Cara Kerja Mesin 4 Tak : 4 Langkah Dan Ulasannya

cara kerja mesin 4 tak

Cara Kerja Mesin 4 Tak – Terdapat dua jenis mesin yang banyak digunakan pada kendaraan, salah satunya adalah mesin 4 tak. Sesuai dengan namanya, maka prinsip kerja mesin 4 tak harus melalui 4 langkah sebelum menghasilkan tenaga. Lalu bagaimana cara kerja mesin 4 tak?

Saat sebelum mengulas cara kerja mesin 4 tak, ada banyak orang yang belum mengenali apakah itu mesin 4 tak. Nah, pemahaman mesin 4 tak sendiri ialah satu mesin yang di mana bekerja hasilkan tenaga dangan membutuhkan proses 4 langkah turun naik piston, dua kali perputaran poros engkol dan satu perputaran noken as (Chamsaft).

Dan diberi nama mesin 4 tak sebab mesin di dalam satu kali proses kerjanya, mesin memerlukan 4 langkah kerja untuk menghasilkan tenaga. Hal ini menyebabkan mesin bekerja secara maksimal dan memberi tenaga yang besar dan bertambah lebih ramah lingkungan.

Disamping itu untuk hasilkan tenaga yang banyak atau maksimal karena itu dalam jalankan cara kerja mesin 4 tak dibutuhkan udara, bahan bakar, kompresi, dan loncatan bunga api atau umum diketahui dengan spark. Seperti namanya mesin ini memiliki empat langkah kerja yang perlu dikerjakan untuk hasilkan tenaga yang optimal meskipun masih ramah lingkungan.

Mesin 4 tak ini mempunyai konsep ramah lingkungan banyak digunakan pada motor atau mobil. Fakta mengapa mesin ini adalah mesin ramah lingkungan ialah sebab mesin ini tidak menghasilkan banyak sekali gas emisi. Hal ini dikarenakan proses kerja mesin 4 tak yang lebih efisien dibanding mesin sebelumnya.

Sebagian besar orang yang berada di Indonesia mempunyai kendaraan dan di bagian bodi motor itu umumnya ada tulisan 4 tak. Namun kebanyak orang belum mengetahui cara kerja dari mesin 4 tak itu sendiri. Untuk lebih jelasnya terkait cara kerja mesin 4 tak akan dibahas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara kerja mesin 4 tak

Cara Kerja Mesin 4 Tak

Mesin 4 Tak ialah mesin pembakaran dalam yang setiap satu transisi pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Empat langkah itu mencakup langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan langkah buang. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya:

1. Langkah hisap (intake)

Cara kerja mesin 4 tak yang perama adalah langkah hisap. Langkah hisap yakni langkah di mana katup intake akan membuka dan mengisap semua kombinasi bahan bakar dengan memakai bensin yang telah dikabutkan. Ada proses-proses yang perlu dilewati pada step ini.

Pada langkah hisap ialah piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) selanjutnya ke arah titik mati bawah (TMB). Selanjutnya katup inlet akan terbuka hingga bahan bakar akan masuk di silinder. Poros engkol akan berputar-putar sejumlah 180 derajat, dan membuat noken As berputar-putar sebesar 90 derajat, dan desakan yang ada pada piston akan menyebabkan terhisapnya kabut udara dan bahan bakar ke silinder.

Baca Juga  Jenis Gambar Potongan : 9 Jenis, Pengertian, & Fungsinya

Langkah ini mempunyai arah untuk masukkan kabut udara dan bahan bakar yang ada pada mesin masuk di dalam silinder. Hal ini memengaruhi tenaga mesin, karena tenaga mesin yang dibuat bergantung jumlah bahan bakar yang sukses terbakar dalam alami proses pembakaran.

Untuk prosesnya salah satunya yakni :

  • Piston bergerak dari titi mati atas atau yang umumnya dipersingkat dengan arti (TMA) *dalam dunia otomotif ke arah di titik mati bawah atau kependekan dari (TMB)
  • Selanjutnya katup in (intake valve) terbuka dan katup Ex (exhaust valve) akan tertutup.
  • Poros engkol akan berputar-putar 180 derajat
  • Noken as beputar 90 derajat
  • Seterusnya desakan yang dibikin oleh piston itu karena itu kombinasi bahan bakar dan udara yang sudah dibikin jadi kabut oleh karburator akan terserap melalu intake port

2. Langkah Kompresi (compression)

Proses kedua dalam cara kerja mesin 4 tak ialah kompresi. Langkah kompresi diawali pada saat katup inlet mulai menutup dan piston langsung bergerak menuju kek ruang bakar yang disebabkan oleh momentun dari poros engkol atau flywheel.

Dalam langkah kompresi maka piston akan bergerak datang dari TMB ke arah TMA. Selanjutnya katup in akan menutup begitu juga katup ex masih tertutup. Hal ini mengakibatkan bahan bakar akan termampatkan pada ruang bakar. Pada status 15 derajat saat sebelum TMA, busi mulai menghidupkan bunga api dan selanjutnya mengawali terjadinya proses pembakaran. Akibatnya proses pembakaran akan membuat poros engkol mencapai perputaran penuh, dan noken as 180 derajat.

Pada proses kerja mesin 4 tak ini dikerjakan dengan satu tujuan yaitu untuk tingkatkan suhu supaya kombinasi antara udara dan bahan bakar bisa sama-sama bersenyawa. Langkah ini berhubungan erat dengan daya yang dihasilkan oleh mesin.

Untuk prosesnya seperti berikut :

  • Piston bergerak datang dari TMB ke TMA.
  • Klep In tutup, Klep Ex masih tertutup.
  • Bahan Bakar akan tertekan ke dalam ruang bakar (combustion chamber).
  • Seputar 15 derajat saat sebelum TMA , busi mulai menghidupkan bunga api dan mengawali proses pembakaran.
  • Kruk as capai satu perputaran penuh (360 derajat).
  • Noken as capai 180 derajat.

3. Langkah Tenaga (pembakaran/Combustion)

Cara kerja mesin 4 tak yang selanjutnya adalah langkah tenaga. Langkah ini adalah langkah yang penting karenal langkah inilah terjadinya tenaga. Pukulan tenaga dalam mesin ini akan diawali saat kombinasi udara dan bahan bakar mulai dikompresi dan dinyalakan pada ruangan pembakaran oleh busi mesin.

Baca Juga  Perbedaan Mesin 2 Tak Dan Mesin 4 Tak : 7 Perbedaan

Saat busi dinyalakan maka kombinasi bahan bakar dan udara terbakar dengan cepat, menjalar, dan membuat ledakan-ledakan yang tetahan oleh dinding sisi kepala silinder. Akibatnya akan memunculkan operan balik dalam pembuatan tenaga pada mesin 4 tak.

Proses cara kerja mesin 4 tak ini ialah saat ledakan terjadi secara prima di ruang bakar, karena itu menyebabkan piston terlontar dari TMA selanjutnya ke TMB, dan membuat katup inlet tutup secara penuh, dan berlangsungnya langkh usaha sampai selanjutnya katup buang mulai akan sedikit terbuka.

Kemudian akan timbul proses alih bentuk antar energi dengan pergerakan bolak balik oleh piston yang membuat energi perputaran poros engkol. Perputaran akan membuat hasil tenaga sampai poros engkol capai 540 derajat yang membuat noken as jadi 270 derajat yang hasilkan energi dengan emisi ramah lingkungan.

Untuk prosesnya ialah :

  • Ledakan terbentuk secara prima di ruangan bakar
  • Piston terlontar dari TMA ke arah TMB
  • Katup inlet menutup penuh. Sementara mendekati akhir langkah usaha, katup buang mulai sedikit terbuka.
  • Berlangsung alih bentuk energi gerak bolak-balik piston jadi energi perputaran kruk as
  • Perputaran Kruk As capai 540 derajat
  • Perputaran Noken As 270 derajat

4. Langkah Buang (exhaust)

Yang terakhir adalah langkah yang terpenting dalam langkah kerja ini karena langkah paling akhir karena digunakan untuk menghasilkan energi atau tenaga yang bagus di dalam menjalankan mesin jadi benar-benar halus dan efektif. Langkah ini adalah langkah buang.

Pada langkah ini piston akan lakukan penggerakan pada gas tersisa pembakaran yang sudah keluar dari silinder ke arah pipa knalpot. Proses ini harus dikerjakan dengan maksimal untuk menghindar gas baru yang akan terkikis pada tenaga yang dibuat.

Untuk prosesnya sebagai di bawah ini :

  • Konter balance weight pada kruk as memberi style normal untuk gerakkan piston dari TMB ke TMA.
  • Klep Ex terbuka Prima, Klep Inlet tutup penuh.
  • Gas tersisa hasil pembakaran dipaksa keluar oleh piston lewat port exhaust ke arah knalpot.
  • Kruk as lakukan 2 perputaran penuh (720 derajat).
  • Noken as mengakhiri 1 perputaran penuh (360 derajat).

Diatas merupakan ulasan terkait cara kerja mesin 4 tak yang banyak digunakan pada kendaraan. Terkait cara kerja mesin 4 tak perlu diperhatikan setiap langkah yang terjadi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.