Tanda Rantai Keteng Rusak: 3 Gejala & Cara Memperbaiki

Tanda Rantai Keteng Rusak – Terkadang motor mengalami permasalahan akibat rantai keteng atau timing chain rusak. Hal ini tentu akan menyebabkan berbagai tanda atau gejala akibat rantai keteng yang rusak. Lalu apa saja tanda rantai keteng rusak? Bagaimana cara memperbaiki rantai keteng rusak?

Rantai keteng (timing chain) mesin bermotor sebagai bagian utama yang perlu jadi perhatian. Saat terjadi tanda-tanda kerusakan rantai keteng ini, dianjurkan untuk selekasnya menukarnya. Karena bila tidak selekasnya ditukar bisa mempengaruhi kerja elemen mesin yang lain.

Tanda rantai keteng yang telah aus atau rusak dapat terasa sangat. Salah satunya cirinya adalah munculnya bunyi seperti gemeretak ditambahkan mesin berasa tidak nyaman. Bila rantai keteng rusak dapat berpengaruh di proses membuka tutup katup yang tidak normal, dan pembakaran juga tidak jalan dengan prima. Untuk lebih jelasnya terkait tanda rantai keteng rusak dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

tanda rantai keteng rusak

Tanda Rantai Keteng Rusak

Tanda rantai keteng rusak dapat terasa sangat dengan kondisi normal, salah satunya ciri rantai keteng rusak adalah munculnya bunyi seperti tek tek tek ditambahkan mesin berasa tidak nyaman. Bila rantai keteng rusak dapat berpengaruh di proses membuka tutup klep yang tidak normal, dan pembakaran juga tidak jalan dengan prima. Berikut tanda rantai keteng rusak yaitu:

  1. Waktu pagi hari saat kamu pertama kalinya hidupkan motor, ada bunyi suara besi beradu dengan block di samping kiri mesin. Tetapi setelah 10 menit mesin hidup suara itu lenyap sendiri, suara itu ilang karena olinya sudah rata. Tetapi jika sudah kronis kerusakannya tetap akan mengeluarkan bunyi terus walau telah dipanaskan > 10 menit.
  2. Umumnya timing chain itu tercepat rusak nya sekitaran tiga tahun buat penggunaan normal atau rileks, bahkan bisa saja dapat lima tahun.
  3. Rantai keteng turun kwalitasnya. Jika gunakan kopling manual, saat tekan handle kopling dan melepaskan gas, karena itu rantai keteng yang telah kalah, saat perputaran nya bebas, rantainya loncat-loncat karena telah kendor dan memunculkan bunyi.
Baca Juga  Elektrik Power Steering Berat: 4 Penyebab Dan Ulasannya

Penyebab Rantai Keteng Rusak

Setelah mengetahui tanda rantai keteng rusak maka perlu juga diketahui berbagai penyebabnya. Rantai keteng disebutkan dengan rantai kamrat atau timing chain ini mempunyai ukuran yang lumayan kecil bila dibanding rantai motor. Seperti rantai motor, penyebab rantai keteng rusak bisa juga terjadi karena pemakaian dan umur gunakan sepeda motor

Apa penyebab rantai keteng kendor yang harus pengendara kenali hingga dapat mengetahui sumber kerusakan pertama adalah karena umur yang telah lama.

Tiap elemen kendaraan selalu mempunyai periode gunakan. Ada yang periode memakainya pendek ada pula yang panjang. Khusus rantai keteng, mempunyai periode gunakan yang lumayan lama yakni 5 tahun.

Periode gunakan ini tidak berbeda jauh dengan rantai motor. Kerusakan karena periode gunakan ini dapat karena elemen yang memuai selanjutnya berkurang terus-terusan.

Apa lagi tempat pada elemen ini dekat sama ruangan bakar hingga kerap bersuhu panas. Saat dipakai rantai akan terus-terusan bekerja lewat roda gigi jadi gesekan juga terjadi.

Sudah pasti disaksikan dari cara kerjanya itu tidaklah aneh bila selesai 5 tahun rantai mengawali kendor karena aus. Anda yang telah mempunyai kendaraan lebih dari umur itu harus siap-siap untuk menukar komponennya.

Selanjutnya bisa disebabkan menurunnya tensioner. Jika kendaraan terhitung umurnya masih baru, karena itu penyebab rantai keteng kendor juga bisa karena menurunnya tensioner. Tensioner adalah elemen yang atur kemelut pada rantai keteng, bahasa bengkelnya, elemen ini dikatakan sebagai tonjokan keteng.

Cara Memperbaiki Rantai Keteng Rusak

Selain tanda dan penyebab rantai keteng rusak maka perlu dipahami terkait cara perbaikan. Terdapat beberapa cara yang digunakan untuk memperbaiki rantai keteng rusak diantaranya yaitu:

Baca Juga  Ciri Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah : 3 Gejala Dan Penyebab

Untuk menguji rantai keteng motor rusak atau tidak dapat dilaksanakan dengan cara memanasi motor sepanjang 10-15 menit, bila lebih dari 15 menit masih muncul suara tek tek tek pertanda benar ada keruskan pada elemen ini.

Tetapi bila kita memanasi motor awalannya ada bunyi semacam itu selanjutnya makin lama lenyap. Memiliki arti karena hanya oli motor saja yang telah buruk harus dilaksanakan penggantian oli. Rantai keteng ini punyai usia gunakan, umumnya dapat dipakai sepanjang 3-5 tahun, karena lama-lama rantainya dapat aus.

Rantai keteng yang lembek karena aus memanglah tidak terlampau berasa ke tenaga. Tetapi karena yang diakibatkan pada part lain ini benar-benar fatal. Karena ranta keteng yang lembek lama-lama akan lepas dari gear atau lajurnya. Dampaknya part dalam mesin rusak keseluruhan, seperti klep jadi bengkok, bushing klep pecah dan piston lecet bahkan juga parahnya dapat berlubang.

Berikut cara memperbaiki rantai keteng rusak:

  1. Lebih rutinlah memeriksa kondisi mesin, ya minimum 10 bulan 1x. Lakukan pergantian timing chain dengan teratur dan periodik, dan tanyakan ke teknisi paling dipercaya supaya keadaan rantai kamrat bisa terlihat, dan menghindari risiko fatal seperti putusnya rantai keteng.
  2. Tukar pelumas oli periodik, pekerjaan oli adalah sebagai memulasi part-part dalam engine saat bekerja. Dengan, pergantian oli periodik akan jadikan kerja mesin menjadi lebih prima dan hasilkan perform optimal, dan jaga keawetan dari rantai keteng.
  3. Kerja mesin tidak boleh di push, pakailah motor selayaknya saja, jangan sampai terlampau memaksa motor meluncur kuat, sebab bisa menyebabkan engine berputar-putar dengan cepat sekali dan memunculkan mesin alami overheat (panas yang melewati batasan normalnya), dan mengakibatkan rantai keteng molor bahkan juga dapat berpengaruh putus.

Diatas adalah ulasan terkait tanda rantai keteng rusak dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.