Jumlah Gigi Rasio Vespa Excel: Rasio Dan Fungsi

Jumlah Dan Fungsi Gigi Rasio Vespa Excel – Pada setiap motor tentu membutuhkan rasio untuk menghasilkan tenaga sesuai dengan kebutuhan termasuk pada vespa excel. Lalu berapa jumlah gigi rasio pada vespa excel?

Tentunya gigi rasio dibutuhkan untuk menghasilkan momen atau tenaga sesuai dengan kontur jalan yang digunakan. Untuk lebih jelasnya terkait jumlah dan fungsi gigi rasio pada vespa excel akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

jumlah gigi rasio vespa excel

Apa Fungsi Gigi Rasio Pada Vespa?

Sebelum mengetahui berapa jumlah Rasio gigi pada Vespa excel maka perlu diketahui fungsinya terlebih dahulu. Fungsi dari gigi rasio pada vespa yaitu berfungsi untuk mengatur seberapa cepat roda belakang akan berputar ketika diberikan putaran dari mesin. Semakin tinggi rasio gigi, maka semakin cepat roda belakang akan berputar, namun kecepatan mesin akan lebih rendah. Sebaliknya, semakin rendah rasio gigi, maka semakin lambat roda belakang akan berputar, namun kecepatan mesin akan lebih tinggi.

Rasio gigi juga mempengaruhi torsi yang dihasilkan oleh mesin. Torsi adalah kekuatan yang dibutuhkan untuk menggerakkan sebuah benda. Semakin tinggi rasio gigi, maka torsi yang dihasilkan akan lebih rendah, namun lebih mudah untuk mencapai kecepatan tinggi. Sebaliknya, semakin rendah rasio gigi, maka torsi yang dihasilkan akan lebih tinggi, namun lebih sulit untuk mencapai kecepatan tinggi.

Rasio gigi pada Vespa dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika Anda akan mengemudikan motor di daerah yang memiliki jalan yang curam, maka Anda dapat menurunkan rasio gigi untuk meningkatkan torsi yang dihasilkan mesin. Ini akan membantu motor dalam menaiki jalan yang curam dengan mudah. Sebaliknya, jika Anda akan mengemudikan motor di daerah yang memiliki jalan yang rata dan datar, maka Anda dapat menaikkan rasio gigi untuk meningkatkan kecepatan mesin.

Baca Juga  Jenis Sumber Energi Kendaraan Ringan: 6 Macam & Ulasan

Jumlah Gigi Rasio Vespa Excel

Vespa Excel merupakan sebuah motor matic yang diproduksi oleh Piaggio, sebuah perusahaan asal Italia. Jumlah gigi pada Vespa Excel tergantung pada tipe dan model yang Anda gunakan. Beberapa tipe Vespa Excel memiliki transmisi otomatis dengan jumlah gigi yang tidak dapat diubah, sedangkan tipe lainnya memiliki transmisi manual dengan jumlah gigi yang dapat diubah.

Rasio gigi merupakan perbandingan antara jumlah putaran poros keluar (output) dengan jumlah putaran poros masuk (input). Pada Vespa Excel, rasio gigi digunakan untuk menentukan seberapa cepat roda belakang akan berputar ketika diberikan putaran dari mesin. Semakin tinggi rasio gigi, maka semakin cepat roda belakang akan berputar, namun kecepatan mesin akan lebih rendah. Sebaliknya, semakin rendah rasio gigi, maka semakin lambat roda belakang akan berputar, namun kecepatan mesin akan lebih tinggi.

Jumlah gigi pada Vespa Excel tergantung pada tipe dan model yang Anda gunakan. Beberapa tipe Vespa Excel memiliki transmisi otomatis dengan jumlah gigi yang tidak dapat diubah, sedangkan tipe lainnya memiliki transmisi manual dengan jumlah gigi yang dapat diubah. Sebagai contoh, Vespa Excel 150 memiliki transmisi otomatis dengan jumlah gigi yang tidak dapat diubah, sedangkan Vespa Excel T5 memiliki transmisi manual dengan jumlah gigi yang dapat diubah.

Jumlah gigi rasio pada vespa excel dari beberapa informasi yang dirangkum yaitu

  1. Rasio Gear Primer 21
  2. Rasio Gear Skunder 68
  3. Ring 10
Baca Juga  Rangkaian Sistem Power Window : Pengertian, Fungsi, & 13 Komponennya

Untuk informasi lebih lanjut tentang rasio gigi pada Vespa Excel, sebaiknya Anda mengacu pada panduan penggunaan yang disertakan dengan motor. Panduan tersebut akan memberikan informasi lengkap tentang cara mengubah jumlah gigi pada Vespa Excel serta kondisi yang sesuai untuk menggunakan masing-masing gigi.

Diatas adalah ulasan terkait jumlah dan fungsi gigi rasio pada vespa excel. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.