soket kiprok supra

Soket Kiprok Supra : 4 Jalur Kabel Dan Ulasannya

Soket Kiprok Supra – Ada lumayan banyak elemen di dalam motor yang harus anda kenali, karena tiap elemen yang ada masing-masing mempunyai peranan dan langkah kerjanya. Salah satunya yaitu elemen yang bernama kiprok yang didalamnya terdapat beberapa soket atau jalur kabel. Lalu bagaimana jalur atau soket kiprok pada honda supra?

Jadi salah satunya elemen kelistrikan dalam suatu motor, peranan kiprok benar-benar sangat penting untuk mengendalikan arus litrik dari aki. Dari beberapa tipe motor seperti pabrikasi motor Honda, ada beberapa macam kendaraan yang mempunyai type kiprok yang serupa. Misalnya kiprok Honda Supra mempunyai type sama dengan Honda grand, Honda Legenda dan yang lain.

Sebagai kendaraan yang diproduksi pada tahun 90-an, Honda grand dan semacamnya. Tentunya ada banyak part yang tidak diproduksi kembali, sekalinya ada yang orisinal tentu harga lumayan mahal. Tetapi yang umum terjadi kerusakan pada elemen kiprok adalah di bagian kabel yang putus atau telah ringkih yang mana harus ditukar dengan kabel yang baru.

Apabila hal tersebut terjadi perlu kemampuan khusus, karena tiap warna pada kabel kiprok mempunyai perannya semasing. Mulai Soket ke spul atau Soket ke accu motor, karena itu dalam penempatan Soket kabel kiprok Supra harus betul supaya tidak ada konsleting yang mengakibatkan kiprok mati. Untuk lebih jelasnya terkait soket kiprok supra akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

soket kiprok supra

Peranan dan Soket Kabel Kiprok Supra

Di dalam sebuah kiprok motor ada elemen di dalamnya seperti Dioda, Resitor, IC, Transitor dan elemen electronic yang lain. Jadi penyambung dengan spul dan penyearah arus listrik, bila ada kerusakan pada elemen ini motor akan berhenti. Bila ini terjadi pada motor anda, karena itu check lebih dulu Soket kabel kiproknya.

Baca Juga  Sensor Parkir Bunyi Terus : 7 Penyebab & Cara Memperbaiki

Apa Itu Kiprok Motor

Di atas telah sedikit kami berikan apakah itu kiprok motor dan perannya, tetapi bila belum memahami dengan jelas maka diterangkan kembali. Kiprok motor adalah elemen kelistikan yang ada pada suatu motor, Kiprok mempunyai beberapa elemen dan masing-masing mempunyai peranan berlainan.

Salah satunya elemen dari kiprok adalah dioda yang merupakan elemen electronica terdiri dari 2 kutub yang berperan menyearahkan arus kelistrikan. Elemen itu terdiri dan dua semikonduktor yang dipadukan dan masing masing dikasih bahan tambahan yang lain dan tambahan material konduktor untuk alirkan arus listrik.

Peranan Kiprok Motor

Lantas apa sang peranan dari kiprok motor? Kemungkinan pertanyaan semacam ini kerap di katakan oleh banyak orang. Awalnya juga kami berikan ke anda semua. Bila peranan kiprok adalah sebagai pemisah tegangan pengisian dari elemen spull, hingga arus listrik yang akan keluar masih konstan dan biasanya bertegangan 12 V.

Disamping itu kiprok motor mempunyai peranan sebagai penyearah arus listrik, hingga arus listrik yang dari spull sebagai arus bolak balik (AC). Sedang untuk arus yang diperlukan pada suatu motor adalah DC (Direct Current), nach berikut kiprok mulai bekeja yang mana menyearahkan arus listrik dari spull.

Soket Kabel Kiprok Honda Supra

Dalam unit kiprok honda Supra ada beberapa komponen elektronika. Setiap komponen memiliki peran yang penting yatu sebagai penyambung dengan spul dan penyearah arus listrik karenanya bila terjadi kerusakan pada kiprok dapat menyebabkan motor macet. Bila ini muncul karena itu perlu pengetesan pada soket kiprok.

Tapi sebelum proses penyempurnaan perlu mengenali terkait Soket atau soket kiprok. Ini karena pada setiap type motor memiliki Soket kabel yang unik. Untuk mempermudah karenanya bisa selekasnya membuka manual repair book yang mana setiap Soket dibedakan dengan kode warna.

Baca Juga  Cara Mengatasi Motor Matic Cepat Panas : 7 Cara & Ulasannya

Disamping itu pada marketing sparepart, soket satu set dengan kiproknya sampai jarang ditemukan yang ditawarkan terpisah dengan kiprok terhitung pada honda Supra. Karenanya perlu diakali bila kiprok pada honda Supra bisa bekerja dengan baik sementara yang remuk hanya pada kabel atau Soketnya saja. Supaya makin jelasnya terkait peran atau Soket setiap kabel kiprok pada honda Supra yaitu

1. Kabel Warna Merah

Kabel warna merah sebagai Soket kabel positif dari aki dan umumnya melalui fuse atau sekring 10 amper dan seterusnya masuk di kiprok. Sedang untuk perannya sendiri menyalurkan arus listrik pengisian dari spull dan diganti tegangannya dan diteruskan ke aki oleh kiprok.

2. Kabel Warna Hijau

Sedang untuk kabel Soket warna hijau biasanya dari motor Honda adalah periode atau ground (Negative) dalam kata lain kabel warna hijau tidak menyalurkan arus listrik. Jika dilihat dan ketahuan menyalurkan arus listrik, bermakna terjadi konsleting.

3. Kabel Warna Kuning

Biasanya Soket kabel yang dari spull mempunyai warna kuning. Kabel ini untuk pencahayaan lampu khusus yang awalnya melalui kiprok dan langsung ke sakelar lampu. Saat lampu berpijar, untuk tegangan yang masuk di lampu umumnya 12 V sampai 14 V.

4. Kabel Warna Putih

Terakhir kabel warna putih. Soket kabel ini sebagai penyalur arus pengisian dari spull yang masuk di kiprok, sedang arus pengisian yang masuk terbatasi seputar 14,5 V. Ini harus anda lihat, jika melewati angka 14,5 V, peluang yang terjadi aki akan meledak karena melewati kemampuan.

Di atas sebagai pembahasan berkaitan soket kiprok Supra dan motor dari honda lainnya. Tiap soket akan disambungkan dengan warna kabel yang berbeda supaya memudahkan proses analisis terminal pada kiprok honda Supra. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Join the discussion