cara cek koil mobil injeksi

Cara Cek Koil Mobil Injeksi : 8 Cara Dan Ulasannya

Cara Cek Koil Mobil Injeksi – Cara cek koil mobil injeksi termudah Koil (ignition coil) pada mobil injeksi berperan untuk salurkan listrik bertegangan tinggi yang dibuat secondary coil atas perintah ECU ke arah busi untuk diubah jadi lompatan recikan bunga api.

Koil yang dapat bekerja dan berperan secara baik, akan memudahkan proses penyalaan mesin saat pertama distarter dan memberinya konsistensi perputaran mesin sepanjang mesin berputar-putar.

Tetapi demikian, ada saatnya koil mobil ini hancur dan tidak bisa berperan secara baik hingga busi tidak bisa memercikan api dalam silinder mesin hingga membuat mesin tidak bisa hidup walau mesin telah distarter berulang-kali. Lalu bagaimanakah triknya mengecek koil mobil injeksi ini ?

Nach, pada artikel akan diulas mengenai cara cek koil mobil injeksi termudah yang ombro kenali, tetapi ada baiknya kalau kita menyiapkan beberapa alat berikut ini saat sebelum mengecek koil mobil injeksi.

cara cek koil mobil injeksi

Cara Memeriksa Koil

Ada ketidaksamaan yang lumayan besar di antara mekanisme ignition coil mobil keluaran lama dan mobil keluaran terkini. Bila pada mobil lama, koil pengapian memakai distributor yang tersambung ke semua elemen.

Jadi jika distributor koil hancur, maka punya pengaruh besar pada mobil hingga isi silinder atau piston dapat terusik dan mesin tidak bisa dihidupkan.Tetapi pada mobil keluaran terbaru, mekanisme koil pengapian sudah memakai DIS atau distributorless ignition sistem.

Tiap silinder pada mobil akan dilayani oleh sebuah koil pengapian yang memiliki arti jika salah satunya koil mati tidak membuat mobil jadi mati keseluruhan. Kemungkinan cuma salah satunya sisi jadi pincang, dan lampu cek engine berpijar.

Cara cek koil mobil injeksi yang sudah mempunyai socket OBD semakin lebih gampang kembali, kerusakan pada koil akan munculkan code unik yaitu code silang.

Misalnya seperti code DTC Po3oX, di mana pertanda X sebagai panduan jika ada koil yang mati pada silinder apabila pertanda X itu berisi angka nomor 1, karena itu silinder nomor 1 yang alami masalah.

Baca Juga  Pemeriksaan Tutup Radiator : 4 Cara Dan Ulasannya

Tetapi beragam code yang ada itu tidak dapat memperlihatkan permasalahan apa yang terjadi pada koil. Permasalahan pada koil sendiri sangat bermacam, dapat dari permasalahan mekanisme pengapian atau kebocoran kompresi mesin.

Untuk ketahuinya, Anda perlu lakukan pengujian pada silinder yang memiliki masalah. Check restrictor pada kumparan khusus dan ke-2 dari segi koil.

Jika sesudah lakukan cara cek koil mobil injeksi mengarah permasalahan pada elemen mekanisme pengapian, tetapi busi dan kabelnya masih juga dalam kondisi baik. Karena itu kemungkinan permasalahan ada di injektor.

Jadi Anda dapat lakukan pengecekan pada restrictor injektor dan tegangannya, untuk mendapati letak persoalan.

Cara Cek Koil Mobil Injeksi

Mengecek keadaan mobil harus dilaksanakan secara periodik. Terhitung saat AutoFamily sedang di dalam rumah. Sisi mobil yang tentu saja harus dilihat ialah mesin. Pemakaian mesin injeksi jadi makin wajar dan AutoFamily kemungkinan menjadi satu diantara pemilik mobil dengan type ini. Tiap elemen seharusnya dilihat secara baik yang satu diantaranya sebagai koil. Bagaimana cara cek koil mobil injeksi?

Berikut ini ada banyak tingkatan untuk mengecek koil busi mobil mesin injeksi secara mudah yaitu:

1. Persiapkan Perlengkapan

Cara pertama kali yang harus dikerjakan untuk cek koil mobil injeksi ialah mempersiapkan beberapa alat. Ada banyak perlengkapan yang harus ada untuk mengecek koil busi. Diawali dari kunci cocok, kunci inggris, dan kunci soket. Ke-3 alat ini akan memberinya keringanan ke Anda dalam keseluruhnya proses pengujian. Cara ini bisa juga berperan sebagai cara mengecek busi mobil mati atau hidup.

2. Persiapkan Busi Alternatif

Jika memang Anda telah menyaksikan ada tanda-tanda busi hancur, seharusnya persiapkan penggantinya sejak awal kali . Maka jika sudah saat ditukar, Anda langsung bisa lakukan pergantian. Kalaulah tidak jadi ditukar karena keadaannya masih bagus, busi itu bisa Anda taruh untuk masa datang.

3. Meminta Kontribusi Orang Lain

Seharusnya Anda tidak boleh lakukan pengujian seorang diri ketika melakukan cara cek koil mobil injeki. Seharusnya meminta kontribusi seorang yang dapat Anda perintahkan lakukan banyak hal. Dengan tenaga 2 orang, proses pengujian tentu lebih lancar.

Baca Juga  Jenis-Jenis Pensil Gambar Teknik : 8 Macam Dan Ulasannya

4. ​​​​Parkir Mobil di Status Aman dan Membuka Kap Mobil

Tahap selanjutnya ialah memarkir mobil di status dan lokasi yang aman . Maka proses Anda mengecek koil busi lebih lancar. Lantas status mobil harus pada kondisi netral dan menarik tuas rem tangan. Saat ini waktunya buka kap mobil.

5. Bebaskan Semua Kabel Injektor

Saat ini Anda mulai mencari soket injektor yang terletak ada pada bagian mesin mobil. Apabila sudah bertemu, terlepas semua soket injektor dan relay dari induknya. Cara ini bermanfaat untuk menahan semburan bahan bakar saat sedang mengecek koil busi. Untuk Anda yang sangsi, ketahui terlebih dahulu cara bersihkan injektor mobilyang betul.

6. Melepas Koil Busi

Selanjutnya cara cek koil mobil injeksi yaitu mencari kunci nomor 10 atau nomor yang lain bergantung dari ukuran baut koil busi mobil. Selanjutnya bebaskan semua koil dari mobil, tetapi tidak terhitung dengan sisi kabelnya.

7. Pasang Busi Untuk Mengecek Koil Busi

Saat ini Anda dapat memasangkan busi yang telah disiapkan awalnya. Cara ini untuk mengecek keadaan koil busi mobil . Maka dalam langkah seterusnya, Anda dapat menyaksikan apa keadaannya masih tetap baik atau harusnya ditukar.

8. Nyalakan Mesin Mobil

Ini ialah cara paling akhir pada proses cara cek koil mobil injeksi. Anda dapat minta orang yang menolong untuk menghidupkan mesin mobil. Lantas lekatkan ujung busi mobil yang sudah terhubung dengan koil ke elemen mesin dibuat dari besi. Bila hasil penempelan itu keluarkan recikan api, karena itu keadaan koil masih bagus. Tapi kebalikannya, jika tidak memunculkan recikan, memiliki arti keadaan koil telah buruk dan harus ditukar.

Diatas adalah ulasan terkait cara cek koil mobil injeksi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Join the discussion