cara memperbaiki fuel pump mobil

Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil : 4 Cara Dan Ulasannya

Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil – Fuel pump atau pompa bahan bakar adalah salah satu komponen utama pada mekanisme bahan bakar. Fuel pump ini kerap berlangsung kerusakan yang bisa mengakibatkan kinerja mesin turun. Oleh karenanya perlu perawatan dan perbaikan supaya kerja fuel pump masih terlindungi. Lantas bagaimana cara memperbaiki fuel pump mobil?

Jika muncul kerusakan pada fuel pump, maka muncul bermacam tanda-tanda. Tanda-tanda kerusakan ini akan muncul bergantung dari kerusakan fuel pump. Tentu saja, tanda-tanda kerusakan ini akan memunculkan ketidaknyamanan waktu mengemudi. Oleh karena itu perawatan perlu dilakukan sebelum tanda atau gejala ini muncul.

Fuel pump sendiri terdiri dari 2 tipe yakni pompa mekanis dan elektris. Tetapi umumnya untuk mobil terkini telah memakai pompa elektris. Di dalamnya ada serangkaian kelistrikan yang riskan muncul kerusakan. Apa lagi pompa ini umumnya ditempatkan di dalam tangki bahan bakar. Oleh karenanya perlu proses perbaikan yang pas supaya fuelpump bisa bekerja secara baik.

Terdapat beberapa langkah yang bisa digunakan untuk memperbaiki fuel pump yang rusak. Langkah ini dimulai dari wiring harness, sirkuit kelistrikan, sampai ke motor pompa. Untuk lebih detilnya berkenaan cara memperbaiki fuel pump mobil akan diulas pada artikel di bawah ini.

cara memperbaiki fuel pump mobil

Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil

1. Pengecekan Fuse Fuel Pump

Pada sebuah rangkaian kelistrikan fuel pump merupakan komponen yang sangat penting yang bertugas untuk mengamankan rangkaian kelistrikan. Pada rangkaian fuel pump, fuse atau sekering merupakan salah satu penyebab timbulnya kerusakan. Oleh karena itu perlu pemeriksaan untuk memperbaiki fuel pump yang mengalami masalah. Cara pengecekan fuse fuel pump sangat mudah yaitu:

  • Mengecek secara visual bagaimana kondisi sekering atau fuse apakah terbakar atau tidak. Apabila tidak terbakar maka dapat dilanjutkan pengecekan dengan alat ukur. Sebaliknya apabila gosong maka perlu dilakukan penggantian.
  • Mengecek hubungan antar kaki fuse menggunakan multimeter. Apabila terdapat hubungan maka sekering belum putus. Namun sebaliknya apabila putus atau tidak ada hubungan maka perlu dilakukan penggantian.
Baca Juga  Gejala Knock Sensor Rusak : 5 Tanda & Cara Memperbaiki

2. Pengecekan Relay Fuel Pump

Relay fuel pump adalah salah satunya elemen pada serangkaian pompa bahan bakar yang berperan selaku sakelar elektronik untuk menyalurkan arus listrik supaya motor pompa bahan bakar bisa bekerja. Pengecekan relay pompa bahan bakar sesungguhnya sama dengan relay yang digunakan pada mekanisme kelistrikan. Cara pengecekan relay fuel pump yakni

  • Melepaskan relay dari socketnya
  • Memeriksa tahanan terminal 3 dan terminal 5. Hasil standard yakni 10 kilo Ohm atau bisa lebih.
  • Memeriksa tahanan terminal 3 dan terminal 5 dengan tambahan catu daya pada terminal 1 dan 2. Hasil standard yakni di bawah 1 Ohm.

3. Pengecekan Wiring Harness Fuel Pump

Pompa bahan bakar terbagi dalam serangkaian kelistrikan yang mempunyai wiring grafik spesifik. Wiring harness dari fuel pump bergantung pada tipe atau jenis mobil. Oleh sebab tiap kendaraan mempunyai wiring kelistrikan pompa bahan bakar yang berbeda.

Pada proses pengecekan wiring harness ada bermacam pengujian jalinan dari tiap wiring harness kelistrikan pompa bahan bakar. Pengecekan wiring harnes terbagi dalam pengcekan ada open sirkuit atau konsleting listrik. Untuk lebih detilnya berikut pengecekan wiring harness pompa bahan bakar.

  • Pengecekan hubungan di antara terminal FC1 (E10-22/konektor ECM) dengan Relay F/P (Terminal 1 Relay Fuel Pump). Hasil standard yakni sebesar di bawah 1 Ω
  • Pengecekan hubungan di antara terminal FC1 (E10-22/konektor ECM) atau relay F/P (Terminal 1 Relay Fuel Pump) dengan massa body. Hasil standard yakni sejumlah 10 kΩ atau bisa lebih.
  • Pengecekan hubungan antara terminal relay fuel pump atau terminal 5 relay fuel pump dengan pompa bahan bakar (terminal 3 motor pompa). Hasil standard yakni sebesar di bawah 1 Ω.
  • Pengecekan hubungan antara terminal 3 motor pompa dengan massa body. Hasil standard yakni sejumlah 10 kΩ atau bisa lebih.
  • Pengecekan hubungan antara terminal 4 motor pompa dengan massa body. Hasil standard yakni sebesar di bawah 1 Ohm.
Baca Juga  Tanda Throttle Body Bermasalah : 7 Gejala Dan Ulasannya

4. Pengecekan Tahanan Fuel Pump

Pengecekan tahanan motor pompa bermanfaat untuk mengenali performa dari motor pompa. Jika tahanan begitu besar tentunnya motor pompa akan berputar-putar lamban dan mengakibatkan bermacam permasalahan seperti ketertinggalan supply bahan bakar dan desakan bahan bakar yang kurang. Ini tentu saja bisa memengaruhi kinerja mesin.

Di dalam motor pompa ada kumparan atau field coil yang mempunyai tahanan spesifik. Ada kotoran, korosi, dan lain-lain bisa memperngaruhi besaran dari motor pompa. Oleh karenanya dibutuhkan pengecekan tahanan motor pompa. Untuk lebih detilnya, berikut cara pengecekan tahanan motor pompa.

  • Melepas terminal fuel pump.
  • Menghitung tahanan terminal 3 dan terminal 4. Hasil standard sebesar 0,2 – 3,0 Ohm pada suhu 20 derajat. Jika ada ketidaksamaan hasil karena itu dibutuhkan pergantian motor pompa atau rotak pompa bahan bakar.

Di atas merupakan ulasan mengenai beberapa proses perbaikan fuel pump mobil. Ada banyak cara memperbaiki fuel pump mobil yang paling gampang untuk dikerjakan bahkan juga untuk orang pemula sekalinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion