Oil Filter Remover (Oil Filter Wrench): Fungsi & Cara Menggunakan

oil filter remover

Oil Filter Remover (Oil Filter Wrench) – Dalam perawatan membutuhkan special service tools, salah satunya yaitu oil filter remover. Lalu apa fungsi oil filter remover atau oil filter wrench? Bagaimana cara menggunakannya?

Berikut penjelasan terkait fungsi oil filter remover atau oil filter wrench dan cara menggunakan yang akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini. Berikut ulasannya:

Fungsi Oil Filter Remover (Oil Filter Wrench)

Fungsi oil filter remover adalah untuk melepas dan memasang saringan filter oli. Alat ini terdiri dari berbagai macam bentuk. Meskipun terdiri dari berbagai jenis namun fungsinya tetap sama dan penggunaannya juga hampir sama. Jenis jenis oil filter remover terdiri dari:

oil filter remover

  1. Tipe Rantai
  2. Filter Oli Jenis Sabuk
  3. Filter Oli Jenis Topi
  4. Two Way Oil Filter

Kunci filter sebagai alat teknisi yang berperan untuk memasangkan dan melepaskan saringan oli (oil filter). Alat ini mempunyai design yang khusus sesuaikan dengan lokasi filter yang susah untuk dicapai dan keadaan filter yang licin hingga tidak dapat dibuka atau terpasang dengan tangan kosong. Walau kunci ini mempunyai design yang paling simpel, tetapi peranan dan perannya besar sekali dalam industri bengkel.

Cara Menggunakan Oil Filter Remover (Oil Filter Wrench)

1. Proses Pelepasan

cara menggunakan oil filter wrench

  • Memposisikan alat sst sesuai dengan gambar diatas, selanjutnya lingkarkan sabuk pada filter oli atau filter solar yang hendak dikendurkan.
  • Mengencangkan sabuknya dengan cara menariknya ke ujung gagang kunci sampai filter terlilit kuat (saksikan panah A). Yakinkan sabuk yang memutari filter tempatnya tidak miring.
  • Selanjutnya putar ke bersimpangan jarum jam, seperti mengurangi atau melepaskan baut. (saksikan panah B).
  • Umumnya cukup hanya 3/4 perputaran filter sudah dapat diputar dengan menggunakan tangan. Jika tidak dapat diputar dengan tangan, pakai kembali kunci sampai filter itu dapat diputar dengan tangan.
  • Lalu terlepas filter dari tempatnya, cukup hanya memutarnya dengan tangan sampai filter lepas.
Baca Juga  Komponen Setir Mobil: 8 Bagian Dan Ulasan

2. Proses Penempatan

cara menggunakan oil filter wrench

  • Pasang filter oli atau filter solar pada tempatnya, selanjutnya mengencangkan dengan cara memutarnya sama arah jarum jam menggunakan tangan sampai tidak bisa diputar dengan tangan. Yakinkan status filter dipasang secara benar dan tidak miring.
  • Selanjutnya statuskan kunci seperti gambar di atas, selanjutnya lingkarkan sabuk pada filter oli atau filter solar yang hendak dikencangkan.
  • Mengencangkan sabuknya dengan cara menariknya ke ujung gagang kunci sampai filter terlilit kuat (saksikan panah A). Yakinkan sabuk yang memutari filter tempatnya tidak miring.
  • Lalu putar kunci sama arah jarum jam sekitar 3/4 perputaran (atau sama sesuai saran yang tercantum di filter atau buku petunjuk). Tidak boleh melewati perputaran yang disarankan atau kekencangan, karena akan menghancurkan filter itu dan akan sulit saat melembekkannya nantinya.

Di atas ialah pembahasan berkaitan fungsi oil filter remover (oil filter wrench) dan cara memakainya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.