Cara Menyetel Lampu Depan Mobil: 9 Prosedur & Ulasan

Cara Menyetel Lampu Depan Mobil – Sudah pernahkah mata Anda jadi silau karena lampu mobil seseorang, atau lampu mobil Anda tidak menyorot ke jalan di depan mobil secara benar? Hal ini tentunya dapat mengganggu diri sendiri maupun pengendara lain. Lalu bagaimana cara menyetel lampu depan mobil?

Setting headlamps yang betul benar-benar di perlukan oleh kita. Posisi dari sorotan headlamps atau lampu mobil yang terlampau tinggi atau rendah akan mengusik penglihatan kita dan penglihatan pengendara dari arah depan atau pengguna jalan lainnya.

Oleh karena itu apabila posisi lampu depan tidak sesuai harus dilakukan penyetelan. Untuk lebih jelasnya terkait cara menyetel lampu depan mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara menyetel lampu depan mobil

Penyebab Setelan Lampu Depan Mobil Berbeda

Saat sebelum mengetahui bagaimana cara menyetel sorot lampu depan mobil perlu minimal kita mengetahui penyebab sorot headlamp mobil berbeda diantaranya yaitu:

  1. Bohlam yang tidak terpasang secara benar pada tempatnya. Jadi yakinkan dahulu bohlam untuk headlamps telah terpasang secara benar pada dudukannya. Umumnya terjadi sesudah menukar bohlam untuk headlamps.
  2. Penyebab lain karena getaran, reflektor lepas dari baut untuk setelan Headlamp. Untuk permasalahan ini biasa nya sorot lampu depan sulit atau mungkin tidak dapat untuk di setel.

Cara menyetel headlamp atau lampu depan mobil tidak membutuhkan cara yang repot karena sorot headlamps sendiri mempunyai batasan atas. Jadi batasan sorot lampu headlamps itu yang kita gunakan.

Baca Juga  Penyebab Air Radiator Meluap : 5 Faktor Dan Ulasannya

Yang penting kita mengetahui adalah bagian dari lampu depan mobil yang berperan untuk menyetel tinggi rendah dan kiri-kanan sorot lampu headlamps. Cara menyetel lampu depan mobil dengan mudah adalah mengambil tempat rata dalam jarak pandang yang lumayan jauh ke depan. Hidupkan lampu depan selanjutnya setel pengontrol sorot headlamp.

Atur sorot Headlamp dapat dengan obeng atau kunci maupun cukup hanya tangan karena setelan umumnya cukup hanya tenaga dari tangan untuk beberapa type dan merk mobil. Yakinkan pada sorot lampu paling jauh untuk lampu bawah tidak melewati ketinggian lampu mobil.

Cara Menyetel Lampu Depan Mobil

Terdapat beberapa cara untuk menyetel lampu depan atau headlamp pada mobil diantaranya yaitu:

1. Pengecekan

  • Parkir mobil di jalan yang rata. Pastikan beban dan tekanan ban sesuai standar. Bila kemungkinan, minta seorang untuk duduk di kursi sopir dengan tangki bahan bakar berisi 1/2 penuh. Disamping itu, check apakah gerigi pengontrol arah sorotan lampu depan telah ada di status 0.
  • Parkir mobil Anda di jalan yang rata, pada jarak kurang lebih 3 m sampai 4,6 m dari tembok yang gelap atau pintu garasi, dengan sisi depan mobil ke arah tembok. Jalan aspal atau tempat parkir yang datar adalah lokasi yang terbaik.
  • Hidupkan beberapa lampu depan. Tidak boleh pakai lampu jauh atau lampu kabut. Setelah itu membuat pertanda garis tengah horizontal dan vertikal pada sinar sorotan lampu dengan selotip. Hal ini untuk membuat dua pertanda “T” pada dinding atau pintu garasi.
  • Tempatkan alat waterpas yang umum dipakai oleh tukang bangunan antara dua pertanda garis tengah untuk menyaksikan apa sorotannya rata. Bila tidak rata, pakai meteran untuk menghitung jarak pertanda sisi bawah pada tembok dan turunkan pertanda garis tengah yang lain di ketinggian yang serupa. Ke-2 garis tengah ini semestinya sama rata di ketinggian tidak lebih dari 1,1 m dari permukaan jalan.
Baca Juga  Penyebab Setir Mobil Lari Ke Kiri dan Kanan: 5 Faktor & Cara

2. Pengaturan

  • Mundurkan mobil Anda sampai memiliki jarak pas 7,6 m dari tembok atau pintu garasi. Matikan lampu-lampunya. Bukalah ring trim beberapa lampu itu dan cari sekrup-sekrupnya yang ada di sisi lampu.
  • Tutuplah salah satunya lampu dengan sebuah kain atau benda yang lain sementara Anda mengatur status dan mengetes lampu yang lain.
  • Putarlah skrup atau baut sisi atas untuk mengatur sisi yang vertikal. Perputaran sesuai dengan arah jarum jam semestinya akan meningkatkan status lampu itu.
  • Putar skrup atau baut sisi samping untuk atur status lampu secara horizontal. Saat ini, pada intinya Anda akan melakukan hal sama dengan penataan ke kiri dan ke kanan. Sorotan sinar lampu yang paling jelas semestinya berada di sisi kanan pada garis yang vertikal.
  • Ujilah penataan sorotan lampu Anda di jalan.

Diatas adalah cara menyetel lampu depan mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -