Apa Fungsi Dari Clutch Cover Assy: Pengertian & Cara Kerja

Apa Fungsi Dari Clutch Cover Assy Atau Rumah Kopling – Clutch cover assy sebagai komponen dari proses kopling pada kendaraan. Clutch cover assy ini sering dikenal dengan panggilan tutup kopling, rumah kopling, dekrup sampai matahari kopling. Lalu apa fungsi dari clutch cover assy atau rumah kopling?

Clutch cover assy seperti piringan yang pada bagian dalamnya terdiri dari pegas penekan dan sebuah plat dengan permukaan rata yang dibikin dari besi tuang. Clutch cover assy ini digunakan sebagai tutup kampas kopling (clutch disc) yang dipasang langsung pada flywheel dengan ikatan baut disekelilingnya.

Plat dengan permukaan rata pada Clutch cover assy ini akan berjumpa langsung dengan kampas kopling sampai kampas kopling akan terjepit di antara Clutch cover assy dan flywheel. Untuk lebih jelasnya terkait apa fungsi dari clutch cover assy, pengertian, cara kerja, dan jenis jenisnya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

apa fungsi dari clutch cover assy

Apa Fungsi Dari Clutch Cover Assy

Terkait apa fungsi dari Clutch cover assy adalah menjepit kampas kopling. Disamping itu terkait apa fungsi lain dari clutch cover assy adalah untuk melepaskan capitannya pada flywheel untuk melepas kampas kopling berdasarkan penekanan yang diberikan pada pedal kopling. Akibatnya tenaga putar yang berasal dari mesin dapat disambungkan dan diputuskan dengan transmisi.

Clutch cover assy ini terletak menempel atau dibaut dengan fly wheel atau roda penerus memiliki imbas pada putaran mesin. Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan atau putuskan putaran mesin.

Bila pedal kopling diberi penekanan, karenanya plat penekan pada tutup kopling akan melepas capitannya dari clutch disk. Akibat dari hal tersebut terjadi pemutusan hubungan antara kopling dan input transmisi dengan putaran mesin.

Baca Juga  Ladder Frame Adalah: Pengertian, Kelebihan, & Kekurangan

Sebaliknya, bila penekanan pedal kopling dilepaskan karenanya clutch disk akan dijepit oleh plat pada tutup kopling sampai tenaga mesin dapat diteruskan ke clutch disk dan input shaft transmisi. Dengan hal ini bagian kampas kopling akan ikut berputar begitu juga bagian transmisi.

Pengertian Clutch cover assy

Setelah mengetahui apa fungsi dari clutch cover assy maka perlu diketahui pula pengertiannya. Pengertian clutch cover assy atau tutup kopling adalah sebagai rumah dari beberapa komponen yang penting untuk satu kendaraan. Mulai dari pegas diafragma, sampai pelat penekan dapat ditemukan dalam tutup kopling. Komponen ini membantu kendaraan supaya berjalan dengan baik.

Tutup kopling ada pada kopling, tepatnya menyelimuti kampas kopling. Komponen ini terhubung langsung dengan flywheel. Skema ini membuat tutup kopling turut berputar saat flywheel atau roda gila berputar.

Cara Kerja Clutch cover assy

Setelah mengulas apa fungsi dari clutch cover assy dan pengertiannya maka perlu dipahami pula cara kerjanya. Komponen ini bekerja sesuai dengan ide perubahan energi. Tutup kopling menukar energi putar jadi energi tekan, seterusnya akan dirubah lagi menjadi energi putar.

Saat pedal kopling dilepaskan (tidak ditekan), karenanya plat pada Clutch cover assy akan menjepit clucth disc. Saat ini tenaga mesin akan diteruskan ke clutch disc dan input shaft transmisi. Dan, saat pedal kopling di tekan, karenanya plat yang ada di clucth cover tidak menjepit clutch disc, menyebabkan tenaga putar dari mesin akan terputus.

cara kerja clutch cover

Jenis Tipe Clutch cover assy

Pada beberapa mobil yang banyak beredar saat ini kita dapat merasakan dua tipe Clutch cover assy yang digunakan, yaitu Clutch cover assy tipe coil spring dan Clutch cover assy tipe diaphragm spring (tipe diafragma). Berikut informasi terkait apa fungsi dari setiap jenis clutch cover assy:

Baca Juga  Governor Sentrifugal Pada Pompa Injeksi: Fungsi Dan Cara Kerja

1. Tipe Coil Spring

Clutch cover assy tipe coil spring adalah Clutch cover assy yang umumnya digunakan pada kendaraan-kendaraan heavy duty seperti truk dan bus mempunyai besar. Clutch cover assy tipe ini menggunakan pegas berbentuk coil spring yang dapat disetel ketinggiannya dan dipasang di antara tutup Clutch cover assy dengan plat penekan (pressure plate).

Keuntungan Dan Kerugian Tipe Coil Spring

Keuntungan :
  • Daya tekan pressure plate pada plat kopling makin kuat.
  • Penekanan Plat kopling dapat disetel.
Rugi :
  • Tenaga yang diperlukan untuk pencet pedal kopling makin besar.
  • Konstruksi susah sampai harga mahal.
  • Penekanan Coil Spring yang tidak rata dapat munculkan getaran

2. Tipe Diaphragm Spring

Clutch cover assy tipe diaphragm spring adalah Clutch cover assy yang umum digunakan pada kendaraan-kendaraan mudah untuk penumpang seperti mobil sedan, pick up, atau SUV. Clutch cover assy tipe diaphragm spring ini menggunakan pegas berbentuk difragma yang dipasangamelingkar di tengah-tengah bodi Clutch cover assy.

Keuntungan Dan Kerugian Clutch cover assy tipe diaphragm

Keuntungan :
  • Tenaga penekanan pedal kopling lebih mudah.
  • Daya tekan pressure plate pada plat kopling lebih rata.
  • Tenaga pegas tidak berkurang karena model sentrifugal saat kecepatan tinggi.
Rugi :
  • Lebih mudah slip jika diberi beban torque yang terlalu besar

Diatas adalah ulasan terkait apa fungsi dari clutch cover assy, pengertian, cara kerja, dan jenis jenisnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -