Ukuran Etiket Gambar Teknik : Ukuran, Posisi, & Garis Tepi

posisi etiket

Ukuran Etiket – Dalam pembuatan etiket terdapat standar ukuran yang harus di taati. Ukuran etiket ini disamakan dengan tipe etiket yang dipakai atau ukuran kertas gambar. Lalu apa saja ukuran etiket yang harus diperhatikan?

Etiket pada gambar teknik berisi bermacam info tentang info gambar. Karena itu peran etiket pada gambar teknik sangat penting. Karena itu etiket harus mempunyai ukuran yang seimbang hingga info gambar bisa dengan gampang dimengerti. Untuk memperjelasnya berkenaan ukuran etiket pada gambar teknik akan diulas pada artikel di bawah ini.

Ukuran Etiket Pada Gambar Teknik

Ada banyak hal yang perlu jadi perhatian saat mengulas berkenaan ukuran etiket pada gambar teknik. Berikut sebagai ulasan berkenaan ukuran etiket pada gambar teknik.

1. Posisi Etiket

Pada gambar teknik, saat sebelum lakukan proses pelukisan pada kertas harus dipahami berkenaan batas daerah kerja gambar. Daerah kerja gambar ini terbatasi oleh garis tepi. Batas garis tepi ini terbagi dalam batas kiri atas kanan dan bawah. Batas samping kiri umumnya dibikin semakin besar hingga gambar tidak ditutupi saat dijilid.

Disamping itu pada pemakaian status kertas gambar ada dua tipe yakni landscape dan potrait. Karena itu status etiket harus juga sesuaikan dengan status kertas gambar. Untuk kertas gambar ukuran A4 cuman bisa memakai status potrait. Saat itu untuk kertas A0-A3 bisa memakai ke-2 status. Untuk memperjelasnya berkenaan status etiket bisa menyaksikan gambar di bawah ini.

posisi etiket

2. Garis Tepi

Garis tepi sebagai garis batas tempat gambar di mana gambar yang dibikin harus ada dalam tempat yang terbatasi oleh garis tepi. Biasanya garis tepi dibikin dengan tipe garis tebal bertahap. Pada garis tepi bisa dimisalkan seperti pagar rumah sebagai batas tempat pemilikan tempat. Kita bebas membuat apa di tempat kita sedang bila ingin membuat suatu hal keluar dari tempat kita karena itu ada ketentuan yang perlu dipatuhi. Begitu juga pada gambar teknik bila gambar yang dibikin melewati garis tepi karena itu ada ketentuan – ketentuan yang perlu dilaksanakan untuk pelukisannya.

Baca Juga  Fungsi Governor Advancer Adalah: Peran, Bagian, & Cara Kerja

Bila benda yang bakal dibikin mempunyai ukuran yang terlampau besar dan tidak muat untuk dilukis dalam tempat garis tepi karena itu dipakai rasio untuk mengecilkan gambar benda itu. Gambar benda bisa melewati garis tepi bila mustahil dipakai rasio untuk mengecilkan itu. Pelukisan benda yang melewati garis tepi dapat dilaksanakan dengan mengaplikasikan fokus pelukisan garis yang telah diulas pada materi tipe – tipe garis.

Ukuran garis tepi samping atas, bawah dan kanan untuk kertas A0 dan A1 minimum 20 mm dan untuk kertas A2, A3 dan A4 minimum 10 mm. Untuk garis tepi samping kiri minimum 20 mm untuk semuanya ukuran kertas. Untuk memperjelasnya bisa dipandang pada tabel di bawah ini:

Garis tepi samping kiri dibikin semakin besar karena di saat pengarsipan sisi yang dibolongi atau diapit ialah sisi samping kiri (seperti buku). Maksudnya dibikin semakin besar untuk menghindar gambar tidak kelihatan karena terjepit atau terhambat.

garis tepi gambar teknik

3. Ukuran Etiket

Ukuran etiket bervariatif bergantung tipe etiket yang dipakai. Untuk memperjelasnya berikut sebagai ulasan berkenaan ukuran etiket yang dipakai pada gambar teknik.

a. Ukuran Etiket A4

Ukuran etiket pada gambar teknik sesungguhnya bervariatif bergantung tipe etiket yang dipakai. Pada kertas A4 panjang etiket sebagai tersisa dari ukuran kertas dikurangkan dengan garis tepi yakni 185 mm. Saat itu untuk tinggi sejumlah 40 mm.

Baca Juga  Suspensi Rigid : Pengertian, Karakteristik, Jenis, Dan Cara Kerjanya

Sesudah didapat ukuran panjang dan lebar karena itu di dalamnya akan terdiri kembali jadi beberapa kolom yang mempunyai ukuran bervariatif bergantung tipe info yang bakal diberi. Biasanya judul, lembaga, dan no gambar mempunyai ukuran kolom yang besar.

Untuk memperjelasnya berkenaan ukuran etiket A4 bisa menyaksikan gambar di bawah ini.
etiket gambar teknik

b. Ukuran Etiket A3

Saat itu untuk kertas ukuran A3 atau yang semakin besar umumnya dipakai untuk menggambar objek memiliki ukuran besar dan lebih detil. Karena itu ukuran etiket yang dipakai umumnya berlainan dengan ukuran etiket pada kertas A4.

Pada kertas ukuran A3 etiket yang dipakai mempunyai info yang lebih mendalam. Ini bermanfaat supaya info bisa diserahkan ke pembaca secara lengkah. Karena info yang semakin banyak karena itu ukuran etiket pada kertas gambar A3 mempunyai tinggi yang semakin besar dibandingkan etiket A4.

Untuk panjang etiket pada kertas gambar A3 sama dengan etiket A4 yakni sejumlah 185 mm. Saat itu untuk tinggi etiket A3 semakin besar dibandingkan A4 yakni 53-68 mm bergantung tipe etiket yang dipakai. Saat itu untuk ukuran kolom info etiket berbeda.

Untuk memperjelasnya berkenaan ukuran etiket A3 bisa menyaksikan gambar di bawah ini.
etiket gambar teknik

Di atas sebagai ulasan berkenaan ukuran etiket yang dipakai pada gambar teknik. Mudah-mudahan menambahkan wacana dan ilmu dan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -