Fungsi One Way Clutch: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi One Way Clutch – Pada transmisi otomatis terdapat beberapa bagian, salah satunya one way clutch. Lalu apa fungsi one way clutch? Untuk lebih jelasnya terkait fungsi one way clutch akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Fungsi One Way Clutch

Pada lockup clutch torque converter umumnya diperlengkapi dengan one-way clutch atau freewheel. Fungsi One way clutch sebagai sisi kopling otomatis yang memutuskan dan menyambungkan kutub pendorong (driving shaft) dan yang di gerakkan (driven shaft) bergantung pada perbedaan kecepatan pemutaran pojok dari kutub – kutub itu.

Bila kecepatan driving semakin tinggi dari driven, kopling bekerja menyambungkan driving dan driven. Bila kecepatan driving lebih rendah dari driven, kopling bekerja putuskan driving dan driven. One way clutch bekerja berdasar saluran fluida.

fungsi one way clutch

Komponen One Way Clutch

Setelah mengetahui fungsi one way clutch maka perlu diketahui pula bagian bagiannya. Pada one way clutch terdapat beberapa bagian atau komponen diantaranya yaitu:

1. Cam

Cam berperan menghubungkan one way clutch dan stator, cam di-spline dengan stator.

2. Roller

Roller sediakan ikatan teknisi di antara cam dan hub.

3. Spring

Spring meredam roller saat cam terbuka

4. Hub

Hub menyambungkan one way clutch ke carrier, hub di-spline dengan carrier.

Penerapan One Way Clutch

Penerapan one way clutch pada alat berat pada unit Wheel Tractor-Scrapers, Beckhoe Loaders, Off Highway dan Articulated Trucks.

Baca Juga  Kondensor AC Adalah : Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja

Keuntungan

  1. Bisa melipatgandakan torsi saat berat beban
  2. Kurangi terjadinya kemungkinan overheating (panas yang muncul lebih sedikit)
  3.  Kurangi converter drag

Cara Kerja One Way Clutch

Cara kerja one way clutch pada transmisi otomatis sebenarnya sangat sederhana yaitu:

1. Locked Model (fase melipat gandakan torsi)

Cara kerja one way clutch yang pertama yaitu model locked atau fase melipat gandakan torsi. Saat mesin kekurangan beban dan dalam babak melipatgandakan torsi, style oli yang ada di depan baling – baling stator akan coba memutarkan cam ring sama arah jarum jam.

Tindakan ini akan mengakibatkan roller diapit di antara cam dan hub, mengamankan stator di tempatnya. Stator selanjutnya akan kembalikan oli ke impeller untuk melipat gandakan torsi.

2. Unlocked Model (fase coupling)

Selain itu cara kerja one way clutch yang kedua yaitu unlocked model. Bersamaan kecepatan impeller dan turbine bertambah, style oli mulai memutar belakang stator. Baling – baling memutar stator bersimpangan arah jarum jam. Saat berputar-putar semacam ini, tidak ada tindakan pencapitan dan roller bisa memutarkan hub dan stator freewheel. Stator tidak kembalikan oli ke impeller, mengakibatkan torque converter bekerja seperti fluid coupling.

Di atas adalah fungsi one way clutch yang berada di transmisi otomatis. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.