Komponen Sistem Kemudi Rack And Pinion Dan Fungsinya

Komponen Sistem Kemudi Rack And Pinion Dan Fungsinya – Sistem kemudi rack and pinion menjadi satu diantara bagian dari tipe sistem kemudi mobil. Hal ini merupakan perkembangan dari teknologi sebelumnya. Lalu apa saja komponen sistem kemudi rack and pinion dan fungsinya?

Komponen sistem kemudi berdasar tipe steering gear atau roda gigi kemudi dibagi menjadi beberapa jenis seperti type recirculating ball, worm and sector, rack and pinion.Bagian sistem kemudi dimulai dari steering wheel, steering coulomb, steering gear sampai dengan bagian steering linkage atau ikatan lengan kemudi yang menyambungkan ke roda depan.

Oleh karena itu, pada sistem rack and pinion juga terdapat beberapa bagian yang memiliki peran atau fungsi yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya terkait komponen sistem kemudi rack and pinion dan fungsinya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

komponen sistem kemudi rack and pinion dan fungsinya

Komponen Sistem Kemudi Rack And Pinion Dan Fungsinya

Apabila dijabarkan, sistem kemudi rack and pinion tersusun dari berbagai bagian yang saling berkaitan sehingga sistem kemudi dapat berfungsi. Berikut komponen rack and pinion yaitu:

  1. Oil Seal
  2. Pinion Bearing Adjusting Screw
  3. Upper Bearing
  4. Pinion Shaft
  5. Lower Bearing
  6. Bushing
  7. Rack Housing
  8. Rack
  9. Claw Washer
  10. Tie Rod
  11. Klip
  12. Lock nut
  13. Rack Guide
  14. Rack Giude Spring Cap
  15. Bagian Rack boot
  16. Clam
  17. Rack and

Berikut ulasannya fungsinya satu persatu:

Baca Juga  Feed Pump Adalah: Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

1. Roda gigi pinion

Komponen pertama dari rack and pinion adalah roda gigi. Roda gigi pinion sebagai tipe roda gigi berwujud pinion yang disambungkan dari sebuah Batang ke universal joint dan steering coulomb dan roda gigi pinion disambungkan ke arah rack. Peran bagian ini yaitu apabila roda gigi pinion berputar-putar rack akan bergerak kekiri atau ke segi kanan menggerakan roda.

2. Batang Rack

Batang rack berfungsi untuk melanjutkan gerak putar dari roda gigi pinion dan mengubah arah putar jadi pergerakan mencatatr kekanan dan ke kiri yang dilanjutkan ke arah roda-roda depan.

3. Ball Joint

Ball joint atau ikatan peluru komponen ini menyambungkan antara ikatan – ikatan pada sistem kemudi khususnya pada steering linkage atau ikatan lengan kemudi dan sebagai ikatan baja yang lentur dan kuat.

4. Rumah gigi kemudi

Rumah gigi kemudi atau rumah rack yang berfungsi untuk lokasi yang berwujud silinder dan pada bagian sebelahnya berfungsi sebagai silinder tempat untuk piston pada power steering.

5. Tie Rod

Tie rod adalah sebagai ikatan lengan kemudi yang berfungsi menyambungkan dari rack lewat ball joint dan ke arah ball joint ke arah knakel ke roda.

6. Booth Steer

Boot steer atau karet penutup debu yang berfungsi untuk tutupi pada bagian ikatan rack,ball joint hingga tidak kotor.

Baca Juga  Gejala Drive Shaft Rusak : 3 Ciri Dan Penyebabnya

7. Bagian Pendukung

Selain komponen di atas ada komponen pendukung seperti penekan dan kelengkapannya,yang berfungsi menyokong rack pada roda gigi pinion yang peranan lain sebagai penahan persinggungan di antara rack dan pinion.

Diatas adalah ulasan terkait komponen sistem kemudi rack and pinion dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.