Jenis Stang Motor : 9 Macam Dan Ulasannya

Jenis Jenis Stang Motor – Apabila kita amati, pada bagian setang atau kemudi sepeda motor terdapat berbagai bentuk. Bentuk stang motor ini tergantung dari jenis yang digunakan dan disesuaikan juga dengan jenis sepeda motor yang digunakan.

Di dunia modifikasi motor, setang menjadi satu diantara sisi paling penting. Hal ini karena identitas motor dapat kelihatan dari jenis setang yang dipasang.

Produsen atau pabrikan roda 2 membuat berbeda dengan tujuan untuk memberi kenyamanan dan rasa pengaturan motor terbaik buat customernya. Walau demikian tidak sedikit motoris yang sering memodifikasi setang bawaan pabrik dengan elemen after market.

Ada banyak argumen pemilik motor memilih untuk menukar setang motornya. Argumen umum adalah membidik penampilan motor yang lebih kece. Sementara alasan yang lain adalah setang bawaan pabrik dirasakan kurang nyaman.

Maka menukarnya dengan opsi yang lebih mendukung gaya berkendara. Selain itu tidak sedikit juga motoris yang berasa kurang senang dengan kualitas setang standard. Untuk lebih jelasnya terkait jenis jenis stang yang digunakan pada motor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

jenis stang motor

Jenis Stang Motor

Dalam penggunaannya terdapat berbagai nama atau jenis yang muncul pada stang atau kemudi motor. Berikut beberapa jenis stang motor yaitu:

1. Ape Hangers

Jenis stang motor yang pertama dan paling banyak dijumpai di beberapa motor kustom adalah ape hanger. Setang ape hangers tentunya memberi kesan-kesan yang lain untuk pengendara motor. Hal ini karena setang ini dibikin untuk memberi penampilan yang unik pada motor, tidak untuk kenyamanan.

Dengan letak yang lumayan tinggi seperti seperti (monyet) yang bergelantung di pohon untuk raih tuas gas, setang mode ini sering dipakai pada motor beraliran chopper atau motor besar (moge).

2. Beach Bar

Berlainan dengan jenis stang motor yang pertama, setang Beach Bar semakin dapat memberi kenyamanan dengan bentuknya yang seperti 1/2 lingkaran. Dengan demikian pembalap tidak kesusahan untuk mencapainya.

Baca Juga  Kegunaan dari Kebebasan Garpu Pembebas Adalah: Fungsi & Ulasan

3. Chumps

Model atau jenis stang ini dapat disebutkan pas untuk motor sport secara umum. Walau umumnya dijumpai di beberapa motor cruiser. Dibalik bentuknya yang simpel, setang Chumps dapat memberi kenyamanan berkendaraan.

4. Clip-ons / Setang Capit

Jenis stang motor yang seterusnya yaitu clip on. Setang klip on pemakaiannya sama dengan motor sport ber-fairing. Setang clip-ons terbagi dalam buah setang yang masing-masing terpasang dengan menjepit tabung suspensi. Pengalaman berkendaraan yang tersaji dari pemakaian setang seperti ini sporti setelah.

Setang mode klip on atau yang lebih dikenali bernama setang capit, cukup terkenal di kelompok anak muda Indonesia. Dengan sikap duduk yang lebih menunduk (under yoke) dibanding setang jenis lain, setang capit mempunyai penampilan yang lebih berpenampilan dan menarik. Letak puntir gas yang ada di segitiga bawah dan diapit ke suspensi depan ini, pas dipakai untuk pengendara lainnya rasakan sensai motor sport, merebahkan tubuh untuk memotong angin, dan jaga aerodinamika supaya peforma motor capai titik optimal.

5. Clubman

Setang clubman sama memberi kesan berkendaraan sporti sama seperti sama yang diberi setang clip-ons. Perbedaannya, setang clubman memiliki bentuk one piece dan terpasang melekat ke segi-tiga setang.

6. Cruiser

Sesuai namanya stang jenis cruiser (pelacak) sering dipakai pada motor yang digunakan untuk turing. Karena wujud yang lebih lebar jika dibanding dengan setang yang lain, jenis cruiser ini pas untuk perjalanan jarak jauh karena membuat sikap duduk dan pegangan pengendara lebih rileks.

Karena itu tidaklah aneh bila setang mode ini (cruiser) tidak cuma diaplikasikan pada motor berlangganan turing, seperti street fighter atau mode telanjang (naked bike) skkutik juga bisa juga memakai setang cruiser untuk memberi status nyaman supaya pengendara tidak gampang cepat capek saat lakukan perjalanan jauh ataupun waktu jalanan macet dalam kota.

Baca Juga  Cara Menyetel Delco Mobil Carry: 11 Prosedur & Ulasan

7. Drag

Jika jadi perhatian, jenis stang motor berikut yang paling simpel dan menjadi salah satu yang paling favorit digunakan. Argumennya karena betul-betul sederhana dan membuat motor kelihatan berwatak.

8. Motorcross / Treker

Jenis stang motor tipe motorcross mempunyai sudut yang panjang dan lebar hingga membuat pengendara menempatkan ke-2 tangannya di muka sejajar dada, mempunyai istilah setang baplang. Nama itu tidak terlepas dari fungsi khusus setang ini yang pas diaplikasikan pada jalur non aspal atau medan off road. Jika pengendara ingin mengaplikasikan setang ini di sepeda motor, karena itu harus jadi perhatian infrastruktur jalur yang akan dilakukan setiap hari.

Karena setang baplang benar-benar tidak nyaman dipakai untuk melalui jalanan sempit dan memotong kemacetan. Mode setang ini yang terletak ada di segitiga atas kendalian motor, ada penguat di bagian tengah. Lumrah bila setang ini biasa diterapkan untuk gelaran motor trail, trial, supermoto, enduro, dan balap dirt bike yang lain.

9. Z Bar

Jenis stang motor yang terakhir terkenal di kelompok fans motor kustom. Namanya diambil dari memiliki bentuk yang seperti huruf “Z”. Hal ini dikarenakan bentuknya yang seperti huruf z bolak balik.

Mamiliki fungsi yang serupa dengan setang ape, wujud setang mempunyai lekukan tajam di sisi tengah yang membuat huruf z. Tidak seperti setang ape, setang z mempunyai status yang lebih rendah dibanding setang ape. Hingga untuk pengendara motor beraliran chopper yang tidak ingin cepat pegal dan masih tetap memprioritaskan elemen seni saat berkendaraan, condong pilih mode ini.

Beberapa jenis setang sering dipakai pada sepeda motor yang telah diubah, misalkan modifikasi style retro seperti cafe racer, treker, scrambler dan ada banyak kembali. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -