Remote PCX Tidak Berfungsi: 2 Penyebab & Cara Memperbaiki

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Remote PCX Tidak Berfungsi – Walaupun diklaim dapat menambah keamanan kendaraan, namun mekanisme keyless juga terdapat beberapa masalah. Lalu apa penyebab remote pcx tidak berfungsi? Bagaimana cara memperbaikinya?

Beberapa motor keluaran terkini sekarang ini telah diperlengkapi dengan mekanisme keyless. Diantaranya All New Honda PCX 150 dan Vario 150, Yamaha Aerox dan Lexi, dan Suzuki GSX-150.

Remote ini dibuat untuk tingkatkan kemanan sepeda motor dari tindakan perampokan dan membuat perasaan nyaman dan ringkas saat berkendaraan. Selain itu digunakan untuk memudahkan dalam berkendara.

Untuk penggunaan standard, pabrikasi motor mengeklaim jika usia battery keyless bisa capai 2 tahun, saat sebelum perlu dilaksanakan pergantian. Namun terkadang dengan frekuensi penggunaan menyebabkan remote keyless ini tidak berfungsi.

Oleh karena itu perlu dilakukan proses perbaikan. Untuk lebih jelasnya terkait remote keyless pada motor PCX tidak berfungsi baik penyebab dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

remote pcx tidak berfungsi

Remote PCX Tidak Berfungsi

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab remote keyless pada motor PCX tidak berfungsi diantaranya yaitu:

1. Battery

Meskipun motor masih baru, remote pcx tidak berfungsi dapat disebabkan karena keadaan battery yang telah lemah. Penerimaan gelombang radio kuat secara terus-terusan, dan remote keyless yang masih tetap berpijar. Walau motor tidak dipakai dalam waktu yang lama, adalah faktor yang dapat menjadi penyebab battery tidak bertahan lama.

Cara yang bisa dilaksanakan untuk perpanjang periode gunakan battery remote keyless adalah dengan mematikan remote bila merencanakan lama tidak dipakai.

Penempatan remote keyless berperanan penting, triknya dapat dengan jauhi remote dengan benda yang lain yang dapat memancarkan signal seperti handphone dan netbook.

2. Signal

Penyebab lain remote motor pcx tidak berfungsi bisa saja dari adanya masalah signal di antara remote dan keyless receiver pada motor.

Sumbernya bermacam, umumnya terjadi bila ada pada tempat yang mempunyai gelombang radio kuat seperti dekat sama antena pemancar radio.

Masalah signal bisa juga terjadi bila remote bersisihan dengan object dengan bahan logam atau alat berkomunikasi seperti netbook, handphone atau piranti yang lain semacam.

Hal itu bisa dihindari dengan cara selalu pisahkan penempatan di antara remote keyless dengan piranti yang lain memakai gelombang radio.

Cara Memperbaiki Remote PCX Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab remote keyless pada motor pcx tidak berfungsi maka perlu diketahui pula cara memperbaikinya. Tiap motor mempunyai ID Tag dan beberapa cara untuk proses hidupkan mesin, di PCX sendiri kunci genting diperlengkapi dengan kunci untuk buka bagasi belakang lewat cara manual.

Baca Juga  Efek Paking Head Motor Bocor: 5 Tanda Dan Ulasan

Dan DLC (Data Link Konektor) yang berfungsi untuk motor lewat cara manual. Saat mendapati masalah remote keyless motor pcx tidak berfungsi maka cara memperbaikinya yaitu:

1. Membuka Jok Motor dengan Emergensi Key

Emergency Key Honda PCX 150 berbentuk seperti shuttered key. Cara memperbaiki remote motor pcx yang tidak berfungsi maka kamu dapat gunakan emergensi key. Memang tidak bisa langsung dapat mengaktifkan mesin. Elemen ini berfungsi untuk buka jok lewat cara manual.

Mulai dengan buka kotak dari sisi kenop pada motor PCX. Lantas cocokkan lubang di emergensi key dengan titik di kotak itu. Selanjutnya putar ke bawah. Bila dilaksanakan secara betul, karena itu jok automatis terbuka.

Jika kamu kebingungan, buka jok PCX gunakan emergensi key tidak lain dengan buka pengaman bermagnet di motor Honda yang memakai kunci konvesional (shuttered key).

2. Tusuk EM Konektor Warna Biru

Cara memperbaiki remote motor PCX tidak berfungsi yaitu menusuk konektor EM. Ciri ciri khas EM Konektor warna biru, ada di tool kit. Bila jok telah terbuka, cara hidupkan motor PCX seterusnya adalah mengambil EM Konektor di bagasi. Terletak berada di tool kit. Ciri-ciri kabel ini warna biru.

Sesudah bertemu, kamu perlu mencari soket pasangannya di dekat accu. Warna soket itu biru, hingga gampang dikenal. Selanjutnya tusuk EM Konektor ke soket itu.

3. Masukan Nomor ID Tag

ID Tag Honda PCX 150 terdiri dari 9 angka unik yang berbeda di setiap motor. Bila hal itu dilaksanakan, karena itu kenop pada motor Honda PCX 150 akan berpijar.

Umumnya, ID Tag mempunyai sembilan gabungan angka. Jika angka pertama 0, memiliki arti tidak perlu proses penekanan. Nantikan saja sampai lampu kenop pandai berkedip-kedip.

Teruskan ke angka selanjutnya. Jika dijumpai nomor tujuh, memiliki arti kamu perlu pencet 7x. Nantikan kembali sampai berkedip-kedip dan masukan kembali nomor seterusnya. Kerjakan hal itu sampai semua angka ID Tag terinput. Bila semua dilaksanakan secara benar, karena itu lampu akan berkedip-kedip seringkali dan diam konstan.

4. Cabut EM Konektor

Cara memperbaiki remote motor PCX tidak berfungsi yang selanjutnya yaitu cabut konektor EM> Jika semuanya sudah dilaksanakan, bereskan kembali Honda PCX 150 kamu seperti sebelumnya agar terhindar apabila bagian utama lenyap. Hal yang penting kamu kerjakan seterusnya, cabut EM Konektor warna biru dari soket. Lantas taruh kembali di tool kit untuk menahan elemen itu hilang.

Baca Juga  Ciri Radiator Normal : 5 Tanda Dan Ulasannya

Tutup jok Honda PCX 150, tetapi kamu tidak dapat turunkan demikian saja. Perlu gunakan emergensi key dengan tempelkan di kotak samping kenop pandai. Triknya berlawanan dengan proses pembukaan jok. Lalu tutup kotak itu gunakan covernya. Pokoknya harus mengembalikan semua elemen ke keadaan sebelumnya.

5. Aktifkan Mesin Motor Seperti Biasa

Pada motor Honda PCX 150 sudah diperlengkapi dengan mekanisme keyless yang hebat sekalian antimaling. Apabila sudah rapi, cara aktifkan motor PCX tinggal dilaksanakan seperti umumnya. Putar kenop pandai ke status on, selanjutnya pencet tombol starter. Karena itu mesin automatis aktif.

Kamu tidak perlu takut, jika mesin mati di tengah-tengah jalan. Karena untuk aktifkan cukup kerjakan cara biasa. Tidak perlu repot lakukan kembali cara genting sama seperti yang telah diuraikan di atas.

6. Membawa Ke Bengkel untuk Membeli Remote Baru

Jika remote keyless lenyap, ongkos untuk menukarnya dapat capai juta-an rupiah Seterusnya, kamu selekasnya membawa motor itu ke bengkel sah Honda agar dapat dibuatkan remote duplikat. Jika bengkel sah memberikan servis yang lama. Dapat dicoba bengkel-bengkel aftermarket.

Untuk harga remote kurang lebih Rp 1 juta. Lantas untuk lakukan pairing atau masukkan ID Tag ke remote, ongkosnya Rp 100 ribu. Jika ID Tag lenyap, karena itu perlu dilaksanakan reset smart kontrol unit (SCU) yang ongkosnya capai Rp 1,1 juta.

7. Pulang Ke Rumah Jika Masih Punya Remote Cadangan

Honda memberi remote cadangan saat kamu beli motor pertama kalinya, janganlah sampai lenyap. Cara paling akhir untuk memperbaiki remote pcx tidak berfungsi yang penting kamu kenali, Honda sebetulnya memberikan PCX 150 dua remote. Satu adalah remote untuk digunakan setiap hari. Remote satu kembali bekerja sebagai cadangan.

Bila remote pertama lenyap, karena itu kamu dapat pulang ke rumah untuk ambil remote cadangan. Namun, hal itu terkadang tidak kemungkinan dilaksanakan. Apa lagi jarak motor dengan rumah terlalu jauh. Contoh saat kamu lakukan turing.

Diatas adalah ulasan terkait remote keyless pada motor PCX tidak berfungsi baik penyebab dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.