Governor Sentrifugal Pada Pompa Injeksi: Fungsi Dan Cara Kerja

Governor Sentrifugal Pada Pompa Injeksi Berfungsi Untuk – Elemen dalam pompa injeksi yang berperan dalam atur banyak minimal bahan bakar yang diinjeksikan oleh injector/nozle adalah governor. Lantas governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk apa?

Governor ini terdiri jadi dua yakni governor pneumatic yang bekerja atas dasar kevakuman pada aliran masuk dan governor mekanis yang bekerja secara mekanis.

Governor sentrifugal dapat ditemui pada sistem bahan bakar pompa injeksi tipe in line. Dengan kata lain sistem ini dapat ditemui pada kendaraan diesel dengan ukuran yang besar. Berikut lebih jelasnya terkait governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk apa, komponen, dan cara kerja.

Governor Sentrifugal Pada Pompa Injeksi Berfungsi Untuk?

Governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk mengatur seberapa banyak bahan bakar yang diinjeksikan. Komponen ini dihubungkan dengan control rack dan control sleeve secara tidak langsung.

Perubahan gaya sentrifugal pada komponen ini akan mengembang atau mengempis dan menarik atau mendorong control rack untuk merubah posisi dari control sleeve. Akibatnya control groove juga akan berubah posisi. Dan hal inilah yang menyebabkan langkah efektif plunger akan menjadi lebih panjang atau semakin pendek.

Semakin panjang langkah efektif maka bahan bakar akan semakin banyak. Sebaliknya apabila langkah efektif semakin pendek maka bahan bakar yang diinjeksikan juga sedikit.

Jenis Jenis Governor Sentrifugal

Setelah mengetahui governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk apa maka perlu diketahui pula jenisnya. Governor sentrifugal ini terdapat dua macam, diantaranya yaitu :

  1. Governor sentrifugal jenis RQ/RQV
  2. Tipe Governor sentrifugal jenis RS/RSV

1. Governor sentrifugal tipe RQ/RQV

Governor sentrifugal tipe RQ terbagi dalam beberapa komponen khusus dimulai dari garpu engkol, tuas penyetel, tuas pengontrol, tuas ayu, tangkai pengontrol, pegas pengontrol, berat sentrifugal, baut geprekel dan tuas pojok. Kontruksi dari GS type RQ ini bisa disaksikan pada gambar berikut ini :

Baca Juga  Fungsi Starter Clutch: 2 Peran Dan Ulasan
governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk

2. Governor sentrifugal tipe RS/RSV

Governor tipe ini bisa atur tiap perputaran mesin dimulai dari perputaran idle s/d perputaran maksimal. bisa mengatur tiap perputaran mesin (perputaran idle sampai perputaran maksimal).

Huruf V pada akhiran type mempunyai makna Verstell (penyetel/pemindah). Dalam type RSV ini cuma ada satu pegas ambil sebagai pengontrol yang dipasang di luar berat sentrifugal.

governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk

Info nama bagian-bagiannya :

1. Pegas start 2. Tuas penyetel 3. Bagian Tuas tarik 4. Tuas antar 5. Pegas pengontrol 6. Pegas tambahan ( idle ) 7. Tuas pengendali 8. Bantalan antara 9. Berat sentrifugal 10. Tuas ayun 11. Tangkai pengontrol

Cara Kerja Governor Sentrifugal

1. Governor sentrifugal tipe RQ/RQV

a. Status Start

Pada saat status start, tangkai pengontrol didesak lebih dari maksimal. Plunyer diputar maksimu hingga cara efisien yang terbesar. Hingga volume penyemprotan pada saat status ini jadi terbanyak. Pedal gas pada status maksimal, hingga berat sentrifugal buka.

b. Status Perputaran Idle

Sesudah di starter dan mesin hidup, karena itu pedal gas akan dilepaskan (tidak di tekan), tangkai pengontrol kembali lagi ke status perputaran idle. Plunye diputar sedikit, hingga volume penyemprotan masih tetap sedikit.

Berat sentrifugal terbuka bergantung berapa besar perputaran mesin. Saat putara mesin naik, karena itu berat sentrifugal akan buka dan volume injeksi diperkecil. Perputaran mesin turu, berat sentrifugal tutup dan volume injeksi diperbesar.

c. Status Perputaran Menengah

Pada saat perputaran menengah, status tangkai pengontrol (kontrol rak) di mengatur oleh pengemudi. Pedal gas sedikit didesak, perputaran mesin naik di atas perputaran idle, berat sentrifugal buka bebas dari pegas pengontrol perputaran idle dan berada pada pegas perputaran maksimal. Pada saat status menengah, governor ini tidak bekerja.

d. Limitasi Perputaran Maksimal

Saat perputaran mesin maksimal, karena itu tangkai pengontrol pada status maksimal. Berat sentrifugal buka sesuai perputaran maksimal.

Baca Juga  Alat Ukur Elektrik : 13 Jenis Dan Ulasan

Jika perputaran mesin semakin tinggi dari perputaran maksimal, berat sentrifugal buka penuh karena itu tangkai pengontrol tertarik ke setop sedikit dengan begitu governor bisa batasi perputaran maksimal.

2. Governor sentrifugal tipe RS/RSV

a. Status Start

Saat mesin belum hidup yang selanjutnya distarter untuk dihidupkan, tangkai pengontrol selalu pada status start karena tarikan dari pegas start. Hingga mesin jadi lebih gampang dihidupkan meskipun tuas geprekel pada status idle.

b. Status Idle

Tuas penyetel pada status perputaran idle. Pegas pengontrol tertarik sedikit berat sentrifugal buka bergantung perputaran idle dan kemampuan pegas pengontrol.

  • Perputaran mesin naik, berat sentrifugal buka, volume injeksi diperkecil.
  • Perputaran mesin turun, berat sentrifugal tutup volume injeksi diperbesar

Agar perputaran idle bisa konstan, karena itu untuk mengatur perputaran terpasang pegas tambahan untuk perputaran idle.

c. Peraturan Pada Perputaran Menengah

Tuas penyetel pada status perputaran menengah, pegas pengontrol tertarik kuat, tangkai pengontrol bergerak mengarah maksimal, berat sentrifugal masih tetap sedikit terbuka. Dengan begitu volume injeksi jadi besar / banyak, perputaran mesin naik.

Berat sentrifugal buka. Jika gaya sentrifugal semakin besar dari kemampuan pegas. Dengan begitu pengontrol tertarik mengarah volume injeksi yang kecil / sedikit sampai terjadi kesetimbangan di antara style sentrifugal dengan kemampuan pegas pengontrol.

d. Status Perputaran Maksimal dan Limitasi

Tuas penyetel pada status maksimal pegas pengontrol tertarik penuh. Volume injeksi banyak perputaran mesin tinggi dan berat sentrifugal buka.

Perputaran maksimal bisa terwujud jikagaya sentrifugal sesuai dengan kemampuan pegas pengontrol. Perputaran mesin semakin bertambah naik berat sentrifugal buka lebih kuat tangkai pengontrol tertarik mengarah setop / sedikit.

Diatas adalah ulasan terkait governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk apa, komponen, dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.