Cara Kerja Synchromesh Tahap 1

Fungsi Synchromesh, Cara Kerja, Dan Komponennya

Fungsi dan Cara Kerja Synchromesh – Pada transmisi manual terdapat sebuah komponen penting yaitu synchromesh. Fungsi synchromesh sangat penting pada transmisi yaitu untuk menyamai perputaran roda gigi yang bakal terkait dengan cara pengereman. Perihal ini pula yang mengakibatkan pepindahan gigi jadi lebih lembut dan tanpa hentakan.

Synchromesh ada pada tipe transmisi syncromesh yang sering dipakai sampai sekarang ini. Pemakaian komponen transmisi ini umumnya pada mobil atau kendaraan beroda 4. Saat itu beroda 2 umumnya memakai transmisi tipe constantmesh.

Ada banyak komponen atau bagian dari synchromesh. Komponen synchromesh terbagi dalam synchronizer ring, clutch hub, shifting key, dan bermacam komponen yang lain. Tiap komponen synchromesh mempunyai fungsi dan pekerjaan semasing. Bermacam komponen itu untuk mendukung synchromesh agar berperan seperti mestinya.

Cara kerja synchromesh sesungguhnya benar-benar simpel. Di saat terjadi peralihan gigi atau kecepatan karena itu tuas akan gerakkan clutch hub. Clutch hub akan mendesak shifting key yang bakal menggerakkan synchronizer ring supaya melekat pada gigi pemercepatan. Synchronizer ring akan turut berputar-putar sekalian lakukan pengereman supaya perputaran gigi pemercepatan sama dengan clutch hub. Ini yang mengakibatkan peralihan gigi lembut dan tanpa hentakan.

Ingat keutamaan synchromesh, karena itu harus dipahami bermacam hal berkenaan synchromesh. Apa fungsi synchromesh? Apa komponen synchromesh? Bagaimana cara kerja synchromesh? Semua hal itu akan diulas pada artikel di bawah ini.

Fungsi Synchromesh

Fungsi synchromesh adalah untuk menyamai perputaran roda gigi yang bakal terkait dengan cara pengereman. Synchromesh dibuat berbahan yang lunak umumnya kuningan dan mempunyai jalur yang berperan untuk perkuat style gesek yang muncul di saat proses peralihan gigi. Style gesek di antara synchronizer ring dan gigi pemercepatan berikut yang digunakan untuk menyamai perputaran supaya clutch hub gampang masuk.

Komponen Synchromesh

Synchromesh terbagi dalam beberapa komponen yang mempunyai pekerjaan dan fungsi semasing. Agar semakin terangnya berikut sebagai komponen synchromesh.

Komponen Synchromesh

1. Synchronizer Ring

Synchronizer ring sebagai salah satunya komponen synchromesh yang mempunyai fungsi untuk menyamai perputaran di antara unit synchromesh dengan roda gigi pemercepatan dengan proses pengereman. Komponen ini berada antara clucth hub dan roda gigi pemercepatan yang berupa konis. Synchronizer ring dibuat berbahan kuningan yang mempunyai bahan lebih lunak dibanding lainnya. Karena itu synchronizer ring bisa alami keausan. Tetapi synchronizer ring bisa membesarkan style gesek untuk proses pengereman.

Baca Juga  Komponen Sistem Pengapian : 10 Komponen Dan Ulasan

2. Clutch Hub

Clutch hub sebagai salah satunya komponen synchromesh yang mempunyai fungsi untuk melanjutkan tenaga dari clutch hub sleeve atau kopling geser ke kutub output transmisi. Komponen ini langsung terkait dengan spline atau jalur gigi yang ada pada kutub output transmisi. Karena itu jika clutch hub berputar-putar karena itu kutub output transmisi ikut juga berputar-putar. Disamping itu ada jalur untuk meletekkan shifting key.

3. Clutch Hub Sleeve

Clutch hub sleeve sebagai salah satunya komponen synchromesh yang mempunyai fungsi untuk menyambungkan dan putuskan perputaran dari roda gigi pemercepatan ke clutch hub. Komponen ini berada antara jalur gigi clutch hub dan tersambung langsung dengan shift fork atau garpu pemindah. Karena itu saat dilaksanakan proses perpindahan gigi karena itu clutch hub sleeve akan tersambung dengan gigi pemercepatan untuk melanjutkan perputaran ke clutch hub dan kutub output transmisi.

4. Shifting Key

Shifting key meupakan salah satunya komponen synchromesh yang mempunyai fungsi untuk menahan berlangsungnya peralihan gigi saat sebelum perputaran di antara roda gigi kecepatan dan clutch hub sama. Komponen ini berada berada pada jalur yang ada di clutch hub. Ke-2 ujungnya terkait langsung dengan synchronizer ring. Shifting key kerap dikenali bernama tangkai pengunci.

5. Spring Key

Spring key sebagai salah satunya komponen synchromesh yang mempunyai fungsi untuk mengamankan shifting key supaya tidak terlepas dari dudukannya yang ada pada clutch hub. Ini mempunyai tujuan supaya shifting key bekerja menahan berlangsungnya pengubahan gigi saat sebelum perputaran sama-sama. Disamping itu shifting key berperan untuk mendesak synchronizer ring supaya lakukan pengereman. Spring key seperti kawat melingkar yang fleksibel.

Baca Juga  Fungsi Tie Rod : 4 Fungsi, Pengertian, Dan Cara Kerja

Cara Kerja Synchromesh

Cara kerja synchromesh sesungguhnya benar-benar simpel. Synchromesh akan bekerja menyambungkan perputaran input transmisi ke ouput transmisi saat pedal kopling diinjak penuh dan tidak ada perputaran pada kutub output. Ini akan mengakibatkan perputaran gigi pemercepatan akan melamban hingga hub sleeve akan gampang tersambung dengan gigi pemercepatan.

Cara kerja synchromesh yakni saat tuas persnelling diposisikan ke salah satunya roda gigi kecepatan yakni 1,2,3,4,5, atau R karena itu style itu akan dilanjutkan ke shift shaft dan seterusnya ke shift fork atau garpu pembebas. Kemudian akan ada tiga tingkatan kerja pada synchromesh yakni:

1. Step Pertama

Pergerakan dari garpu pembebas akan dilanjutkan ke clutch hub sleeve. Clutch hub sleeve tersambung langsung dengan shift fork. Hub sleeve akan menggerakkan sisi atas shifting key. Karena dorongan ini karena itu shifting key akan mendesak synchronizer ring supaya terkait dengan gigi pemercepatan.

Cara Kerja Synchromesh Tahap 1

2. Step Ke-2

Hub sleeve akan menggerakkan chamfer dari synchronizer ring dengan kuat. Synchronizer ring akan tergerak masuk di sisi konis gigi pemercepatan. Ini memunculkan berlangsungnya gesekan atau pengereman. Dengan demikian karena itu perputaran dari gigi pemercepatan akan sama dengan hub sleeve.

cara kerja synchromesh tahap 2

3. Step Ke-3

Karena dorongan dari shift shaft karena itu hub sleeve terus akan tergerak. Ini mengakibatkan spline atau jalur gigi pada hub sleeve akan masuk dan terkait dengan spline atau jalur pada roda gigi pemercepatan. Saat hub sleeve dan gear pecepetan sama-sama mencekram atau terkait karena itu perputaran dari kutub input transmisi akan disalurkan ke kutub output transmisi lewat gigi pemercepatan dan clutch hub.

cara kerja synchromesh tahap 3

Synchromesh cuman bisa dipakai untuk memutuskan dan menghubungan dua gear saja. Karena itu pada transmisi manual kendaraan mempunyai lebih satu unit synchromesh bergantung jumlah pemercepatan pada transmisi. Ini mempunyai tujuan transmisi bisa mengubah gear ratio secara halus hingga proses memakai kendaraan akan semakin nyaman.

Di atas sebagai ulasan berkenaan synchromesh. Ulasan dimulai dari fungsi synchromesh, komponen synchromesh, dan cara kerja synchromesh.

Join the discussion