kondensor ac adalah

Kondensor AC Adalah : Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja

Kondensor AC Adalah – Kondensor AC adalah sebuah komponen AC mobil yang berperan mengganti freon berbentuk gas jadi wujud cair lewat satu proses kondensasi. Secara simpel, cara kerja kondensor AC mobil sebagai heat exchanger, yaitu pengubah gas freon jadi cairan bertekanan tinggi, selanjutnya disalurkan ke expansion valve. Untuk lebih jelas terkait kondensor AC baik pengertian, fungsi, dan cara kerja, akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

kondensor ac adalah

Pengertian Kondensor

Pengertian kondensor adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi sebagai penukar kalor atau panas, mengganti wujud refrigerant dari wujud gas ke cair dan turunkan temperatur suhu refrigerant. Untuk sisi ini umumnya memakai udara sebagai media pendingin. Jumlah panas yang ada di refrigerant dilepaskan ke udara adanya kontribusi dari kipas motor pada mekanisme AC. Beberapa komponen yang ini harus betul-betul terbangun supaya AC mobil bisa berperan dengan optimal.

Ada banyak pemicu kenapa AC Mobil tidak dingin, diantaranya ialah karena ada kerusakan pada salah satunya komponen AC itu. Kekotoran pada sirip kondensor jadi salah satunya pemicu kenapa AC mobil tidak bekerja dengan optimal.

Fungsi Kondensor AC

Kondensor pada AC mobil memiliki beberapa jenis fungsi. Manfaat komponen ini benar-benar memberikan dukungan performa AC mobil agar optimal. Berikut fungsi kondensor AC:

1.Mengganti Panas

Fungsi kondensor AC yang pertama adalah untuk mengganti panas. Kalor atau panas akan diganti dari sebelumnya berbentuk gas jadi wujud cair. Perubahan kalor ini akan dilaksanakan oleh komponen refrigerant.

Baca Juga  Pompa Injeksi Distributor VE : Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

Media yang dipakai untuk perubahan kalor atau panas jadi wujud cair ini ialah udara. Peran udara dalam masalah ini ialah dipakai sebagai media untuk lakukan pendinginan. Pelepasan panas ini ditolong oleh komponen AC yang lain, yakni kipas.

Kolaborasi di antara semua komponen AC mobil ini diperlukan supaya panas bisa diproses secara baik. Jika semua komponen dapat berperan secara optimal, udara yang diembuskan oleh AC akan dingin. Ini akan memengaruhi kenyamanan pengendara dan penumpang yang ada dalam mobil.

Perubahan gas refrigerant jadi cairan freon dilaksanakan oleh komponen kondensor AC. Komponen AC yang ini kan lakukan peresapan gas pada freon dengan kontribusi udara. Sesuai dengan hukum termodinamika maka panas yang dilepaskan sama dengan tingkat kedinginan udara di dalam AC mobil.

Peletakan komponen AC ini umumnya berada di radiator. Hal ini bertujuan agar proses pendinginan komponen itu dapat ditolong oleh udara yang mengucur saat mobil bergerak dan dari kipas radiator. Proses ini bermanfaat untuk menolong performa AC supaya bisa optimal.

2.Membuang Panas

Fungsi seterusnya dari kondensor pada AC mobil untuk buang panas. Pembuangan ini terjadi di saat proses pengubahan freon dari bentuk gas sampai jadi cair. Freon sendiri berawal dari salah satunya komponen AC, yakni compressor.

Komponen AC ini berkaitan dengan kipas pendingin. Temperatur dari udara yang diembuskan oleh AC mobil ini dikuasai oleh performa ke-2 komponen itu. Fungsi dari ke-2 nya terus akan berulang-ulang sepanjang AC mobil masih pada kondisi hidup.

Baca Juga  Komponen Gardan Mobil Dan Fungsinya : 18 Bagian & Ulasan

Cara Kerja Kondensor AC Mobil

Cara kerja kondensor AC mobil disesuaikan dengan perfoma sistem AC. Performa AC mobil diawali di saat proses kompresi freon sampai jadi gas. Akibat kompresi maka freon akan berubah menjadi gas bertekanan tinggi dan bersuhu dingin. Proses setelah itu peresapan panas freo ole kondensor AC mobil.

Saat panasnya diserap, freon akan berbeda bentuk jadi cair. Panas pada freon diserap memakai kontribusi kipas supaya prosesnya optimal. Seterusnya freon akan diembuskan ke luar AC lewat sirip-sirip dan receiver dryer.

Proses perubahan sampai penghembusan freon ini terjadi berulang-ulang sepanjang AC mobil dihidupkan. Freon yang telah diolah itu akan beralih menjadi udara yang dingin dan berkesan lembut dalam mobil. Untuk lebih jelasnya berikut cara kerja kondensor AC:

  1. Kondensor bisa dikenali dengan heat exchange yang dapat mengalihkan panas ke udara.
  2. Komponen ini adalah sisi yang cukup panas dari AC Mobil, letak kondensor biasanya diletakkan di bagian depan radiator mobil.
  3. Freon yang telah di kompresikan oleh compressor ac akan dialirkan ke kondensor dalam bentuk gas bertekanan tinggi dan bersuhu panas.
  4. Embusan angin dari pendingin atau fan yang melekat pada kondensor akan buang panas yang di menghasilkan dan turunkan penekanan Freon dan terjadi pengubahan bentuk dari gas jadi cair.

Diatas merupakan ulasan terkait kondensor AC adalah, baik pengertian kondensor, fungsi kondensor ac, dan cara kerja kondensor ac. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion