Fungsi Kampas Kopling Mobil: 7 Peran & Ulasan

Fungsi Kampas Kopling Mobil – Fungsi kampas kopling pada mobil pada umumnya berperanan besar dalam mekanisme pemindah daya. Proses kerja dari kopling adalah melanjutkan perputaran mesin yang dari kutub engkol dan flywheel yang dilanjutkan oleh kopling. Lalu apa saja fungsi kampas kopling mobil?

Kopling automatis akan salurkan tenaga yang dikuasai oleh putaran mesinnya dengan status formasi kampas dan pelat kopling yang renggang. Namun pelat kopling akan automatis mendekat saat kendaraan dipacu.

Kopling manual sudah pasti berkebalikannya, yakni formasi kampas dan pelat kopling lebih rapat. Berlainan dengan kopling automatis, kopling manual mempunyai performa berdasar tenaga dari sang pengendara dan mencapai kopling. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi kampas kopling pada mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi kampas kopling mobil

Fungsi Kampas Kopling Mobil

Ada banyak fungsi kampas kopling atau clutch disc pada kendaraan salah satunya yakni:

1. Memutuskan dan Menyambung Tenaga Mesin ke Roda

Fungsi kampas kopling mobil yang pertama adalah untuk memutuskan dan menyambung tenaga putar dari mesin ke transmisi. Fungsi kampas kopling ini adalah fungsi yang paling penting.

Di proses pendistribusian tenaga dari mesin ke transmisi, kampas kopling jadi sisi langsung memutar input shaft transmisi. Ini karena elemen kampas kopling dipasang bersatu dengan input shaft transmisi.

Saat mesin berputar-putar, tenaga putar mesin akan memutar flywheel selanjutnya diteruskan ke clutch cover. Ketika clutch cover dalam status renggang karena pedal kopling diinjak, karena itu tenaga mesin akan terputus karena kampas kopling tidak diapit dan tidak turut berputar-putar bertepatan dengan perputaran flywheel.

Baca Juga  Fungsi Air Radiator Mobil : Peran, Jenis, Dan Cara Kerja

Saat clutch cover dalam status rapat dan menjepit kampas kopling (pedal kopling dilepas), karena itu tenaga mesin akan tersalurkan dari flywheel ke arah clutch cover selanjutnya ke kampas kopling hingga kampas kopling akan memutar input shaft transmisi. Untuk memperjelasnya silakan baca artikel langkah kerja kopling mobil dan komponennya.

2. Memperhalus angkatan engine

Fungsi kampas kopling mobil yang seterusnya adalah untuk memperhalus pendistribusian tenaga mesin ke transmisi. Saat proses pendistribusian tenaga terjadi dari mesin ke transmisi, kampas kopling turut berperanan untuk memperhalus peralihan saat pendistribusian tenaga.

Sebagai contoh saat mesin pada keadaan akselerasi atau deselerasi, perputaran mesin secara mendadak akan berbeda dan bergerak bisa lebih cepat (akselerasi) ataupun lebih lamban (deselerasi) dibandingkan dengan perputaran input shaft transmisi.

Pada keadaan ini, karena itu tenaga mesin yang tersalurkan akan berbeda dengan mendadak, peralihan ini akan membesarkan slip yang terjadi di antara kampas kopling dengan flywheel hingga pendistribusian tenaga mesin ke transmisi akan menyusut mencolok.

Oleh karena itu, untuk menghindar menyusutnya tenaga mesin akbiat slip, karena itu kampas kopling akan akan berfungsi untuk memperhalus peralihan tenaga yang terjadi di antara mesin dengan transmisi pada keadaan itu.

3. Menahan getaran dan getaran

Yang ketiga peran kampas kopling mobil dalah untuk menahan hentakan dan getaran yang terjadi saat proses ikat putus tenaga mesin ke transmisi. Kampas kopling terbagi dalam beberapa elemen yang masing-masing memiliki fungsi untuk mengoptimalkan kerja kopling. Baca lebih komplet mengenai elemen kampas kopling mobil.

Baca Juga  Fungsi Bendik Starter: Peran, Cara Kerja, Dan Perbaikan

Satu diantaranya adalah torsion dumper dan cushion plate. Ke-2 elemen kampas kopling ini akan menahan hentakan dan getaran yang terjadi terutamanya di saat proses putus ikat tenaga mesin ke transmisi.

Saat hentakan dan getaran yang terjadi dapat diredam, karena itu slip kampas kopling dapat dikurangkan dan menahan menyusutnya daya / tanaga yang diteruskan dari mesin ke transmisi.

4. Memudahkan Berpindah Gigi

Selain itu fungsi kampas kopling mobil adalah untuk memudahkan perform kendaraan saat kamu mengalihkan gigi mobil. Peralihan gigi mobil ini akan jadi lebih lembut saat mobil mulai jalan atau dipakai.

5. Menolong Hentikan Mobil Tanpa Mati Mesin

Karena ada kopling mobil maka kamu dapat hentikan mobil tanpa perlu mematikan mesin. Hal ni benar-benar bermanfaat di saat macet atau lampu merah di jalan besar yang padat.

6. Mendukung Perform Kendaraan

Kopling mendukung perform kendaraan dan mesin hingga bisa bekerja lebih optimal dan maksimal.

7. Tingkatkan Perform Rem

Fungsi kampas kopling mobil yang paling akhir adalah untuk tingkatkan perform rem kendaraan. Ini sangat penting, khususnya saat kamu lakukan pengereman kejutan atau genting.

Menyaksikan vitalnya fungsi dari kampas kopling pada kendaraan, membuat kamu harus pastikan elemen itu berfungsi secara baik saat sebelum dipakai. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.