Komponen Pulley Primer: 6 Bagian Dan Ulasan

komponen pulley primer

Komponen Pulley Primer – Sepeda motor matic adalah sepeda motor menggunakan sistem CVT (Continously Variable Transmission), memiliki dua bagian utama. Salah satunya yaitu pulley primer yang terdiri dari beberapa bagian. Lalu apa saja komponen pada pulley primer?

CVT sebagai mekanisme peralihan kecepatan secara full automatis yang disamakan dengan perputaran mesin. Mesin ini tidak memakai gigi transmisi, pada dasarnya sebagai tukarnya memakai 2 buah pulley yaitu : pulley depan dan pulley belakang yang disambungkan dengan V-belt. Hal ini sama seperti motor biasa yang ada pada motor bebek.

Dengan mekanisme ini pengendara tak perlu memakai peralihan gigi hingga lebih gampang, tinggal memutar gas untuk menambahkan kecepatan dan mengendorkan untuk kurangi kecepatan. Untuk memperjelasnya berkaitan komponen pulley primer akan dibahas lebih adalam pada artikel di bawah ini.

komponen pulley primer

Komponen Pulley Primer

Pulley primer adalah bagian CVT yang ada di bagian depan yang berperan sebagai pendorong atau drive. Komponen ini akan melanjutkan perputaran dari mesin ke bagian secondary pulley yang tersambung dengan roda. Agar hasilkan ratio, karena itu pada pulley primer terdiri dari beberapa komponen. Berikut komponen pulley primer yaitu:

1. Primary Fixed Shave

Dalam komponen pulley primer dapat terbagi menjadi dua bagian khusus, yaitu: Primary fixed sheave dan primary sliding sheave. Pada primary fixed sheave adalah pulley yang salah satunya seginya tersambung secara fixed atau tetap ke bagian poros pulley primer.

Baca Juga  Cara Kerja Shock Absorber : Prinsip Dan 2 Transisi Kerja

Dengan kata lain bagian ini berfungsi sebagai tempat V belt melilit pulley. Komponen ini berupa piringan dan di bagian pinggir komponen ini ada kipas pendingin yang berperan sebagai pendingin ruangan CVT supaya V-belt tidak cepat panas dan aus.

2. Primary Sliding Sheave

Primary sliding sheave adalah komponen pulley primer yang tersambung secara tak tetap pada kutub pulley primer. Karena pulley ini tak tetap karena itu bisa berubah ke kiri dan ke kanan. Primary sliding sheave berperan untuk membesarkan atau memperkecil diameter dari pulley primer.

Apabila Hingga saat primary sliding sheave bergerak dekati primary fixed sheave karena itu jarak di antara ke-2 pulley itu jadi makin dekat membuat V-belt tergerak dan jadi lebih melebar. Sementara disamping yang lain dipakai sebagai dudukan atau rumah roller. Oleh karenanya primary sliding sheave ini biasa dinamai rumah roller.

3. Spacer

Spacer atau disebutkan bosh rumah roller berperan sebagai kutub dinding dalam atau dudukan primary sliding sheeve / rumah roller supaya dinding dalam bisa bergerak secara lembut saat berubah. Jika di bagian pulley primer ini oblag karena itu yang ditukar harus dengan rumah rollernya, tidak dapat bila cuman tukar salah satunya, karena keausan umumnya terjadi antara ke-2 bagian yaitu spacer dan rumah roller.

4. Primary Shaft

Primary shaft adalah salah satu bagian yang digunakan untuk menyambungkan perputaran crankshaft dari mesin ke pulley primer. Sebagai kutub khusus, komponen ini terhubung dengan crankshaft mesin secara masih tetap. Akibatnya RPM mesin sama dengan RPM pada poros khusus, atau dengan kata lain RPM mesin sama dengan RPM pulley primer.

Baca Juga  Fungsi Delivery Valve atau Katup Deliveri : 5 Fungsi & Cara Kerja

5. Roller (Weight Primary Sheeve)

Roller adalah bantalan kesetimbangan gaya berat yang ada pada CVT. Bagian ini bermanfaat untuk menekan dinding dalam pulley primer saat terjadi perputaran tinggi. Apabila dilihat dari prinsip kerjanya maka makin berat karena itu ia akan makin cepat bergerak menggerakkan movable drive face pada drive pulley hingga dapat tekan belt ke status paling kecil.

6. Slider

Komponen pulley primer yang paling akhir yaitu slider. Slider berperan untuk menahan getaran pada rumah roller yang dibuat saat roller bergerak dalam primary sliding sheave. Jumlah spacer biasanya ada 3 biji apabila komponen ini alami kerusakan maka memunculkan suara klok-klok di saat mesin hidup pada perputaran idle.

Diatas adalah ulasan terkait beberapa komponen pulley primer yang ada pada CVT. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.