Cara Pemasangan Thermostat AC Mobil: 5 Prosedur & Ulasan

Cara Pemasangan Thermostat AC Mobil – Mesin bukan salah satu sisi penting yang ada di mobil. Beberapa komponen didalamnya mempunyai peranan yang serupa dan sama-sama terkait keduanya, terhitung thermostat. Lalu bagaimana cara pemasangan thermostat ac mobil?

Kehadiran thermostat sebagai komponen penting karena sisi dari pendingin. Perannya untuk jaga temperatur supaya suhu mobil ada pada temperatur bagus. Mekanisme pendingin udara bermanfaat untuk sopir dan penumpang. Bila hancur, karena itu dapat mengusik perjalanan.

Teratur memeriksa thermostat AC mobil dapat kamu kerjakan untuk menghindar kerusakan. Maknanya, saat rupanya hancur juga kamu langsung bisa melakukan perbaikan atau membawa ke bengkel. Kamu bisa juga pelajari cara pasang thermostat AC mobil jika setiap saat memiliki masalah.

Thermostat punyai peranan penting sebagai salah satunya elemen pendingin supaya temperatur masih tetap bagus. Untuk lebih jelasnya terkait cara pemasangan thermostat ac mobil dan penyetelannya akan diulas pada artikel berikut ini.

cara pemasangan thermostat ac mobil

Cara Pemasangan Thermostat AC Mobil

Terdapat beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam proses pemasangan thermostat ac mobil yaitu:

1. Rangkaian Thermostat AC Mobil

Cara pertama pemasangan thermostat ac mobil yaitu perlu mengetahui rangkaiannya terlebih dahulu. Thermostat terhitung sisi dari rangkaian kelistrikan AC mobil. Kelistrikan mobil dipisah jadi dua, yakni kelistrikan thermostat dan rangkaian kelistrikan blower. Rangkaian thermostat sendiri bermanfaat mengeset suhu kabin supaya selalu terlindungi dengan menyambungkan dan putuskan arus listrik secara automatis. Sementara rangkaian blower berperan dalam atur kecepatan blower lewat switch atau sakelar.

Elemen rangkaian kelistrikan AC mempunyai peranan dan pekerjaannya sendiri. Rangkaian kelistrikan AC terbagi dalam battery atau suplai, fuse atau sekring, kunci kotak, relay, thermostat, sakelar blower, motor blower, kopling magnet, ekstra fan, dan amplifier.

rangkaian thermostat ac mobil

2. Letak Thermostat AC Mobil

Letak thermostat AC mobil melekat pada evaporator. Status dari evaporator sendiri biasanya ada dalam dasbor yang ada thermistornya. Bila mekanisme AC mobil tidak mempunyai thermistor, karena itu compressor AC akan hidup terus-terusan dan bisa mengakibatkan AC beku. Ini akan membuat evaporator jadi es karena compressor AC akan berputar-putar terus-terusan.

Baca Juga  Perbedaan Alternator Dan Generator: 5 Perbedaan & Ulasan

3. Cara Pemasangan Thermostat AC

Ada banyak tanda atau ciri thermostat mobil hancur. Misalkan saja temperatur udara dalam kabin tidak konstan. Ini muncul karena radiator tidak bekerja yang baik dan berpengaruh pada thermostat AC mobil. Ciri ke-2 nya temperatur yang panas dalam mobil.

Thermostat AC yang macet bisa terjadi saat temperatur mesin capai 90 derajat hingga perputaran ke radiator akan terhalang. Dan sebagai ciri-ciri thermostat AC mobil hancur dapat disaksikan dari konsumsi bahan bakar mobil yang gampang terhisap karena temperatur mesin yang tidak konstan.

Karena thermostat sisi penting dalam mekanisme pendingin mobil, bila terjadi kerusakan karena itu pergantian elemen itu dapat dilaksanakan untuk menuntaskan permasalahan overheating pada mobil. Anda bisa lakukan cara pemasangan thermostat digital AC mobil berikut ini:

  • Langkah awal, dapatkan akses ke sisi thermostat dulu. Pakai sarung tangan tebal saat lakukan proses ini.
  • Membuka kap mobil dan mencari sisi radiator. Anda bisa mengenali thermostat dengan selang pendek hitam pada radiator, selang itu akan menempel pada penutup thermostat.
  • Cara pasang thermostat AC mobil yakni dengan keluarkan media pendingin mesin dan terlepas aliran air keluar atau selang karet atas. Terlepas tutup thermostat dan keluarkannya dari tempatnya saat ditukar sama yang baru.
  • Luruskan posisi jiggle valve pada elemen dengan pertanda di bagian sisi kanan dan pasang gasket baru pada thermostat sebelumnya.
  • Geser jiggle valve arah 10 derajat ke kiri atau ke kanan dari pertanda. Lantas, masukan ke aliran untuk memasang kembali aliran air keluar atau selang karet atas.
Baca Juga  Cara Membuat Setir Manual Ringan: 5 Cara & Ulasan

4. Cara setel thermostat AC mobil

Di atas kamu sudah mengetahui nih cara pemasangan thermostat AC mobil. Tiba waktunya kamu harus ketahui cara setel termostat AC mobil berdasar beragam keadaan.

Men-setting thermostat AC mobil akan menolong kamu mengoptimalkan kerja bagian utama mobil itu. Berikut cara setel termostat ac mobil yang dapat kamu kerjakan sendiri di dalam rumah:

a. Cara setel thermostat AC mobil yang tidak dingin

Setelah cara pemasangan thermostat ac mobil sukses, maka langkah selanjutnya yaitu penyetelan. Thermostat atur panas dingin kabin mobil. Penyetelan thermostat AC mobil yang tidak dingin kuat hubungannya dengan baut kontrol. Triknya dilaksanakan dengan cara berikut ini:

  • Mencari sisi baut tempat seting temperatur AC mobil
  • Putarlah baut itu 1/2 lingkaran ikuti arah kontradiksi dari jarum jam
  • Rasakan temperatur yang dibuat apa mulai dingin atau mungkin tidak
  • Jika masih tidak cukup dingin, karena itu ulang proses memutar baut seperti pada atas
  • Bila proses telah diulang tetapi temperatur tetap tidak dingin, karena itu besar peluangnya ada permasalahan pada thermostat

b. Cara setel thermostat AC mobil yang terlampau cepat on/off

Untuk menambahkan interval on/off mekanisme compressor AC mobil bisa dilaksanakan dengan memutar 1/2 lingkaran baut interval atau baut differential. Ukurlah waktu interval on/off-nya. Ulang cara itu sampai mendapati interval yang bagus menurut kamu.

Sebagai catatan, thermostat AC mobil yang didiamkan on/off terlampau cepat dalam periode waktu lama akan membuat elemen bekerja terlampau keras hingga beberapa bagian tertentunya akan hancur. Seharusnya selekasnya bawa ke bengkel bila kerusakan kronis.

Diatas adalah ulasan terkait cara pemasangan thermostat ac mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -