transmisi matic tidak mau pindah gigi

Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi: 5 Faktor & Gejala

Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi – Persneling transmisi matic tidak dapat pindah gigi sebagai satu pertanda jika ada kerusakan pada mekanisme transmisi. Akibatnya yaitu tuas transmisi mobil matik jadi susah dipindah di berbagai percepatan yang ada. Lalu apa saja penyebab transmisi matic tidak mau pindah gigi? Dan bagaimana gejalanya?

Kemungkinan dengan coba seringkali, permasalahan itu dapat usai dan mobil matik dapat jalan seperti umumnya. Tetapi sebetulnya, keadaan ini tidak dapat dipandang sepele. Teman dekat harus selekasnya mengetahuinya supaya tidak terjadi kerusakan yang bertambah luas.

Oleh karena itu perlu diketahui pula gejala yang terjadi sebelum mobil matic tidak mau pindah gigi. Berikut ulasan terkait transmisi matic tidak mau pindah gigi baik penyebab maupun gejala.

transmisi matic tidak mau pindah gigi

Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

Jika Anda rasakan jika transmisi automatic mobil jadi lebih lelet dari umumnya, karena itu coba benahi lebih dulu dengan cara menukar oli transmisinya.

Disamping itu, tidak lakukan pergantian oli automatic secara periodik bisa juga membuat transmisi matic jadi lambat dan mempunyai potensi berlangsungnya kerusakan pada elemen lain. Ini karena ada kotoran dalam oli transmisi, hingga dapat benar-benar punya pengaruh pada performa transmisi.

Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab transmisi matic tidak mau pindah gigi:

1. Permasalahan pada switch rem

Ketakmampuan mobil matik atau transmisi matic tidak mau pindah gigi dapat terjadi karena ada masalah pada switch rem. Saat pedal rem diinjak, switch rem tidak turut ketekan.

Keadaan itu membuat tuas transmisi tidak bisa pindah walau pedal rem diinjak sampai penuh. Pertanda termudah untuk ketahui keadaan ini ialah lampu rem yang tidak berpijar saat pedal diinjak.

Sebetulnya kerusakan pada switch rem sebagai wujud penangkalan supaya tidak terjadi kecelakaan dalam berkendaraan. Apabila sudah tahu letak masalahnya, Teman dekat perlu menganalisa dan menukar partisi yang memiliki masalah.

Apa brake switch rem perlu ditukar atau cukup disetel ulangi. Di bawah ini beberapa langkah pengecekan switch rem yang memiliki masalah.

  • Membuka fuse box yang ada di ruangan mesin. Selanjutnya mencari dibalik tutup boks sekring, code yang memberikan fuse tail lamp. Check sekring itu apa putus atau tidak. Triknya dengan mengambil sekring dan saksikan apa sisi penghantar arus masih terhubung atau terputus. Bila putus, selekasnya tukar sama ukuran yang tepat.
  • Keadaan ini dapat disebabkan karena socket yang lembek. Teman dekat perlu kencangkan socket sampai mengeluarkan bunyi click sampai peranan switch rem normal kembali.
  • Bila tidak diketemukan dua permasalahan di atas, kemungkinan pengaturannya yang kurang cocok. Kadang switch rem tidak berperan jika setel switch terlampau jauh. Pakai kunci cocok 12 mm untuk menyetel ulangi, putar ke kanan atau kiri sampai perannya normal kembali.
  • Cara paling akhir ialah pergantian brake switch jika tiga cara di atas tidak sukses.
Baca Juga  Penyebab Motor Matic Cepat Panas : 4 Faktor & Ulasannya

2. Switch rem kotor

Masih masalah switch rem, gejala persneling mobil matik atau transmisi matic tidak mau pindah gigi dapat karena switch rem yang kotor karena debu, kotoran bahkan juga tersisa pelumas yang menimbun. Efeknya switch rem tidak sanggup mengirim signal hingga membuat tuas transmisi matic tidak mau pindah gigi.

Umumnya keadaan ini terjadi di saat mesin mobil dingin. Saat dipanaskan, kotoran itu dapat luruh hingga transmisi gampang digeser. Lalu tidak boleh cuek walau permasalahan ini dapat dituntaskan tanpa perlakuan. Kadang umur penggunaan dan keadaan switch rem yang kotor dapat merepotkan mobilisasi pengendara.

Jika switch remnya telah kedaluwarsa, lebih bagus tukar sama yang baru. Harga switch rem termasuk cukuplah dapat dijangkau. Teman dekat perlu cari switch rem yang sesuai type mobil.

3. Kerusakan pada gearbox

Gejala kerusakan pada transmisi mobil matik yang lain dapat dirasa saat tuas persneling sukses pindah, tetapi saat pancal gas justru berasa berat. Hal tersebut dapat mengisyaratkan jika transmisi matic tidak mau pindah gigi.

Permasalahan ini ada karena ada kerusakan pada kabel gearbox entahlah putus atau kabelnya terkelupas. Mengakibatkan, walaupun tuas telah dioper tetapi peralihan gigi tidak terjadi. Selekasnya membawa mobil kecintaan ke bengkel berlangganan untuk dilaksanakan pengecekan selanjutnya.

Hal yang terpenting untuk pemilik mobil matik ialah lakukan perawatan periodik. Permasalahan bertambah runyam bila pemilik mobil tidak lakukan perawatan teratur. Perform kendaraan dapat tidak optimal maksimal bahkan juga dapat terjadi kerusakan lebih luas.

4. Kerusakan Solenoid

Kerusakan solenoid pada transmisi matic bisa menjadi salah satunya penyebab transmisi matic tidak mau pindah gigi. Ini karena solenoid ini yang atur fluida yang dipakai untuk mengamankan dan atur ratio pada transmisi matic agar beralih gigi. Jika solenoid macet atau tidak dapat buka karena itu saluran fluida pasti bisa terusik yang mengakibatkan persneling akan susah dipindahkan pada salah satunya gigi atau keseluruhnya.

5. Kampas Brake Pada Planetary Gear Set Aus

Jika kita saksikan, di dalam transmisi matic terbagi dalam beberapa pelat dan kampas yang diatur sebegitu rupa untuk atur ratio pada planetary gear unit. Jika kampas ini aus tentu saja proses pemberhentian pada salah satunya gear PGU akan susah hingga mobil transmisi matic tidak mau pindah gigi.

Gejala Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

Setelah mengetahui berbagai penyebab transmisi matic tidak mau pindah gigi maka perlu diketahui pula gejalanya. Hal ini perlu dilakukan agar kerusakan tranmsisi dapat terdeteksi lebih dini. Gejala transmisi matic tidak mau pindah gigi yang sering muncul di kendaraaan yaitu:

gejala transmisi matic tidak mau pindah gigi

1. Ada sentakan kasar saat peralihan gigi

Salah satunya ciri-ciri transmisi matic tidak mau pindah gigi Anda alami permasalahan yakni saat ada sentakan di saat lakukan peralihan gigi. Tetapi di saat Anda rasakan hentakan itu tapi peralihan tuas masih mulus, karena itu permasalahan transmisi mobil matic Anda tetap kondisi baik. Tapi jika sentakannya sangat terasa kasar dan rasanya seperti menggerakkan mobil, karenanya tanda jelek. Anda disarankan untuk selekasnya bawa mobil matic ke bengkel untuk lakukan pengecekan selanjutnya.

Baca Juga  Cara Mengukur Berat Jenis Elektrolit Baterai : 8 Cara & Ulasan

2. Ada getaran yang aneh

Ciri-ciri seterusnya yang mengisyaratkan transmisi matic tidak mau pindah gigi yakni terjadi getaran yang aneh. Getaran memang umum terjadi, tetapi permasalahannya bila getaran yang terjadi melewati batasan lumrah, karenanya maknanya terjadi permasalahan. Getaran yang tidak lumrah umumnya akan karena ada gesekan pada bagian kopling yang sudah mulai aus, dan itu maknanya Anda harus selekasnya bawa mobil Anda ke bengkel untuk dilihat selanjutnya.

3. Kesusahan mengalihkan tuas

Benar ada periodenya saat mobil matic yang Anda punyai benar-benar susah untuk lakukan peralihan gigi. Umumnya ketidakberhasilan peralihan tuas itu disebabkan karena ada masalah pada bagian switch pada mekanisme transmisi automatis mobil Anda. Bahkan juga yang lebih kronis, karena susahnya peralihan tuas itu, mobil Anda akan alami kesusahan dipindah ke model parking.

Permasalahan ini benar-benar serius dan Anda benar-benar wajib buat selekasnya bawa mobil ke bengkel, untuk dikaji selanjutnya benarkah kendaraan Anda harus di-overhaul atau tidak. Tapi Anda bisa juga lakukan pengujian terlebih dahulu dengan mengecek sisi switch remnya, dengan mencapai sedikit sisi pedal remnya, dan lihat switch remnya. Disamping itu, check sisi sekring yang berada di dalam fuse box pada ruangan mesin, jika sekring putus, karena itu selekasnya ditukar sama ukuran yang sesuai referensi.

4. Gigi tidak turut peralihan tuas

Bila pernah merasakan keadaan di mana Anda mengalihkan tuas tapi gigi tidak turut pindah, karenanya maknanya terjadi permasalahan disitu. Bisa saja, permasalahan pada bagian tuas giginya, juga bisa permasalahan pada bagian mekanisme transmisinya. Jika hal itu terjadi, karena itu Anda dianjurkan untuk mengecek sisi gearbox untuk ketahui apa kabel didalamnya putus atau tidak. Saat ada permasalahan pada bagian kabel gearboxnya, karena itu Anda lengan di bagian gearbox tidak akan beralih, itu yang menjadi penyebab kenapa tuas beralih tapi gigi tidak.

5. Susah dimundurkan

Saat mesin mobil alami kerusakan yang cukup kronis, karena itu permasalahan yang kerap kali akan dirasakan yakni Anda akan alami kesusahan untuk mengundurkan gigi. permasalahan ini harus selekasnya diatasi dan seharusnya mobil selekasnya dibawa ke bengkel resminya untuk dicheck selanjutnya. Karena untuk kasus mobil matic, permasalahan yang tidak selekasnya diatasi bisa menjadi penyebab berlangsungnya permasalahan lain. Karena itu Anda dianjurkan lakukan pengecekan secara periodik, minimal 6 bulan sekali.

Diatas adalah ulasan terkait transmisi matic tidak mau pindah gigi baik penyebab maupun gejalanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion