Fungsi Plunger Pada Pompa Injeksi: Peran, Bagian, & Cara Kerja

Fungsi Plunger Pada Pompa Injeksi Adalah – Plunger atau yang dikenali dengan elemen pompa sebagai salah satunya komponen pada pompa injekasi in line. Fungsi plunger pada pompa injeksi adalah sangat penting. Lalu fungsi plunger pada pompa injeksi adalah?

Fungsi plunger adalah untuk tekan atau mengkompresikan bahan bakar solar hingga bahan bakar yang keluar pompa injeksi mempunyai penekanan. Maka dari itu plunger atau elemen pompa dibikin benar-benar akurat.

Untuk melakukan perannya, karena itu plunger atau elemen pompa mempunyai komponen yang mempunyai pekerjaan dan peranan yang berbeda. Pada intinya komponen plunger terbagi dalam barrel, kontrol groove, feed hole, dan driving face. Tiap komponen bekerja supaya plunger atau elemen pompa bisa bekerja seperti mestinya.

Plunger mempunyai peran utama pada pompa injeksi. Tanpa plunger karena itu pompa injeksi tidak sanggup menginjeksikan bahan bakar. Maka dari itu perlu didalami beragam hal berkenaan plunger. Berikut adalah ulasan terkait fungsi plunger pada pompa injeksi, komponen, dan cara kerjanya.

fungsi plunger pada pompa injeksi adalah

Fungsi Plunger Pada Pompa Injeksi

Fungsi plunger pada pompa injeksi adalah seperti jarum suntik. Tiap pergerakan piston mundur atau maju cuma memiliki fungsi tunggal. Misalnya, saat piston bekerja mundur, karena itu air akan terserap masuk ke ruangan silinder, dan bila piston bekerja maju, air akan tergerak keluar ruangan silinder. Hingga masing-masing pergerakan piston mempunyai satu fungsi saja.

Sebetulnya kelebihan fungsi plunger pada pompa injeksi adalah untuk meninggikan energi mekanis dari satu mekanisme saluran fluida hingga fluida ini akan mengucur secara stabil. Di lain sisi, ada manfaat lain dari alat pompa tipe ini untuk penekanan pompa yang tinggi di antara 400-1000 psi. Fluida disini adalah bahan bakar pada mesin diesel.

Keuntungan dan Rugi Plunger Pump

1. Keuntungan Pompa Plunger

Berikut sebagai keuntungan yang didapat dari pemakaian pompa plunger yakni:

  • Sanggup capai penekanan yang tinggi sekali.
  • Tidak memengaruhi kecepatan alir.
  • Penekanan dan peralihan kecepatan alir mempunyai dampak yang kecil pada performa.
  • Sanggup gerakkan cairan kental, slurry, dan abrasif dengan design katup yang akurat.
Baca Juga  Fungsi Sistem AC : 4 Peranan Dan Ulasannya

2. Rugi Pompa Plunger

Sementara, rugi yang muncul dari pemakaian pompa plunger yakni:

  • Ongkos operasi dan perawatan tinggi.
  • Umumnya berat dan besar.
  • Umumnya cuma tangani kecepatan alir yang lebih rendah.
  • Saluran bergetar.

Komponen Plunger (Elemen Pompa)

Agar bisa menjalankan fungsi plunger pada pompa injeksi adalah untuk apa saja maka terbagi dalam beberapa komponen. Untuk memperjelasnya berikut sebagai ulasan berkenaan komponen plunger.

1. Barrel atau Silinder

Barrel atau silinder adalah salah satunya komponen plunger (elemen pompa) yang berperan sebagai silinder atau rumah tempat penekanan bahan bakar solar. Untuk hasilkan penekanan bahan bakar yang sesuai keperluan mesin karena itu plunger dan barrel dibikin benar-benar akurat.

2. Feed Hole

Feed hole adalah salah satunya komponen plunger (elemen pompa) yang berperan sebagai aliran masuk bahan bakar di dalam barrel atau silinder. Bahan bakar solar akan masuk ke pompa injeksi dan akan di pompa oleh feed pump hingga bisa masuk ke barrel lewat feed hole. Masuknya bahan bakar di dalam barrel karena ada kevakuman karena pergerakan plunger ke bawah. Bahan bakar yang masuk ke barrel selanjutnya akan didesak oleh plunger.

3. Kontrol Groove atau Helix

Kontrol groove atau helix adalah salah satunya komponen plunger (elemen pompa) yang berperan sebagai alu yang dipakai untuk mengatur bahan bakar. Bagian ini akan atur jumlahnya bahan bakar yang masuk ke barrel yakni dengan atur pendek panjangnya cara efisien plunger. Saat kontrol groove berjumpa dengan feed hole karena itu cara efisien plunger akan stop.

4. Driving Face

Driving face adalah salah satunya komponen plunger (elemen pompa) yang berperan untuk atur pergerakan plunger ke kanan dan ke kiri. Penataan pergerakan plunger ini ditata bersama dengan kontrol rak dan kontrol sleeve. Driving face dilakukan oleh kontrol sleeve berdasar performa dari governor.

Cara Kerja Plunger (Elemen Pompa)

Setelah mengetahui fungsi plunger pada pompa injeksi adalah untuk apa saja maka perlu diketahui cara kerjanya. Cara kerja plunger manfaatkan pergerakan cam atau noken. Pergerakan cam atau noken ini mengakibatkan plunger akan bergerak naik dan turun. Proses ini akan tekan bahan bakar yang masuk ke barrel atau silinder supaya mempunyai penekanan. Cam atau noken akan tekan plunger lewat tapped roller.

Baca Juga  Priming Pump Adalah: Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

1. Saat di titik mati bawah

Di saat plunger bergerak kebawah atau ke arah titik mati bawah maka muncul kevakuman pada delivery chamber. Mengakibatkan bahan bakar akan terserap dan mengucur masuk ke delivery chamber melalui feed hole. Saat plunger mengarah ke atas atau ke arah titik mati atas karena itu bahan bakar di dalam delivery chamber akan tekan atau mengkompresikan bahan bakar.

2. Proses Penekanan

Proses penekanan akan diawali saat plunger tutup feed hole. Penekanan bahan bakar disamakan dengan standard penekanan pompa injeksi atau sesuai keperluan mesin. Bahan bakar akan didesak atau dikompresikan sampai buka katup delivery valve yang selanjutnya akan dilanjutkan ke injektor nozzle.

3. Pengontrolan Jumlah Bahan Bakar

Banyak minimal bahan bakar yang dikompresikan sesuai keperluan kendaraan yang dikendalikan lewat langkah efektif plunger. Langkah efektif plunger ditata lewat barrel lewat lubang feed hole dan kontrol groove pada plunger. Lubang feed hole statis atau diam sementara kontrol groove akan beralih-alih sesuai pergerakan plunger karena tarikan dari kontrol sleeve lewat driving face.

Jika feed hole berjumpa dengan kontrol groove jadi tidak bisa terjadi penekanan pada bahan bakar yang ada di delivery chamber. Bahan bakar akan mengucur kembali lewat kontrol groove ke lubang feed hole. Maka dari itu panjang cara efisien ditetapkan oleh jarak feed hole dengan kontrol groove. Makin panjang jarak ke-2 nya karena itu cara efisien makin panjang. Mengakibatkan bahan bakar akan makin bertambah yang didesak. Kebalikannya makin pendek jarak ke-2 nya karena itu cara efisien makin pendek. Mengakibatkan bahan bakar yang didesak akan makin berkurang.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi plunger pada pompa injeksi, komponen, dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.