Cara Membuat CDI AC Unlimiter: 5 Proses & Rangkaian

Cara Membuat CDI AC Unlimiter – CDI yang dipakai pada kendaraan umumnya sebagai CDI limiter yang terbatasi kinerja untuk mesinnya. Tetapi jika inginkan ada banyak cara untuk membuat CDI AC unlimiter. Lantas bagaimana cara membuat CDI AC unlimiter?

Untuk pahaminya, CDI yang hendak saya bahas ini sebagai type CDI AC non limiter yang mana membutuhkan suplai arus AC dari alternator sepeda motor. Rangkaiannya cukuplah sederhana, hanya karena memakai rangkaian dasar, tanpa rangkaian limiter.

Untuk memperjelasnya berkaitan cara membuat CDI AC Unlimiter pada kendaraan akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

Cara Membuat CDI AC Unlimiter

Terdapat beberapa cara atau langkah yang harus dilakukan ketika membuat CDI AC unlimiter atau non limiter yaitu:

1. Rangkaian CDI AC Unlimiter

Saat sebelum proses atau cara membuat CDI AC unlimiter silakan ketahui lebih dulu gambar rangkaian CDI AC unlimiter yakni:

cara membuat cdi ac unlimiter

2. Prinsip Kerja CDI AC Unlimiter

CDI ini dapat dipakai dalam hampir semua tipe sepeda motor yang penuhi beberapa persyaratan. Salah satunya adalah persyaratan yang paling penting yakni mempunyai alternator AC dan mempunyai pick up coil atau pulser. Piranti ini bekerja dengan memakai 3 tipe part dasar, yakni dioda rectifier, dioda SCR dan tentu saja kapasitor sebagai komponen khusus.

Cara kerjanya adalah terbagi dalam 2 transisi yakni transisi pengisian (charge) dan transisi pengurasan (discharge). Di mana transisi pengisian kapasitor terjadi saat tidak ada sinyal dari pulser atau pick up coil, dan transisi discharge terjadi saat dioda SCR terima sinyal dari pulser dan tutup rangkaian.

Baca Juga  Merk Klakson Mobil Terbaik: 9 Jenis Dan Harganya

Sama dengan namanya, Capacitor Discharge Ignition benar-benar bergantung pada kualitas dan kemampuan kapasitor yang dipakai. Maknanya, makin besar nilai kapasitor karena itu semestinya makin baik performnya.

3. Komponen CDI AC Unlimiter

Ada banyak komponen yang penting disiapkan saat sebelum membuat CDI AC unlimiter dilaksanakan. Komponen itu terbagi dalam:

  • Dioda SCR 2P4M merupakan salah bagian yang digunakan sebagai dioda SCR (Silicon Controlled Rectifier) yang umum dipakai untuk membuat CDI rakitan.
  • Kapasitor Non Polar ini adalah komponen khusus CDI sama sesuai namanya, Capacitor Discharge Ignition. Nilai kapasitansi yang dipakai untuk membuat CDI adalah sekitar di antara 0,47 – 1 uF dengan voltase 250v keatas. Ingat suplai dari alternator motor lumayan tinggi, karena itu tentu saja membutuhkan kapasitor bertegangan tinggi juga. Tipe kapasitor yang dapat dipakai adalah kapasitor mika, kapasitor mylar, dan kapasitor tantalum.
  • Dioda Rectifier atau dioda penyearah yang kita pakai di sini adalah dioda tengangan tinggi dengan seri 1N4007. Dioda ini dapat didapat dengan benar-benar gampang bahkan juga kita dapat mengambilnya.
  • Resistor dan Elko ini karakternya opsional, untuk memfiltrasi arus yang tiba dari pick up coil. Dengan memakai kombinasi resistor dan elko, karena itu arus yang tiba dari pulser diletakkan beberapa waktu dan dilepaskan sekalian saat capai ‘peak’. Resistor yang dipakai di sini mempunyai kemampuan 10 Kilo ohm, dipakai sekitar 2 biji. Harga lebih kurang 100-500 rupiah per buah. Elko yang kita pakai di sini mempunyai kemampuan 10uF dengan voltase 25V keatas.
Baca Juga  Cara Mengetahui Kompresor AC Rusak : 7 Ciri, Penyebab, & Perbaikan

4. Proses Perangkaian

Untuk memudahkan pada proses perakitan sama sesuai gambar rangkaian di atas karena itu bisa memakai PCB lubang. Dalam perangkaiannya kelak tingga hitung jumlah dot yang berada di PCB. Tetapi pasti hasilnya kurang rapi.

Jika inginkan hasil lebih rapi bisa memakai PCB print dengan proses yang lebih panjang. Tetapi jika inginkan tambah murah bisa pesan ke toko electronic paling dekat. Tinggal memberi saluran rangkaian di atas.

5. Proses Eksperimen

Sesudah rangkaian sukses dicoba, karena itu tinggal proses eksperimen. Terlepas CDI AC yang lama selanjutnya sambungkan kabel seperti yang tercantum pada rangkaian di atas ke masing-masing komponen motor. Selanjutnya hidupkan motor dan coba kinerja mesin adakah ketidaksamaan atau mungkin tidak.

Di atas adalah pembahasan berkaitan cara membuat CDI AC unlimiter. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -