Fungsi Reverse Idle Gear Transmisi, Letak, Dan Cara Kerja

Fungsi Reverse Idle Gear Pada Transmisi – Didalam transmisi manual terkait perubahan energi atau putaran maka terdapat berbagai jenis gear atau gigi percepatan, salah satunya adalah reverse idle gear. Lalu apa fungsi reverse idle gear pada transmisi?

Transmisi manual dan komponen-komponennya sebagai bagian dari mekanisme pemindah tenaga dari sebuah kendaraan, yaitu mekanisme yang berfungsi mengatur tingkat kecepatan dalam proses perpindahan tenaga dari sumber tenaga (mesin) ke roda kendaraan.

Mekanisme pemindah tenaga secara garis besar terbagi dalam Unit kopling, transmisi, defrensial, poros dan roda kendaraan. Sementara Status unit transmisi ada beberapa langkah ada di belakang unit kopling.

Fungsi komponen – komponen transmisi manual adalah untuk menjamin peralihan perputaran dari mesin ke poros output jadi enteng serta lebih gampang. Ide dasar cara kerja transmisi memakai ide perbedaan peristiwa, lewat beberapa roda gigi.

Dari berbagai roda gigi transmisi ini terdapat reverse idle gear yang peranannya digunakan pada saat percepatan mundur. Dengan kata lain tanpa adanya fungsi reverse idle gear maka kendaraan tidak bisa berjalan mundur. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi reverse idle gear, letak, dan cara kerjanya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi reverse idle gear

Fungsi Reverse Idle Gear

Sebelum mengetahui terkait fungsi dari reverse idle gear pada transmisi maka perlu mengenal lebih lanjut terkait transmisi tersebut. Transmisi angkatan pertama kali yang digunakan pada mobil adalah tipe slidingmesh (slidingmesh tipe).

Tetapi Bersamaan dengan perkembangann jaman dan tehnologi karena itu transmisi tipe itu ditukar dengan tipe yang lebih bagus yaitu tipe constanmesh dan pada akhirnya pada sekarang ini semua tranasmisi tipe manual memakai tipe synchromesh.

Baca Juga  Kopling Gesek Atau Friction Clutch: Pengertian Dan Jenis

Argumen pergantian tipe transmisi ke tipe yang lebih bagus ini benar-benar terkait dengan performa transmisi tersebut. Angkatan pertama transmisi tipe slidingmesh ini tidak dapat dipakai dalam kecepatan tinggi dan saat sopir akan mengalihkan gigi karena itu kecepatan harus di turunkan.

Selain itu kemudian muncul berbagai mekanisme kerja transmisi termasuk percepatan mundur. Fungsi dari Reverse idle gear adalah gigi yang menyambungkan di antara gigi reverse gear dengan gigi low and reverse gear pada output yang bekerja pada status transmisi gigi mundur. Dengan kata lain peran dari reverse idle gear ini sebagai perubah atau pembalik putaran.

Letak Reverse Idle Gear Transmisi

Letak dari reverse idle gear transmisi terdapat dibagian dalam rumah transmisi. Terutama rumah transmisi sebelah luar yang berhubungan dengan bagian poros propeller. Biasanya terdapat tiga buah gear yang menghubungkan antara bagian counter shaft dengan output shaft.

Cara Kerja Reverse Idle Gear

Setelah mengetahui fungsi dan letak dari reverse idle gear maka perlu diketahui pula cara kerjanya. Cara kerja reverse idle gear sebenarnya sangat sederhana. Bagian ini akan bekerja ketika percepatan mundur dimasukkan.

Dimana pada percepatan mundur membutuhkan putaran yang berbeda atau terbalik. Artinya ketika mesin berputar kekanan maka bagian output transmisi harus berputar kekiri. Akibatnya roda akan bergerak berlawanan dan kendaraan bisa berjalan mundur.

Untuk mendapat putaran yang berbeda maka diantara gear percepatan perlu ditambahkan satu gear lagi untuk membalik putaran yang dihasilkan. Nah gear tersebut bernama idle gear yang akan menghubungkan bagian gigi percepatan mundur dengan gear pada output transmisi.

Baca Juga  Constant Velocity Joint Adalah: Fungsi Dan 4 Jenisnya

Komponen Lain Transmisi

Selain fungsi reverse idle gear masih banyak lagi bagian bagian atau komponen pada transmisi. Adapun fungsi komponen – komponen pada transmisi yaitu :

  1. Poros Input berfungsi melanjutkan perputaran dari mesin yang tersambung ke kopling untuk dilanjutkan ke gigi – gigi yang ada di transmisi ( gigi pemercepatan dan konter gear)
  2. Gigi Percepatan berfungsi terima perputaran dari konter gear dan meneruskannya ke poros output. Peralihan gigi pemercepatan didapat dari peralihan gigi pada tuas ( tongkat transmisi)
  3. Synchronize Ring berfungsi sebagai perlambat kecepatan putar gigi pemercepatan (no 2) agar berpadu dengan cluth hub saat peralihan gigi.
  4. Cluth Hub berfungsi sebagai kopling penyambung gigi pemercepatan (no 2) dengan hub sleeve di saat peralihan gigi.
  5. Konter Gear berfungsi terima perputaran dari poros input yang diteruskaan ke tiap gigi pemercepatan sesuai kecepatan yang terjadi pada waktu itu. Pada keadaan Netral, konter gear masih tetap berputar-putar.
  6. Ouput Shaft berfungsi terima perputaran dari gigi pemercepatan yang hendak dilanjutkan ke poros profeler.
  7. Idle Gear berfungsi sebagai gigi mundur. Letak idle gear yang ada di tengah – tengah ke-2 roda gigi akan menyebabkan ke-2 roda gigi itu berputar-putar dengan arah yang serupa.
  8. Shif Fork berfungsi mengalihkan (geser) cluth hub ke gigi pemercepatan yang didapat dari perintah sopir dengan menggerakan tuas (tongkat transmisi).

Diatas adalah ulasan terkait fungsi reverse idle gear pada transmisi, letak, dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -