Planetary Gear Unit: Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

Planetary Gear Unit – Beberapa pengendara mobil matic tentu dekat dengan komponen dari transmisi automatis, sebutlah saja planetary gear unit. Lantas apa fungsi planetary gear unit? Apa komponen nya? Dan bagaimana cara kerja nya?

Planetary gear ini terbagi dalam beberapa komponen berbentuk gear yang diatur sebegitu rupa hingga seperti formasi planet pada mekanisme tata surya. Masing-masing gear ini bisa bekerja secara gabungan hingga bisa mengasilkan peralihan perbedaan gigi, peristiwa, dan kecepatan.

Pada artikel berikut akan dibahas selengkapnya berkaitan planetary gear unit baik fungsi, komponen, atau cara kerja.

planetary gear unit

Planetary Gear Unit?

Planetary gear unit digunakan untuk menaikan dan turunkan peristiwa mesin, menaikan dan turunkan kecepatan kendaraan, dipakai untuk mengundurkan kendaraan dan digunakan untuk bekerja maju. Pada intinya bagian ini digunakan mesin untuk hasilkan tenaga dan menggerakan kendaraan dengan beban yang berat dengan tenaga yang enteng.

Planetary gear adalah mekanisme roda gigi yang terbagi dalam gigi luar dan gigi pusat. Mekanisme sepintas seperti tata surya. Karena terpasang seperti planet yang mengelilingi matahari sesuai lajurnya. Dari putaran itu, dapat hasilkan peristiwa turun-naiknya kecepatan sebuah kendaraan.

Fungsi Planetary Gear Unit

Fungsi planetary gear unit satu diantaranya yaitu untuk menaik turunkan kecepatan mesin kendaraan. Komponen berikut yang dapat gerakkan mesin yang punyai berat beban seperti mobil, dengan keluarkan tenaga yang enteng.

Lebih luas, fungsi planetary gear ini dapat membuat kendaraan maju, mundur atau apa saja yang dapat gerakkan kendaraan.

Komponen Planetary Gear Unit

Di dalam Planetary Gear Unit ada banyak komponen atau bagian yang mempunyai fungsi penting yakni:

planetary gear unit

1. Sun Gear

Sun gear sebagai komponen planetary gear yang tempatnya berada ditengahnya (pusat) formasi gear unit. Semua gear pada planetary gear ini akan terpusat pada sun gear.

Sun gear biasanya direncanakan memakai mode spur gear atau helical gear. Disamping itu, jumlah gigi pada sun gear biasanya mempunyai jumlah gigi yang semakin sedikit dibandingkan dalam jumlah gigi pada gear unit yang lain. Untuk link dan putaran, gigi-gigi pada sun gear selalu bertautan dengan gigi-gigi pada Planetary pinion gear.

Baca Juga  Keuntungan Dan Kerugian Kopling Tipe Coil Dan Diafragma Spring

2. Planetary Pinion Gear

Planetary Pinion Gear sebagai komponen planetary gear yang tempatnya terpasang mengelilingi/melingkari kutub tengah sun gear dan dilingkari oleh annulus atau ring gear.

Komponen ini sebagai gear kecil yang diatur melingkari sun gear dan dilingkari oleh ring gear dalam sebuah rangka namanya planetary carrier. Planetary carrier ini biasanya dibuat berbahan besi kombinasi yang pada masing-masing ujungnya ada sebuah shaft sebagai kutub tempat planetary pinion gear berputar-putar.

Jumlah planetary pinion gear yang terpasang dalam rangka planetary carrier ini biasanya sejumlah 3 biji, dan untuk kendaraan berat sejumlah 5 biji.

3. Ring Gear / Annulus Gear

Ring Gear / Annulus Gear sebagai komponen planetary gear yang tempatnya berada pada pelintasan paling luar dari planetary gear unit. Komponen ini bertautan dengan pinion gear dan melingkari semua pinion gear dan sun gear.

Ring gear melakukan tindakan seperti sebuah pengikat yang meredam keseluruhnya gear set dan memberi kemampuan yang besar pada unit. Karena ring gear ditempatkan pada jarak paling jauh dari kutub pusat, karena itu dia berperan sebagai tuas paling besar pada kutub pusat.

Dari semua gear yang ada di planetary gear set ini, ring gear mempunyai jumlah gigi paling banyak dibandingkan dengan sun gear dan pinion gear.

Walau komponen planetary gear ini pada umumnya cuman terdiri dari 3 komponen gear saja, tetapi pada transmisi-transmisi automatis yang sudah diperkembangkan, pemberian nama gear, jumlah gear, dan wujud planetary gear set ini bisa jadi berlainan, bergantung dari konstruksi dan jumlah perbedaan gigi yang diperlukan.

Cara Kerja Planetary Gear Unit

Adapun cara kerja pada planetary gear unit untuk memvariasi kecepatan dan torsi diantaranya :

Baca Juga  Fungsi Bendik Starter: Peran, Cara Kerja, Dan Perbaikan

1. Pelambatan atau deselerasi

Status:

  • Power input adalah ring gear
  • Power output adalah planetary carrier
  • Stasionary adalah sun gear

Saat sun gear ditahan atau stasioner dan ring gear diputar karena itu planetary gear yang berputar-putar. Pada sekarang ini perputaran di antara ring gear dan planetary gear jadi sama arah dan kutub output akan kurangi kecepatannya (pelambatan) supaya sebanding dengan perputaran kutub input cukup dengan perputaran planetary gear.

2. Percepatan atau akselerasi

Status:

  • Power input adalah planetary carrier
  • Power output adalah ring gear
  • Stasionary adalah sun gear

Saat sun gear ditahan dan planetary carrier diputar karena itu planetary gear akan berputar-putar mengeliling. Pada sekarang ini perputaran di antara ring gear dan planetary gear jadi sama arah dan akan mengakibatkan perputaran kutub output jadi lebih cepat.

3. Direct coupling

Status:

  • Power input adalah sun gear, ring gear
  • Power output adalah planetary carrier

Ring gear dan sun gear tersambung selanjutnya ke-2 nya berputar-putar bersama hingga planetary gear akan turut berputar-putar dengan arah yang serupa dan kecepatan pemutaran di antara ring gear dengan planetary carrier sama.

4. Mundur atau reverse rotation

Status:

  • Power input adalah sun gear
  • Power output adalah ring gear
  • Stasionary adalah planetary carrier

Saat planetary carrier ditahan dan sun gear diputar karena itu ring gear akan berputar-putar dengan arak yang berkebalikkan dengan arah perputaran sun gear. Pada sekarang ini sun gear berperan sebagai input dan ring gear sebagai output. Karena perbedaan ratio roda gigi di antara ring gear dengan sun gear semakin besar ring gearnya karena itu kecepatan pemutaran akan direduksi atau diperlambat (ring gear berputar-putar lebih lamban daripada sun gear).

Di atas adalah pembahasan komplet berkaitan planetary gear unit baik fungsi, komponen, atau cara kerja. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.