Apa Itu Kompresi Motor: Pengertian & Cara Mengukur

Apa Itu Kompresi Motor – Kompresi adalah pertanda yang menunjukkan jumlah penekanan yang ada dalam silinder mesin kendaraan dan ini berbeda sama dengan yang disebut rasio kompresi. Lalu apa itu kompresi?

Kompresi adalah satu diantaranya komponen yang penting untuk dipahami untuk setiap pemilik mobil. Tapi, ada beberapa pemilik mobil yang menyangka kompresi dan rasio kompresi itu sama. Walaupun sebetulnya antara kompresi dan rasio mempunyai ketidaksesuaian yang cukup memiliki arti.

Memperbandingkan kompresi dan rasio dapat dikerjakan dengan ketahui pengetahuan kedua nya terlebih dahulu. Kompresi dan rasio pada mobil mempunyai peran lainnya pada mesin. Berikut akan diulas terkait apa itu kompresi motor dan cara mengukur kompresi mesin.

apa itu kompresi motor

Apa Itu Kompresi Motor

Apa itu kompresi motor? Bila ditanyakan terkait apa itu kompresi karena itu perlu diulas terlebih dahulu. Kompresi sebagai pertanda yang menunjukkan jumlah penekanan yang ada dalam silinder mesin kendaraan. Ketika piston pada motor mulai menyemprotkan bahan bakar yang seterusnya akan ditangkap oleh api busi merupakan proses terjadinya kompresi.

Untuk menghindari kebocoran kompresi pada motor maka pengetesan tekanan kompresi harus dilakukan secara periodik. Oleh karena itu perlu diketahui terkait berbagai faktor penyebab terjadinya kesalahan pada kompresi motor.

Terjadinya proses kompresi pada silinder motor adalah ada keluasaan jarak antara liner dan seher. Kompresi juga bisa berjalannya karena ring seher yang lemah, sampai tidak dapat bekerja maksimal dalam penekanan di silinder mesin.

Baca Juga  Jenis Gambar Potongan : 9 Jenis, Pengertian, & Fungsinya

Apabila tidak ditangani dengan baik akan berpotensi menyebabkan kerusakan yang akut saat terjadi proses kompresi. Mengakibatkan karena kebocoran ini adalah perform mesin semakin turun atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekalinya.

Cara Mengukur Kompresi Motor

Setelah kenali apa itu kompresi motor karena itu harus dimengerti terkait cara mengukur kompresi motor. Pada proses pengukuran kompresi membutuhkan alat yang bernama compression gauge yang dihubungkan ke lubang besi melalui adaptor. Cara yang selanjutnya adalah pencet elektrik starter agar mesin kendaraan bisa berpijar.

Hal seterusnya yang perlu menjadi perhatian dalam mengukur kompresi mesin adalah besaran penekanan pada silinder. Anda perlu memperhatikan jarum panduan yang berada di compression gauge untuk yakinkan penekanan sama sesuai kepentingan silinder.

Penekanan silinder yang semakin akan membawa dampak bagus untuk kendaraan motor. Ini karena penekanan itu akan menghasilkan tenaga yang besar untuk mesin kendaraan. Mobil dapat bergerak dengan kecepatan tinggi bila penekanan pada silinder sebagian besar.

Komponen lainnya perlu disaksikan saat ingin memperhatikan kompresi mobil adalah karbu dan kopling. Pengetesan komponen ini perlu dikerjakan saat penekanan dalam silinder dalam jumlah yang besar. Tapi kompresi masih tetap alami kebocoran dan perform tidak maksimal.

Di atas adalah ulasan terkait apa itu kompresi motor dan cara hitungnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.