Bagian Kaki Kaki Mobil: 9 Komponen Dan Fungsinya

Bagian Kaki Kaki Mobil – Mobil disusun oleh berbagai bagian yang dijadikan satu kesatuan sehingga dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Salah satu bagian tersebut adalah kaki kaki mobil. Lalu apa saja komponen atau bagian yang menyusun kaki kaki mobil?

Perannya yang cukup sentral ini didukung oleh beberapa komponen penting seperti roda, setir, dan lain-lain. Komponen-komponen yang baru saya sebutkan barusan tersebut yang kita mengenal dengan komponen kaki kaki mobil.

Beberapa komponen atau bagian yang bekerja pada sebuah kesatuan itu penting untuk mendukung kebergunaan mobil sebagai kendaraan tersebut. Untuk lebih jelasnya terkait komponen atau bagian kaki kaki mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

bagian kaki kaki mobil

Bagian Kaki Kaki Mobil

Mempunyai mobil sendiri memang memberi faedah untuk pemiliknya, tetapi penting diingat selalu menjaga kendaraan itu sendiri. Salah satu yang penting menjadi perhatian dan dirawat adalah komponen atau bagian kaki kaki mobil.

Komponen kaki kaki kaki mobil mempunyai beberapa terbagi dalam bagian yang sama-sama memberikan dukungan dan menyokong untuk memperoleh perform yang maksimal. Beberapa komponen dan bagian kaki kaki mobil itu salah satunya: Ban, suspensi, tie rod, ball joint, bushing, dan bearing.

Berikut adalah beberapa komponen atau bagian kaki kaki mobil yang penting kamu kenali:

1. Roda dan ban mobil

Roda dan ban mobil adalah salah satu bagian kaki kaki pada mobil. Tanpa roda, mobil tidak bisa jalan. Fungsi roda pada mobil adalah sebagai penahan berat kendaraan, sebagai bantalan yang menjaga mobil tidak bersinggungan pada jalan, sebagai pengimbang kendaraan, dan sebagai penahan guncangan hingga berkendaraan di jalanan yang tidak rata berasa semakin nyaman.

Ada 2 tipe ban, yaitu ban luar dan ban dalam. Tapi sekarang ini mobil banyak juga memakai ban tubeless yaitu ban yang tidak mempunyai ban dalam. Komponen penyusun roda yaitu velg dan pentil.

2. Suspension atau Suspensi (Shockbreaker)

Kamu tentu kerap mendengar nama komponen ini. Bagian kaki kaki mobil ini berperan sebagai peredam kejut atau guncangan saat mobil berjalan pada jalanan yang tidak rata atau berbatu. Suspensi yang bagus akan membuat penumpang terasa nyaman walau sedang meluncur di jalan yang tidak rata.

Letak suspensi ada di roda dan body kerangka mobil. Biasanya suspensi terdiri jadi 2 type, type independent atau bebas dan type rigid.

Pertama, type independent. Suspensi type ini membuat roda bisa bergerak bebas karena roda kanan dan kiri tidak disambungkan ke acle . Maka, gerakan roda tidak sama-sama mempengaruhi. Type suspensi ini lebih banyak dipakai pada beberapa mobil keluaran terkini dan mempunyai harga yang tambah mahal karena konstruksinya lebih sulit. Suspensi type independent ini memberi kenyamanan yang tinggi untuk penumpang mobil.

Baca Juga  Fungsi Turbo Pada Mobil: 4 Peran Dan Prinsip Kerja

Ke-2 , type rigid. Suspensi type ini tidak bisa bergerak bebas karena axle tersambung langsung pada body mobil dan frame pegas . Maka, saat jalanan tidak rata, ke-2 roda akan sama-sama mempengaruhi. Letak suspensi ini ada di status belakang body mobil, pas di bawah bangku penumpang belakang. Type suspensi ini pas dipakai pada mobil yang bawa berat beban, misalkan truk atau bis.

3. Ball joint

Sesuai namanya, bagian kaki kaki mobil ini memiliki bentuk seperti bola kecil yang seperti persendian. Ball joint ini tempatnya berada di dudukan roda dan tersambung langsung dengan velg. Fungsi khusus dari ball joint ini adalah untuk meredam supaya roda tidaklah sampai terlepas dari chasis.

4. Bushing

Bagian kaki kaki mobil yang ini dibuat dari karet. Fungsi intinya yaitu untuk menahan getaran supaya tidak mengusik komponen yang lain dibuat dari logam.

Bushing dapat alami kerusakan jika alami overheat (panas berlebihan). Seharusnya selekasnya tukar bila mobil mulai berasa tidak nyaman saat dikemudikan.

5. Tie Rod

Benda yang berperan sebagai penyambung kemudi dan pengikat roda agar dibelok kan kekiri dan kekanan, wujud dari tie rod adalah bulat lebih kurang besarnya seperti kelereng.

Komponen kaki – kaki mobil berikut yang serupa keutamaan untuk dijaga daya ikatnya karena jika terjadi keluasan menyebabkan bunyi – bunyi di bagian roda dan membuat roda jadi tidak konstan.

Yang membuat tie rod jadi cepat kendur adalah karena bentrokan keras dan umur gunakan yang lumayan lama.

Pertanda kerusakan pada tie rod bisa di rasakan jika berjalan pada permukaan yang hancur atau jalan yang berlubang, disamping itu langkah lain untuk mendeteksinya dengan mobil di dongkel dan roda di goyang – goyangkan ke kanan dan ke kiri, jika roda itu goyang, memiliki arti ada tanda-tanda tie rodnya hancur.

Tie rod pada sistem setir mobil atau kemudi terdiri jadi 2 bagian yaitu :

  • Inner tie rod atau rak end
  • Tie rod end (di Indonesia biasa disebut Long Tie Road)

6. Bearing (Laher)

Ada pula komponen kaki kaki mobil namanya bearing atau yang kerap disebutkan warga bernama Laher. Sama seperti yang kita kenali Bearing pada kaki kaki mobil sebagai komponen yang berperan sebagai bantalan pada roda.

Baca Juga  Etiket Gambar Teknik : Pengertian, & Cara Membuat

Yang di mana komponen ini benar-benar punya pengaruh pada perputaran roda dan kesetabilan kecepatan kendaraan. Bahkan juga umumnya bila komponen ini hancur akan membuat mobil bunyi kletek-kletek pada bagian roda. Yang sudah pasti akan mengakibatkan perjalanan tidak merasa nyaman.

7. Support Shockbreaker

Pengujian komponen kaki-kaki mobil dapat diawali dari tempat kap mesin untuk mengecek support shockbreaker.

Fungsi komponen adalah sebagai bantalan untuk shockbreaker di body kendaraan. Memiliki bentuk seperti karet bulat dan mempunyai bearing alias laher didalamnya.

Pengujian keadaan dapat diawali dengan memperhatikan visualnya. Bila karet support shockbreaker telah getas sampai retak-retak maknanya “meminta” ditukar.

Langkah lain, putarlah kemudi ke kiri dan ke kanan. Support shockbreaker yang telah hancur akan keluarkan bunyi. Suara itu karena keadaan laher didalamnya telah aus.

8. Stabilizer

Komponen link stabilizer bisa disaksikan bentuknya berbentuk besi yang berdiri secara vertikal yang bagian atasnya melekat dengan shockbreaker. Dan stabilizer tersebut sebagai besi yang melekat pada bagian bawah link stabilizer dengan status horizontal.

Pengujian stabilizer dapat dilaksanakan dengan memberikannya pukulan “lembut” memakai tangan. Bila berasa ada oblak karena itu perlu dilaksanakan pengecekan selanjutnya.

Ini umumnya karena karet bushing yang memiliki bentuk seperti huruf “D” telah alami cacat. Kerusakan karet bushing itu menjadi satu diantara sumber bunyi bising pada kaki-kaki mobil. Dalam pada itu, pengujian pada link stabilizer bisa dilakukan dengan menggoyangkannya langsung memakai tangan.

9. Lower Arm

Lower arm pada intinya sebagai bagian kaki kaki mobil terakhir yang terbuat dari bahan metal yang lumayan kuat. Tetapi, lower arm mempunyai 2 buah karet bushing di muka dan belakangnya. Karet-karet berikut yang sering alami penurun keadaan bersamaan umur penggunaan.

Untuk ketahui keadaannya dapat dilaksanakan pengujian visual. Disamping itu, pemilik kendaraan bisa juga menggoyang-goyangkan ikatan bushing itu dengan kontribusi besi pengungkit.

Bila karet-karet bushing itu telah hancur karena itu seharusnya selekasnya kerjakan pergantian.

Karet bushing untuk beberapa mobil cuma dipasarkan satu paket dengan lower arm-nya. Ini akan membuat ongkos pergantian tambah mahal. Pengujian lower arm semakin lebih gampang bila mobil ada di atas car lift.

Diatas adalah ulasan terkait komponen atau bagian kaki kaki mobil dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.