Komponen Rem Parkir Mobil: 5 Bagian Dan Cara Kerja

Komponen Rem Parkir Pada Mobil Dan Cara Kerja – Rem parkir adalah salah satu sistem yang sangat penting pada mobil yang berfungsi untuk menjaga mobil agar tidak bergerak saat diparkir. Sistem rem parkir biasanya terdiri dari beberapa komponen, termasuk kabel rem, tuas rem, kumparan rem, sistem pegas, dan dalam beberapa mobil modern, cakram rem parkir.

Ketika rem parkir diaktifkan, sistem ini akan membuat roda belakang terkunci sehingga mobil tidak akan bergerak. Komponen-komponen pada sistem rem parkir ini perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan keamanan mobil ketika diparkir dan menghindari kerusakan pada sistem rem secara keseluruhan.

Jika sistem rem parkir tidak berfungsi dengan baik, maka mobil dapat bergerak atau tergelincir saat diparkir, yang dapat mengakibatkan kecelakaan atau kerusakan pada mobil. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi sistem rem parkir dan melakukan perawatan secara rutin agar komponen sistem ini selalu dalam kondisi yang baik dan dapat bekerja dengan optimal.

komponen rem parkir

Komponen Rem Parkir Pada Mobil

Komponen rem parkir pada mobil terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

1. Kabel rem parkir

Kabel rem parkir merupakan salah satu komponen yang penting untuk memastikan rem parkir bekerja dengan baik. Bagian kabel ini menghubungkan tuas rem parkir pada kabin mobil dengan kumparan pada roda belakang, sehingga ketika tuas ditarik, kabel akan menarik kumparan pada roda belakang dan membuat roda terkunci. Kabel rem parkir perlu diperiksa secara berkala agar tetap dalam kondisi baik dan tidak putus atau aus.

2. Tuas rem parkir

Tuas rem parkir adalah bagian yang biasanya terletak di sebelah kiri pengemudi pada kabin mobil. Komponen ini berfungsi untuk mengaktifkan rem parkir, dan ketika ditarik, akan menarik kabel rem parkir, sehingga kumparan pada roda belakang menarik dan mengunci roda. Tuas rem parkir perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan tidak aus atau rusak.

Baca Juga  Fungsi Lower Arm Pada Kendaraan: Peran Dan Ulasan

3. Kumparan rem parkir

Kumparan rem parkir adalah bagian yang terletak di roda belakang dan berfungsi untuk menarik kabel rem parkir ketika tuas ditarik. Bagian ini biasanya terdiri dari satu atau dua kumparan yang akan menarik kabel rem parkir ketika ditarik. Kumparan rem parkir juga perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan tidak aus atau rusak.

4. Sistem pegas

Sistem pegas pada rem parkir berfungsi untuk mengembalikan tuas rem parkir ke posisi semula setelah ditarik. Pegas juga membantu menjaga tuas tetap di tempatnya ketika tidak digunakan. Sistem pegas perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan pegas tidak lemah atau aus.

5. Cakram rem

Beberapa mobil modern menggunakan cakram rem parkir di roda belakang untuk mengunci roda. Cakram rem parkir diaktifkan melalui tombol yang terletak di kabin mobil. Cakram rem parkir ini biasanya lebih mudah digunakan daripada rem parkir konvensional, karena tidak memerlukan kabel dan tuas. Namun, cakram rem parkir ini memerlukan perawatan yang sama seperti sistem rem pada umumnya.

Secara keseluruhan, komponen rem parkir pada mobil perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisinya baik dan bekerja dengan baik. Rem parkir yang baik adalah hal yang penting untuk memastikan keamanan mobil ketika diparkir.

Cara Kerja Rem Parkir

Setelah mengetahui komponen rem parkir pada mobil maka perlu dipahami juga bagaimana cara kerjanya. Cara kerja rem parkir pada mobil umumnya berbeda dengan cara kerja sistem rem pada umumnya. Sistem rem pada umumnya menggunakan tekanan hidraulik untuk menggerakkan kampas rem pada cakram atau drum rem, sedangkan rem parkir menggunakan kabel untuk menarik kampas rem pada roda belakang.

Baca Juga  Pengertian Transmisi Dan Fungsi: 4 Peran & Ulasan

Berikut ini adalah langkah-langkah cara kerja rem parkir pada mobil:

  1. Aktivasi rem parkir. Saat tuas rem parkir pada kabin mobil ditarik atau tombol cakram rem parkir pada mobil modern ditekan, maka kabel rem parkir akan menarik kumparan rem pada roda belakang.
  2. Menarik kampas rem. Ketika kumparan rem pada roda belakang ditarik, kampas rem pada roda belakang akan menekan rotor atau drum rem, dan membuat roda belakang terkunci. Hal ini mencegah roda belakang untuk berputar dan menjaga mobil agar tetap dalam posisi yang stabil saat diparkir.
  3. Sistem pegas. Setelah tuas rem parkir dilepaskan, sistem pegas akan mengembalikan kampas rem pada roda belakang ke posisi semula, sehingga roda belakang bisa berputar kembali.
  4. Pemeriksaan. Untuk memastikan bahwa rem parkir berfungsi dengan baik, sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara berkala pada komponen-komponen rem parkir, termasuk kabel rem, tuas rem, kumparan rem, dan sistem pegas.

Dalam mobil modern, rem parkir dapat diaktifkan menggunakan tombol cakram rem parkir. Tombol ini mengaktifkan kumparan rem pada cakram belakang dan membuat roda belakang terkunci. Meskipun cara kerjanya berbeda dengan rem parkir konvensional, tetapi tujuannya sama, yaitu menjaga mobil agar tidak bergerak saat diparkir.

Diatas adalah ulasan terkait komponen pada rem parkir mobil dan bagaimana cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -