stir bunyi gluduk

Stir Bunyi Gluduk: 6 Penyebab Dan Ulasannya

Stir Bunyi Gluduk – Bunyi-bunyian abnormal yang ada saat berkendaraan memang sering membikin tidak nyaman. Hal ini termasuk bunyi gluduk pada stir atau kemudi mobil. Lalu apa saja penyebab stir mobil bunyi gluduk gluduk?

Mekanisme kemudi ini banyak memiliki elemen, dimulai dari setir mobil sampai ball joint yang berada di dekat roda. Bunyi yang ada atau ditimbulkan oleh setir mobil ini biasanya akan muncul saat mobil meluncur di jalan bergelombang ataupun waktu setir mobil di belokkan.

Biasanya, bunyi yang ada berbentuk suara kletek-kletek atau klutuk-klutuk yang didengar cukup keras dari dalam kabin sopir. Nah, pada artikel berikut akan diulas permasalahan mobil berkaitan penyebab stir atau kemudi mobil bunyi gluduk gluduk. Baca informasi penyebab stir atau kemudi mobil bunyi gluduk gluduk di bawah ini.

stir bunyi gluduk

Stir Bunyi Gluduk

Ada beberapa faktor atau penyebab stir bunyi gluduk gluduk yaitu:

1. Bearing pada steering column oblak

Penyebab stir atau kemudi mobil bunyi gluduk gluduk yang pertama ialah karena elemen bearing pada steering column oblak. Bearing ini dapat ditemukan atau terpasang di bagian steering column di dalam kabin pas di bawah setir.

Mode bearingnya berbagai macam, ada yang memakai roller ball bearing dan ada juga yang memakai teflon dengan bola-bola bearing di sekitarnya. Bearing-bearing ini biasanya tidak gampang oblak, tetapi salah satunya pernah diketemukan telah oblak dan memunculkan bunyi.

Apabila bearing steering column oblak dapat menimbulkan suara atau bunyi bunyian yang semakin kuat saat melalui jalanan yang tidak rata dan bergelombang. Bunyi itu mengelarkan suara seperti “klutuk-klutuk” yang ada pas dari sisi bawah setir mobil anda.

2. Bearing steering joint oblak

Penyebab stir atau kemudi mobil bunyi gluduk gluduk yang ke-2 ialah karena bearing steering joint oblak. Apabila dilihat bearing ini hampir sama seperti universal joint dan dipasang untuk menghubungkan sisi steering column dengan intermediate shaft.

Baca Juga  Soket Kiprok Megapro : 5 Kabel Dan Fungsinya

Saat bearing steering joint ini oblak, karena itu bunyi “kletek-kletek” akan ada, khususnya saat setir mobil di belokkan arahnya baik saat belok kiri atau saat membelok kek kanan. Bearing steering joint oblak akan menimbulkan suara pada saat mobil berjalan pada jalan tidak rata dan bergelombang.

3. Intermediate steering shaft spline oblak

Penyebab stir atau kemudi mobil bunyi gluduk gluduk yang ke-3 ialah karena intermediate steering shaft spline oblak. Intermediate shaft sebagai tangkai penyambung di antara steering column dengan steering rak gear. Intermediate shaft ini bisa kita dapatkan di bagian luar kendaraan yang ke arah power steering rak.

Selainnya ada universal joint di ujungnya, pada sisi tengah intermediate shaft ini ada spline (ikatan) yang bisa bergerak mundur-maju.

Peranan spline ini biasanya untuk sesuaikan peralihan jarak di antara steering rak gear dengan steering column, entahlah karena mobil alami bentrokan atau surprise saat menghajar jalan berlubang. Disamping itu, ada spline ini dapat mempermudah teknisi saat lakukan penempatan intermediate shaft.

Bersamaan penggunaan kendaraan, spline pada intermediate shaft ini sering alami keausan dan oblak. Mengakibatkan akan ada bunyi yang tedengar sampai di dalam kabin penumpang. Hal ini dapat terjadi karena spline yang oblak. Pada saat mobil berjalan pada jalan bergelombang dan di saat setir di belokkan akan semakin terdengar.

4. Steering rak gear oblak

Penyebab stir atau kemudi mobil bunyi gluduk gluduk yang ke-4 ialah karena steering rak gear oblak. Steering rak gear sebagai gigi-gigi penyambung yang hendak mengganti gerak berputar-putar steering wheel jadi pergerakan menggerakkan dan menarik beberapa sisi roda mobil lewat long tie rod dan tie rod end.

Baca Juga  Pengapian Motor Kadang Ada Kadang Tidak : 7 Penyebab

Didalam ini biasanya ada sebuah pegas dan teflon yang digunakan atau berfungsi untuk menggerakkan steering rak shaft supaya tidak gampang oblak. Tetapi bersamaan penggunaan, teflon dapat alami keausan dan pegas geprekel akan melembek. Mengakibatkan akan ada bunyi pada setir mboil di bagian ini.

5. Long tie rod ball joint oblak

Penyebab stir atau kemudi mobil bunyi gluduk gluduk yang setelah itu karena long tie rod ball joint yang telah oblak. Long tie rod ball joint ini sebagai ball joint sebagai penyambung di antara steering rak shaft dengan tie rod end.

Long tie rod ball joint yang oblak sering memunculkan suara “gluduk-gluduk” yang didengar sampai ke kabin mobil dan getarannya berasa sampai ke setir mobil. Tetapi biasanya bunyi ini akan ada cuman saat mobil melalui jalan yang tidak rata atau bergelombang saja, bunyi jarang-jarang ada saat setir di belokkan.

6. Tie rod end ball joint oblak

Penyebab stir atau kemudi mobil bunyi gluduk gluduk yang paling akhir ialah karena tie rod end oblak TIe rod end ball joint sebagai penyambung di antara long tie rod dengan knuckle (tempat roda terpasang). Tie rod end ball joint yang oblak ini sering memunculkan bunyi dan getaran yang kadang dapat berasa sampai ke setir.

Bunyi yang ada karena tie rod end ball joint oblak ini serupa dengan bunyi karena long tie rod, tetapi biasanya bunyi yang dirasa kedengar lebih ke luar dibanding bunyi dari long tie rod yang oblak.

Diatas merupakan salah satu penyebab stir atau kemudi bunyi gluduk gluduk. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion