Cushion Plate Pada Plat Kopling Berfungsi Untuk: Peran & Ulasan

Cushion Plate Pada Plat Kopling Berfungsi Untuk – Komponen khusus kopling, yang mana kopling pada kendaraan terbagi dalam 3 sisi khusus yakni kampas kopling atau clutch disc, tutup kopling dan proses pendorong. Didalam clutch disc terbagi menjadi beberapa bagian, salah satunya cushion plate. Lalu apa fungsi cushion plate pada kampas kopling?

Nach, kesempatan kali ini kita akan konsentrasi mengulas mengenai clutch disc atau kampas kopling. Fungsi dari kampas kopling adalah melanjutkan tenaga mesin dari roda penerus (flywheel) ke plat penekan (pressure plate) dan seterusnya ke input shaft transmisi.

Beberapa bagian khusus dari kampas kopling terbagi dalam 3 sisi yakni facing, torsion dumper, dan cushion plate. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi cushion plate pada kampas kopling akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cushion plate pada plat kopling berfungsi untuk

Cushion Plate Pada Plat Kopling Berfungsi Untuk

Fungsi kopling adalah untuk memutuskan dan menyambungkan, unit kopling memutuskan dan menyambungkan saluran daya/gerak/peristiwa dari mesin ke transmisi. Karena ada kopling, karena itu saat dibutuhkan tenaga gerak, jadi tidak perlu harus mematikan sumber gerak (mesin).

Salah satunya tipe kopling adalah kopling gesek plat tunggal yang sering dipakai pada mobil khususnya yang memakai transmisi manual. Yang mana di dalamnya memakai plat kopling atau kampas.

Wujud dari plat kopling yakni berbentuk piringan dengan bahan dasar asbes dengan kombinasi logam yang mempunyai perawatan khusus agar tidak cepat aus atau hancur. Karena bila plat kopling aus akan bau dan jika didiamkan maka terbakar.

Baca Juga  Dasar Dasar Sensor Otomotif : Pengertian & Jenis

Di dalam plat kopling terdiri jadi bagian-bagian kembali, satu diantaranya cushion plate. Elemen ini sebagai sisi khusus kopling pada kendaraan. Cushion plate ini terlilit bersama facing dan disc plate. Mengikatnya yakni dengan cara dikeling.

Cushion plate ini berupa gelombang, kenapa dibuat bergelombang? Maksudnya adalah supaya saat plat penekan sentuh clutch disc, penekanan bisa dilaksanakan secara pelen-pelan.

Dalam kata lain cushion plate pada plat kopling berfungsi untuk melembutkan performa kopling saat menyambungkan perputaran dari mesin ke transmisi. Karena ada sisi ini jadi tidak muncul hentakan saat kopling mulai dilepaskan.

Diatas adalah ulasan terkait cushion plate pada plat kopling berfungsi untuk apa. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -