Fungsi Synchronizer Ring: Peran Dan Ulasannya

Fungsi Synchronizer Ring – Didalam synchromesh terdapat beberapa bagian salah satunya synchronizer ring. Lalu apa saja fungsi dari synchronizer ring?

Fungsi synchromesh penting pada transmisi untuk menyamakan putaran roda gigi yang akan berkaitan dengan cara pengereman. Hal ini juga yang menyebabkan pepindahan gigi menjadi lebih halus dan tanpa hentakan.

Synchromesh digunakan pada tranmsisi manual yang kerap digunakan sampai saat ini. Pada transmisi tipe ini biasanya pada mobil atau kendaraan memiliki roda 4. Sementara untuk roda 2 biasanya menggunakan transmisi type constantmesh.

Ada beberapa komponen atau bagian dari synchromesh. Apabila diamati terdapat beberapa bagian dari synchromesh yaitu synchronizer ring, clutch hub, shifting key, dan berbagai komponen lainnya. Dari berbagai bagian synchromesh memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Berbagai komponen itu untuk memberikan dukungan synchromesh supaya berperanan seperti harusnya.

Hal ini termasuk synchronizer ring pada synchromesh. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi synchronizer ring pada synchromesh transmisi manual akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi synchronizer ring

Fungsi Synchronizer Ring

Fungsi synchromesh adalah untuk menyamakan putaran roda gigi yang akan berkaitan dengan cara pengereman. Synchromesh dibikin dengan bahan yang lunak biasanya kuningan dan memiliki lajur yang berperanan untuk perkokoh model gesek yang ada ketika proses perubahan gigi. Model gesek antara synchronizer ring dan gigi percepatan ini yang dipakai untuk menyamakan putaran agar clutch hub mudah masuk.

Baca Juga  Komponen Pulley Primer: 6 Bagian Dan Ulasan

Synchromesh terdiri dari beberapa komponen yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Synchronizer ring adalah komponen yang mempunyai fungsi untuk menyamai perputaran di antara synchromesh dengan roda gigi pemercepatan dan proses pengereman.

Synchronizer sendiri berada antara clutch hub dan roda gigi pemercepatan yang berupa konis. Komponen ini dibuat bermaterial kuningan yang mempunyai bahan lebih lunak dibanding yang lain. Maka dari itu komponen satu ini bisa alami keuasan.

Gerakan dari garpu pembebas atau shift fork akan diteruskan ke bagian clutch hub sleeve. Bagian ini akan gerakkan segi atas shifting key. Karena dorongan ini karenanya shifting key akan menekan synchronizer ring agar berkaitan dengan gigi percepatan.

Hub sleeve akan gerakkan chamfer dari synchronizer ring dengan kuat. Synchronizer ring akan terdorong masuk disebelah konis gigi percepatan. Ini munculkan berjalannya gesekan atau pengereman. Dengan begitu karenanya putaran dari gigi percepatan akan sama dengan hub sleeve.

Karena dorongan dari shift shaft karenanya hub sleeve akan terus terdorong. Ini menyebabkan spline atau lajur gigi pada hub sleeve akan masuk dan berkaitan dengan spline atau lajur pada roda gigi percepatan. Saat hub sleeve dan gear pecepetan sama mencengkeram atau berkaitan karenanya putaran dari kutub input transmisi akan diteruskan ke kutub output transmisi melalui gigi percepatan dan clutch hub.

Baca Juga  Letak Sensor Kipas Radiator Avanza: Lokasi Dan Ulasannya

Diatas adalah ulasan terkait fungsi synchronizer ring pada synchromesh transmisi manual. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.