Fungsi Intake Valve: Peran Dan Ulasan nya

Fungsi Intake Valve – Valve atau katup adalah salah satunya elemen yang biasa diketemukan pada mesin, terhitung mesin mobil. Ada dua tipe katup yakni intake dan exhaust valve. Lantas bagaimana fungsi intake valve?

Pada umumnya, manfaat valve adalah untuk atur saluran fluida, baik berbentuk cairan atau gas. Untuk intake valve sendiri umumnya ada di lajur masuk ruangan bakar.

Pada mesin mobil sendiri, valve dapat diketemukan di bagian kepala silinder. Gerak valve pada mesin mobil dikuasai oleh cara piston silinder. Valve yang ada di mesin mobil adalah tipe valve yang biasa dipakai pada mesin 4 tidak.

Pada umumnya fungsi valve adalah untuk mengontrol arus fluida, baik yang berbentuk cairan atau gas. Nach, fungsi valve pada mesin mobil juga hampir sama. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi intake valve akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi intake valve

Fungsi Intake Valve

Valve atau katup sebagai elemen yang biasa diketemukan pada suatu mesin, terhitung satu diantaranya mesin mobil. Pada mesin mobil sendiri, valve dapat diketemukan di bagian kepala silinder. Gerak valve pada mesin mobil dikuasai oleh cara piston silinder. Valve yang ada di mesin mobil adalah tipe valve yang biasa dipakai pada mesin 4 tak.

Lalu, apa peran intake valve pada mesin mobil? Sama seperti yang sudah Anda kenali, pada umumnya fungsi valve adalah untuk mengontrol arus fluida, baik yang berbentuk cairan atau gas. Berikut ulasannya.

Baca Juga  Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dalam Otomotif

Fungsi Intake valve adalah untuk atur saluran udara dan bahan bakar ke ruangan bakar. Karena ada katup ini, karena itu kandungan udara dan bahan bakar dalam ruang bakar juga masih tetap sama sesuai kandungan untuk memacu proses pembakaran.

Ukuran diameter intake valve semakin besar dibanding dengan exhaust valve. Sama ukuran yang semakin besar ini, karena itu saluran bahan bakar ke ruangan bakar juga dapat maksimal.

Selainnya intake valve, ada pula exhaust valve atau katup EX. Bila intake valve bekerja atur jumlah udara dan bahan bakar yang masuk ke ruangan bakar, karena itu pekerjaan exhaust valve adalah kebalikannya. Katup ini atur keluarnya gas buang yang disebut tersisa proses dari pembakaran dalam ruang bakar.

Ukuran diameter exhaust valve lebih kecil bila dibanding dengan intake valve. Ukuran yang lebih kecil ini mempermudah gas buang keluar ruangan bakar. Gas buang sendiri mempunyai penekanan tinggi karena dorongan dari piston. Ada dorongan dari piston mempermudah gas buang keluar ruangan bakar walau diameter katup kecil.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi intake valve pada mesin kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.