enteng dan tidak kembali geret.

Piston rem cakram yang seret sebagai permasalahan yang umum. Walau demikian, jalan keluar untuk menanganinya cukup sulit hingga kemungkinan perlu kontribusi dari tenaga pakar. Kerjakan cara penangkalan untuk menghindar permasalahan rem macet.

Diatas adalah ulasan terkait piston rem cakram tidak mau kembali baik penyebab maupun cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.