Cara Membuat Setir Manual Ringan: 5 Cara & Ulasan

Cara Membuat Setir Manual Ringan – Setir manual atau kemudi yang belum dilengkapi power steering akan terasa berat. Hal ini tentu akan menganggu proses pengendalian kendaraan. Lalu apa saja cara yang dapat digunakan untuk membuat setir manual menjadi ringan?

Setir kemudi mobil yang dirasa berat membuat kita jadi lebih gampang capek saat mengaturnya karena kita memerlukan tenaga ekstra buat lakukan hal tersebut ditambah terutamanya untuk mobil yang memanglah belum dukungan memakai power steering secara bawaan.

Untuk menangani ini di mana minimal kita tidak perlu berasa terlampau berat dari umumnya yakni dengan menanganinya dengan cara lakukan beberapa penyetelan atau tambahan elemen yang dapat membuat kemudi jadi lebih ringan dibanding awalnya. Untuk lebih jelasnya berikut cara membuat setir manual menjadi ringan.

cara membuat setir manual ringan

Cara Membuat Setir Manual Ringan

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat setir manual pada kendaraan menjadi ringan yaitu:

1. Pakai sudut camber positif

Cara pertama untuk membuat setir manual menjadi ringan adalah dengan lakukan penyetelan sisi kaki – kaki mobil, terutamanya pada sudut camber roda depan mobil yang dibikin jadi lebih positif. sudut camber yang sebelumnya negatif dan dirubah jadi positif pasti membuat kemudi mobil jadi lebih ringan. Tetapi peralihan ini tidak boleh terlampau positif sekali karena akan berpengaruh pada kendalian mobil yang liar yang seakan – olah mobil berasa seperti sempoyong dan terpeleset.

Kalian dapat mengubah sudut camber ini yang kemungkinan sebelumnya adalah negatif jadi positif di bengkel spooring paling dekat di kota mu. Oh ya untuk optimal sudut positif camber upayakan tidak boleh lebih dari 0.30 derajat ya, kalian dapat memberi info ke sales advisor atau teknisi yang kerjakan aktivitas spooring ini.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil: 4 Cara & Ulasan

Untuk jasa spooring ini bergantung juga bengkel yang kalian kunjungi karena harga dapat bervariatif dimulai dari 100 ribu rupiah sampai ada yang sampai 500 ribu bahkan juga lebih bergantung mode mobil dan tingkat kesusahan dalam mengatasinya, dan jika kemungkinan perlu tambahan componen seumpama camber kit.

2 Pasang power steering sendiri

Cara selanjutnya untuk membuat setir manual ringan adalah dengan memodifikasi yaitu menambah elemen power steering aftermarket di bengkel khusus power steering, karena disitu anda akan diberi elemen terbaik yang sesuai mode kendaraanmu karena setiap kendaraan sudah pasti berlainan panjang ukuran steering rak dan aksesori simpatisan yang lain.

Untuk ongkos penempatan elemen power steering ini bervariatif bergantung merek elemen steering assy dan jasa dari masing-masing bengkel. Untuk harga steering rak nya saja dapat di antara 4juta an sampai 6jt an bahkan juga lebih.

Dengan mengaplikasikan ke-2 pilihan di atas kalian dapat sedikit suka karena setir mobil tak lagi berasa berat yang membuat kamu selalu berasa capek dan kram jemari saat tempuh perjalanan yang lumayan jauh. Nach mudah-mudahan sedikit panduan di atas dapat berguna dan silakan samakan sistem dengan biaya anggaran yang kalian punyai tentu saja.

3. Menukar Karet Dukungan

Cara yang lain paling murah dan gampang untuk membuat setir manual ringan adalah menukar karet dukungan yang menggunakan laher, atau laher-nya lebih lemas/bagus. Umumnya sich karet dukungan telah ada lahernya. Semua mobil pendorong roda depan karet support-nya gunakan laher. Kebalikannya semua(mungkin sebagian besar) mobil pendorong roda belakang karet support-nya tidak gunakan laher. Coba mencari karet support yang lahernya lebih baik, lebih lancar.

4. Menambahkan kekerasan ban

Bila kemudi mobil mulai berasa berat, kemungkinan salah satunya pemicunya adalah kekerasan ban yang terlampau kempis. Ini umumnya akan membuat kemudi jadi sulit untuk dibelokkan. Cara menganalisis apa kekerasan ban mobil Anda normal atau mungkin tidak lumayan gampang. Anda perlu menyaksikannya, apa secara fisik ban mobil Anda kelihatan kempis.

Baca Juga  Penyebab Aki Mobil Tekor : 9 Penyebab Dan Ulasan

Lalu, Anda dapat memakai tangkai besi atau benda keras apa saja untuk memukul-mukul ban mobil. Ini dilaksanakan supaya Anda dapat ketahui apa ban mobil betul-betul kekurangan angina tahu tidak. Karena, ban mobil tidak selunak ban motor yang dapat Anda check memakai tangan saja.

Nach, bila Anda belum juga cukup percaya, lebih bagus langsung membawa ke bengkel yang sediakan pompa angin ban, atau ke gerai pengisian nitrogen di SPBU. Cara menangani setir mobil yang berat ini tidak memerlukan waktu lama dan mempunyai keuntungan lainnya dari segi keselamatan. Karena, saat ban kempis dapat memacu setir mobil bergetar saat direm. Ini benar-benar beresiko saat dipakai untuk berkendaraan dalam kecepatan tinggi.

5. Pastikan Elemen Kemudi Tidak Hancur

Selain itu, cara terakhir untuk membuat setir manual ringan adalah memastikan komponen kemudi berfungsi. Rak kemudi sebagai sisi khusus dari kemudi mobil. Umumnya, factor usia dari mobil akan membuat keadaan dari rak kemudi jadi hancur dan aus. Jika sudah alami kerusakan di bagian ini, maka membuat kemudi mobil jadi oblak dan tidak nyaman untuk dipakai.

Untuk menanganinya lebih bagus selekasnya dibawa ke bengkel mobil paling dekat. Tetapi, jika belum untuk langsung diperbaiki, lebih bagus untuk mengemudikan mobil dengan kecepatan sedang. Ini untuk menghindar beragam permasalahan keselamatan yang dapat terjadi.

Di atas adalah pembahasan berkaitan beberapa cara untuk membuat setir manual ringan pada kendaraan yang belum diperlengkapi power steering. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.