Akibat Knalpot Mobil Bocor : 4 Faktor Dan Ulasan

akibat knalpot mobil bocor

Akibat Knalpot Mobil Bocor – Knalpot mobil merupakan bagian kendaraan yang jarang mendapatkan perhatian. Padahal kerusakan pada knalpot mobil seperti bocor akan mempengaruhi kinerja mesin. Lalu apa saja akibat knalpot mobil bocor?

Komponen proses knalpot sebenarnya akan jarang-jarang alami kerusakan. Namun knalpot mobil juga tidak mungkin mengalami berbagai kerusakan seperti kropos dan lain sebagainya.

Bocornya knalpot mobil itu biasanya karena ada bolongan atau retak pada pipa-pipa knalpot. Hal itu bisa terjadi akibat faktor usia atau karena pernah terbentur dengan aspal jalanan.

Berjalannya kebocoran pada proses knalpot, tentu tidak boleh diacuhkan begitu saja. Permasalahannya bocornya proses knalpot pada mobil akan punya pengaruh pada perform dan konsumsi bahan bakar.

Jika knalpot mobil bocor bisa memberikannya dampak yang buruk untuk mobil atau untuk pengguna mobil itu, lantas apa dampak yang bisa disebabkan oleh knalpot mobil bocor? Berikut 4 akibat knalpot mobil bocor.

akibat knalpot mobil bocor

Akibat Knalpot Mobil Bocor

Ada banyak dampak atau akibat apabila knalpot mobil bocor yakni:

1. Suara knalpot berlainan

Akibat knalpot mobil bocor yang paling terasa adalah berpindahnya suara knalpot mobil. Satu diantaranya peran khusus dari knalpot mobil sebagai peredam suara ledakan yang terjadi dalam mesin.

Karena ada knalpot, karenanya frekuensi suara ledakan yang terjadi akan diredam oleh knalpot sampai volume suara ledakan dari dalam mesin akan terdengar lebih kecil dan halus.

Baca Juga  Penyebab Magnetic Clutch Tidak Berputar: 7 Faktor & Dampak

Maka knalpot mobil bocor suara knalpot akan terdengar lebih kasar dan lebih berisik dari biasanya. Hal itu bisa muncul akibat ada frekuesni gelombang suara ledakan yang lewat lubang kebocoran.

2. Tenaga mesin berkurang

Dampak knalpot mobil bocor yang dapat terjadi pada kendaraan adalah tenaga mesin akan berkurang. Ini sejalan dengan musnahnya dampak back pressure yang seharusnya dibikin saat kondisi knalpot mobil normal.

Back pressure dibutuhkan pada beberapa mesin mobil normal untuk menjaga agar gabungan udara dan bahan bakar yang baru ditaruh tidak ikut terdorong keluar melalui exhaust valve saat terjadi overlapping antara valve intake dengan valve exhaust.

Dengan begitu, karenanya gabungan udara bahan bakar yang cukup selalu terlindung dan bisa menghasilkan tenaga mesin yang maksimal.

Jika ada kebocoran pada knalpot bisa mengakibatkan penekanan balik akan berkurang atau bahkan musnah sampai tidak ada penekanan balik yang dapat meredam gabungan bahan bakar udara baru keluar. Menyebabkan gabungan bahan bakar jadi tidak baik sampai menyebabkan tenaga mesin jadi berkurang.

Kombinasi udara dan bahan bakar yang maju ke exhaust maifold bisa memunculkan berlangsungnya self ignition bahkan sampai kedengar ledakan yang dari header knalpot.

3. Konsumsi bahan bakar jadi boros

Borosnya konsumsi bahan bakar akan dirasakan akibat knalpot mobil bocor. Ini sejalan dengan menyusutnya tenaga mesin sampai memberikannya dampak ke pengemudi untuk tambahkan tenaga dengan menambah pijakan pada pedal gas. Tujuannya adalah agar mesin bisa berakselerasi seperti kemauan pengemudi.

Baca Juga  Penyebab Setir Mobil Lari Ke Kiri dan Kanan: 5 Faktor & Cara

Tapi begitu, bertambahnya pijakan pada pedal gas yang kerap sudah pasti akan punya pengaruh pada peningkatan konsumsi bahan bakar. Menyebabkan, bahan bakar bisa menjadi lebih boros dibanding jika knalpot mobil tidak bocor

4. Munculkan gas beracun yang berefek untuk kesehatan

Akibat knalpot mobil bocor yang terakhir yakni timbulnya gas beracun yang berefek untuk kesehatan khususnya untuk pengguna mobil itu.

Gas buang sisa pembakaran akan menghasilkan gas berupa carbon monoksida (co), carbon dioksida (co2), Hidrocarbon (hc), dan lain-lain yang paling berefek untuk kesehatan manusia. Karena ada knalpot, gas itu akan disaring terlebih dahulu melalui catalytic converter sampai emisinya dapat berkurang.

Jika knalpot bocor, karenanya gas buang dari knalpot mobil yang bocor dapat masuk ke kabin. Pertanda pusing, mata perih,sampai mual-mual bisa saja terjadi saat penumpang menghisap gas beracun itu. Bahkan pada beberapa kasus, gas beracun ini dapat munculkan kematian untuk orang yang kelamaan menyedotnya.

Oleh karena itu, kondisi knalpot mobil bocor jangan dispelekan. Seharusnya kebocoran itu segera diperbaiki untuk menghindari kerugian-kerugian yang seharusnya bisa diakui terlebih dahulu.

Begitu artikel berkenaan 4 akibat atau dampak knalpot mobil bocor yang bisa beri, semoga bisa bermanfaat. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.