Letak Bendik Starter Beat FI: Posisi Dan Ulasan

Letak Bendik Starter Beat FI – Beat FI merupakan salah satu motor yang banyak digunakan oleh konsumen indonesia. Namun sering terjadi permasalahan pada bagian bendik starter beat FI. Untuk mengetahui proses perbaikannya maka perlu diketahui letak bendik starter beat FI yang akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

letak bendik starter beat fi

Letak Bendik Starter Beat FI

Dalam penggunaannya terdapat dua tipe Beat FI. Untuk beberapa beat fi keluaran pertama pada umumnya masih menggunakan bendik starter namun untuk yang terbaru sudah menggunakan ACG starter. Untuk lebih jelasnya terkait letak bendik starter beat FI berada di:

1. Beat FI Dengan Bendik Starter

Pengguna Honda BeAt karbu maupun injeksi awal, atau Honda Vario 110 cc dan 125 cc karbu, mungkin kerap menemui kendala starter elektriknya masalah. Kemungkinan itu disebabkan oleh per yang ada di gigi pinion atau gigi starternya putus

Letak bendik starter beat FI lama ini ada di sebelah cover CVT. Oleh karena itu setelah cover penutup gigi transmisi otomatisnya terbuka, copot segera gigi pinion yang berada di atas sebelah kiri. Sementara untuk relay berada di dekat pijakan kaki sebelah kanan atau dibawah jok baterai.

2. Beat FI Dengan ACG Starter

Sementara yang sudah menggunakan ACG starter maka sudah tidak menggunakan bendik starter. ACG starter terletak atau letak bendik starter beat fi dengan acg starter berada di cover mesin sebelah kanan menjadi satu dengan spull.

Baca Juga  Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk: 11 Faktor & Perbaikan

ACG starter (alternating currents generator) disini berupa spull / kumparan pembangkit arus bolak balik yang bersumber dari medan induksi antara lilitan kawat dengan magnet. Yang membedakan antara spul magnet biasa dengan spul magnet dari ACG starter ialah jumlah lilitan kawat dan kumparan. Selain itu pada sistem ACG starter terdapat 3 kabel besar dari spul magnet menuju ECU / ECM. Kabel besar ini yang akan dialirkan arus listrik saat sepeda motor dihidupkan melalui FET circuit yang terdapat didalam ECU / ECM.

Sehingga spul magnet yang dialirkan arus listrik dari ECU. Hal ini akan membuat lilitan dan kumparan pada spul magnet mempunyai gaya magnet dan saat bersamaan disekitar lilitan spul terdapat magnet. Jadi pada intinya kutub magnet bertemu kutub magnet yang sama maka akan menghasilkan gaya tolak menolak.  Sehingga membuat magnet berputar terbalik kebelakang dan menggerakan kruk as dan piston.

Saat kondisi sepeda motor hidup ECU tidak akan mengalirkan arus listrik ke spul. Akan tetapi spul magnet tersebut akan mengahasilkan arus litrik AC karena putaran dari magnet. Arus listrik AC dari spul akan dirubah menjadi arus DC yang bertujuan sebagai sistem pengisian aki / accu.

Nah biar ada gambarannya tonton video berikut ini sampai selesai tapi jangan lupa subcribe terlebih dahulu ya bro, kalau belum ada berarti lagi proses bro.

Baca Juga  Cara Mengganjal Per Daun Agar Ceper: 5 Prosedur

Cara Memperbaiki Elektrik Starter Motor Honda Beat Ngadat ( Tidak Berfungsi )

Setelah mengetahui letak bendik starter motor honda beat fi maka perlu juga tau bagaimana cara memperbaiki ketika terjadi kerusakan. Adapun cara memperbaiki elektrik starter motor honda beat ngadat atau tidak berfungsi yaitu:

  1. Buka body motor bagian depan dan batok kepala. Karena yang menjadi penyebabnya ialah aki gak kuat atau soak dan komponen yang berhubungan lainnya ialah switch lampu rem depan belakang dan tombol starter.
  2. Setelah body dan batok terbuka, ada kabel yang tersambung ke switch tuas rem kanan dan kiri, yang masing-masing dua buah kabel. Cabutlah sambungan soket bagian kanan dan kiri dan kedua buah kabel tadi coba langsung disambungkan. Jika benar maka lampu rem akan menyala dan coba starter, jika bisa starter ganti switch remnya karena itu menandakan rusak.
  3. Jika setelah disambung dan lampu rem menyala tetapi masih ngadat. Jangan dicabut dulu kabel yang disambungkan tadi, coba kalian buka socket yang ketombol starter kemudian hubungkan dua kabel tersebut lalau colok aja pake kabel. Jika starter berfungsi dengan baik maka tombol starternya yang rusak, sebaiknya diganti tombolnya aja bisa.

Diatas adalah ulasan terkait letak bendik starter beat fi baik yang masih konvensional maupun yang sudah menggunakan ACG starter. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -