Tanda Intake Manifold Bocor : 6 Ciri Dan Ulasannya

tanda intake manifold bocor

Tanda Intake Manifold Bocor – Intake manifold yang mengalami permasalahan sebagai contoh bocor dapat menyebabkan berbagai tanda atau gejala. Berbagai tanda intak manifold bocor ini akan muncul pada mesin. Lalu bagaimana tanda intake manifold bocor?

Intake manifold mempunyai peranan penting untuk kerja mesin, minimal ada 4 peranan intake manifold untuk mesin yakni sebagai aliran udara masuk, membuat turbulensi udara, membuat kombinasi udara dan bahan bakar lebih homogen, dan untuk atur saluran dan volume udara masuk sama sesuai keperluan mesin.

Saat intake manifold ini tidak dapat bekerja seperti mestinya, karena itu semua peranan itu akan terusik. Salah satunya permasalahan yang sering terjadi pada intake manifold ialah bocor udara. Ya, kebocoran udara pada intake manifold dapat memunculkan beberapa tanda berbentuk masalah kerja mesin dan banyak hal yang lain.

Untuk lebih jelasnya maka perhatikan ulasan bagaimana sich tanda intake manifold mobil bocor. Baca tanda intake manifold mobil bocor di bawah ini.

tanda intake manifold bocor

Tanda Intake Manifold Bocor

Terdapat beberapa tanda atau ciri intake manifold bocor, diantaranya yaitu:

1. Ada suara mendesis yang tidak biasa pada intake manifold

Tanda yang umum dapat terjadi apabila intake manifold mobil bocor ialah saat timbulnya suara mendesis yang tidak biasa. Suara mendesis sebetulnya sering kedengar saat mesin hidup, tetapi suara itu tidak sejelas saat intake manifold bocor.

Suara mendesis ini terdengar keras khususnya saat idling dan rpm rendah apabila terjadi kebocoran pada intake manifold. Hal ini akan terjadi di seluruh aliran intake manifold, dimulai dari saringan udara sampai intake manifold.

2. Mesin mobil brebet saat dipacu dan seperti ingin mati

Tanda intake manifold yang bocor dapat terjadi ketika mesin hidup yaitu brebet. Intake manifold yang bocor akan mengakibatkan kombinasi udara dan bahan bakar jadi tidak sesuai dengan kembali.

Baca Juga  Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas: 9 Faktor Dan Ulasan

Dalam masalah ini, udara yang masuk ke silinder mesin bertambah banyak dan tidak sesuai dengan jumlah bahan bakar yang disemprot atau di injeksikan di dalam ruangan bakar. Mengakibatkan mesin jadi brebet saat dipacu , bahkan juga mesin berasa ingin mati.

Pada mobil injeksi, jumlah udara yang masuk akan diketahui oleh air flow sensor. Jumlah udara ini akan dirubah menjadi sinyal dan dikirimkan ke ECU untuk menetukan campuran bahan bakar dan udara.

Saat terjadi kebocoran udara pada intake manifold, karena itu jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ini jadi tidak sesuai dengan kembali, bahkan juga saat di gas,udara yang masuk akan makin banyak hingga mesin jadi brebet saat di gas dan seperti ingin mati.

3. Mesin yang bergetar pada saat idling serta rpm rendah

Selainnya mesin brebet, tanda intake manifold mobil bocor ini akan memperlihatkan gejala mesin bergetar saat rpm idling dan rpm rendah. Karena kombinasi udara dan bahan bakar yang tidak sesuai dengan menyebabkan air fuel rasio (rasio kombinasi udara dan bahan bakar) jadi tidak imbang. Kombinasi yang terjadi jadi kombinasi kurus.

Keadaan ini akan menyebabkan pembakaran yang tejadi di dalam ruangan bakar pun tidak normal, tenaga yang dibuat mesin saat pembakaran juga tidak optimal mengakibatkan akan mengakibatkan getar pada mesin sat rpm idling dan rpm rendah.

4. Kebocoran water coolant mesin

Apabila kebocoran terjadi pada gasket maka tanda intake manifold bocor yang mungkin terjadi adalah kebocoran water coolant. Bila kerusakan terjadi pada segel, semua pendingin bertekanan yang ditahannya kemungkinan menyerap lewat segel.

Sering, pendingin akan mempunyai beberapa puing dan kotoran didalamnya yang hendak membuat semakin banyak permasalahan. Bila beberapa puing cukup tebal, itu akan mengakibatkan semakin banyak keausan pada permukaan. Tidak itu saja, pendingin yang bocor akan mengakibatkan udara di luar masuk ke mesin lewat seal.

Baca Juga  Cara Jumper Bendik Starter Vario 110: 2 Cara & Ulasan

Kapan pun oksigen datang, itu akan secara mencolok tingkatkan jumlah korosi yang tercipta. Ini akan mengakibatkan semakin banyak kerusakan pada permukaan.

5. Mesin Terlampau Panas

Ciri intake manifold bocor yang kelima yaitu mesin terlampau panas. Saat cairan pendingin terus bocor, pada akhirannya akan mengakibatkan mesin terlampau panas. Namun pada beberapa kondisi, mesin bisa terlampau panas meskipun pendinginnya tidak bocor. Hal ini dikarenakan water coolant masuk ke dalam intake manifold dan menguap.

Di luar, Anda tidak menyaksikan pertanda kebocoran ini. Salah satu langkah Anda akan mengetahui ialah saat mesin mulai terlampau panas dan pengukuran temperatur di dashboard Anda naik ke tingkat yang tinggi. Selanjutnya Anda bisa menyelidik dan tentukan apa ini permasalahannya. Oleh karenanya, benahi selekasnya di bengkel mobil.

6. Rasio Kombinasi Bahan Bakar Udara Akan Dikuasai

Gejala intake manifold bocor yang terakhir yaitu campuran bahan bakar dan udara tidak sesuai. Udara dan bahan bakar harus digabung pas saat masuk ke intake manifold. Ini memungkinkannya pembakaran yang pas di mesin. Tapi bila ada peralihan tingkat udara atau bahan bakar dalam kombinasi ini, itu akan berpengaruh negatif pada performa mesin.

Karenanya, bila Anda alami kebocoran dari gasket intake manifold yang hancur, karena itu semakin banyak udara yang masuk ke intake manifold dan mengakibatkan rasio udara / bahan bakar yang tidak imbang. Kemudian terjadi, tanda-tandanya umumnya bisa menjadi idle kasar dan beberapa kesalahan.

Bila Anda alami beberapa gejala ini, itu kemungkinan tidak memberitahu Anda secara tepat di mana permasalahannya berada di intake manifold, tapi Anda minimal akan mengetahui jika Anda perlu mengeceknya.

Diatas adalah ulasan terkait tanda intake manifold bocor. Terdapat beberapa gejala yang akan muncul apabila intake manifold bocor. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -