gejala knock sensor rusak

Gejala Knock Sensor Rusak : 5 Tanda & Cara Memperbaiki

Gejala Knock Sensor Rusak – Sensor pada kendaraan terkadan dapat mengalami kerusakan termasuk knock sensor. Akibatnya akan muncul berbagai gejala atau tanda malfungsi pada mesin. Lantas apa gejala knock sensor rusak?

Ledakan mesin atau detonasi mesin terjadi sejauh proses pembakaran internal jika bensin dalam silinder terbakar dan menukar waktu pengapian. Ledakan ini kadang disebutkan sebagai ketukan mesin atau knocking engine.

Ada sensor ketukan atau knock sensor yang akan ketahui getaran ini. Sinyal tegangan akan dikirimkan oleh sensor ke modul kontrol powertrain atau ECU. Disitu, modul akan menukar waktu pengapian dan meredam berjalannya ketukan mesin atau detonasi.

Ini akan membantu meredam kerusakan pada mesin saat lewat proses pra-penyalaan. Jika sensor ketukan Anda rusak, akan ada banyak gejala riel yang ada. Berikut ulasan terkait gejala knock sensor rusak pada kendaraan.

gejala knock sensor rusak

Gejala Knock Sensor Rusak

Ada banyak gejala atau tanda jika knock sensor alami kerusakan yakni:

1. Lampu Check Engine berpijar

Satu diantaranya gejala pertama kalinya jika knock sensor rusak yang peluang Anda saksikan adalah lampu check engine berpijar di dashboard Anda. Anda harus melihat tanda peringatan awalnya ini dengan serius dan menginspeksi kendaraan Anda sebelum masalahnya menjadi lebih buruk.

Sudah tentu, ada banyak argument mengapa lampu “check engine” dapat berpijar dan sensor ketukan yang buruk adalah salah satunya. Apa argument-nya, Anda janganlah ambil kesempatan untuk mengabaikannya kelamaan atau itu bisa punya pengaruh buruk pada mesin Anda.

2. Suara Keras dari dalam Mesin

Gejala knock sensor rusak yang kedua yaitu terdengar suara keras yang dari mesin yang hampir seperti suara dentuman. Lama-lama Anda hidupkan mesin tanpa memperbaiki persoalan ini, semakin keras beberapa suara itu akan terdengar.

Baca Juga  Penyebab Air Radiator Meluap : 5 Faktor Dan Ulasannya

Argument suara keras ini terjadi adalah karena pengapian udara dan gabungan bahan bakar dalam silinder. Biasanya, gabungan akan raih titik pembakaran sempurna on time. Karenanya, suara seperti ini seharusnya beri motivasi Anda untuk sesegera membawa kendaraan Anda ke mekanik.

3. Boros Bahan Bakar

Jika Anda saksikan bila Anda mendapat jarak tempuh mobil makin berkurang per liter dibandingkan biasanya. Hal ini dapat menjadi gejala knock sensor rusak. 1x kembali, ada banyak argument mengapa Anda peluang mendapat jarak tempuh bahan bakar yang buruk.

Tetapi jika Anda melihat satu diantara beberapa gejala lain ini dalam jalinan dalam jarak tempuh bahan bakar yang buruk, karena itu makin banyak argument untuk percaya itu karena sensor ketukan yang buruk.

4. Akselerasi Buruk

Saat Anda capai pedal gas untuk mempercepat kendaraan Anda dan tidak mempercepat dengan cepat, karenanya sensor ketukan yang buruk peluang meredam akselerasi agar tidak efektif. Anda dapat yakin akan ini jika Anda sudah alami tiga gejala awalannya. Hal ini dapat menjadi salah satu tanda knock sensor rusak.

5. Perform Mesin Buruk

Gejala paling akhir dari knock sensor rusak bisa terjadi saat komponen mesin internal jadi rusak. Jika Anda diamkan persoalan ini semakin bertambah tanpa mengganti sensor ketukan yang salah, karenanya kendaraan Anda akan mulai semakin berat dan memarahi.

Bahkan juga bisa jadi ada bau terbakar yang dari mesin dan masuk ke kabin kendaraan Anda. Setiap penggunaan seterusnya dari kendaraan pada kondisi ini dapat mengakibatkan semua mesin hancur.

Baca Juga  Cara Mengecas Aki : 8 Cara Dan Ulasannya

Cara Menangani Knock Sensor Rusak

Jika sudah ketahui gejala knock sensor rusak karena itu harus dipahami juga cara menangani knock sensor rusak. Ada banyak cara yang bisa dilaksanakan jika knock sensor rusak. Cara menangani knock sensor rusak yakni:

1. Cek ‘Check Engine Lamp’

Lampu tanda kerusakan atau check engine lamp adalah salah satu cara mengatasi knock sensor rusak dengan memanfaatkan teknologi komputerisasi pada mesin. Anda dapat merasakannya di panel dashboard. Bila check engine lamp berpijar – peluang kuning atau merah – itu mempunyai makna menyaratkan persoalan pada mesin Andaa.

Dalam permasalahan ini, komputer (ECU) dapat ketahui suara lainnya dalam mesin, dan saat tidak ada sinyal seperti biasanya dari Knock Sensor, komputer akan mendapat informasi dan akan melihat peluang ada persoalan dengan knock sensor. Seterusnya check engine lamp akan berpijar. Namun perlu diperhatikan lampu menyala apakah berasal dari kerusaka knock sensor atau bukan. Oleh karena itu perlu pemeriksaan lebih lanjut terkait penyebab kerusakan yang terjadi.

2. Pergantian Sensor

Cara mengatasi knock sensor rusak yang kedua yaitu dengan penggantian sensor. Apabila knock sensor rusak maka tenaga yang dihasilkan mesin akan menurun akibat knocking. Kehilangan tenaga jadi riskan untuk sebagian orang yang menyukai dengan performa sebuah mesin. Setelah pemeriksaan dan pemastian kerusakan terjadi pada knock sensor. Selain itu terjadi penurunan tenaga mesin yang signifikan maka perlu dilakukan penggantian sensor.

Di atas ialah pembahasan berkaitan gejala knock sensor rusak dan cara menangani kerusakan knock sensor. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Join the discussion