Apa Fungsi Jack Stand: Fungsi & Cara Menggunakan

Apa Fungsi Jack Stand – Terdapat beberapa pekerjaan terkait perbaikan kendaraan yang harus dilakukan dibawah kendaraan. Oleh karena itu jack stand adalah salah satu alat yang sangat dibutuhkan. Lalu apa fungsi jack stand?

Kerusakan pada mesin mobil tidak terus-terusan ada di sisi permukaan atasnya, juga bisa terjadi pada bagian bawah mobil. Untuk melakukan perbaikan, mobil harus didukung dengan jack stand. Apalagi, menyokong mobil dengan jack stand dipandang semakin aman dibanding menggunakan batu atau kayu.

Jack stand ini berlainan dengan dongkel, baik dongkel teknisi atau hidrolik dalam pemakaiannya. Walau sama bermanfaat untuk mengusung mobil supaya bisa diperbarui, cara kerjanya berlainan. Untuk lebih jelasnya terkait apa fungsi jack stand, bagian, dan cara menggunakan akan diulas lebih dalam pada artikel di bawah ini.

apa fungsi jack stand

Apa Fungsi Jack Stand

Saat sebelum ketahui cara menjalankan jack stand, sebaiknya mengenali lebih dalam berkenaan apa fungsi jack stand. Apabila ditanya terkait apa fungsi jack stand maka fungsi jack stand adalah untuk menyokong atau meredam beban mobil yang telah didongkrak saat lakukan pembaruan. Maka, mobil harus diangkat dahulu dengan menggunakan dongkel, baru ditahan dengan jack stand.

Proses pembaruan yang memerlukan jack stand atau penunjang itu misalnya seperti pembaruan pada transmisi, mekanisme rem, kaki – kaki, dan lain sebaginya. Jack stand mempunyai kemampuan meredam berat beban sama sesuai keperluan yakni 3 ton, 6 ton dan 12 ton.

Baca Juga  Fungsi Control Rack: Peran Dan Cara Kerja

Penggunaan jack stand dapat membuat dongkrak lebih tahan lama serta awet karena tidak terus-terusan dipakai untuk meredam berat kendaraan.

Dapat disebut bila jack stand ini adalah ganjal body kendaraan saat kita akan lakukan pembaruan kendaraan dengan status beberapa body kendaraan terangkut. Misalnya seperti saat lakukan pergantian ban mobil atau saat lakukan pengecekan di bagian kolong kendaraan.

Dalam pemakaiannya, jack stand ini dipakai sesudah mobil diangkat dengan dongkel. Saat body mobil telah terangkut beberapa, karena itu di bagian yang di dongkel itu terpasangkan jack stand buat meredam berat kendaraan untuk digunakan sebagai alternatif dongkel.

Bagian Jack Stand

Terdapat beberapa komponen atau bagian yang ada pada jack stand yang memiliki fungsi berbeda yaitu:

1. Lock Pin (Pin Pengunci)

Jack stand diperlengkapi dengan pengunci yang biasanya dibuat dari tangkai besi. Wujud dari pengunci ini ada yang wujud segitiga atau berupa bundar. Fungsi pengunci ini adalah untuk mengamankan rahang jack stand.

2. Tube (Penunjang / Rahang Jack Stand)

Tube ditahan secara vertikal dan di ketinggian khusus oleh base. Di bagian atas tube bisa dipertambah sebuah fixture (sadel) untuk memberi contact yang lebih bagus antara tube dan kendaraan.

3. Kontrol Lever (Tuas Pengontrol Rahang Jack Stand)

Tuas ini dipakai untuk atur dan meredam status rahang sesuai keperluan.

Baca Juga  Ladder Frame vs Monocoque: Kelebihan Dan Kekurangan

4. Base

Base dipakai sebagai penunjang yang kuat yang ditaruh di tanah atau lantai workshop.

Cara Menggunakan Jack Stand

Setelah mengetahui apa fungsi jack stand dan bagian maka perlu juga diketahui bagaimana cara menggunakan jack stand. Berikut ulasan terkait cara menggunakan jack stand:

  1. Mencabut atau melepas lock pin (pin pengunci), supaya rahang jack stand bisa dinaikan atau di turunkan saat sebelum menggunakan jack stand.
  2. Sesudah pengunci lepas naikan tube (rahang jack stand) sesuai ketinggian yang diperlukan (disamakan dengan tinggi mobil).
  3. Bila rahang jack stand telah dinaikan karena itu saran kembali pengunci pada lubang pengunci jack stand.
  4. Posisi peletakan jack stand pada sisi sasis kendaraan yang keras seperti AS roda. Apabila pada mobil sedan tentukan sisi samping bawah atau di bagian bodi yang telah diikuti dengan coakan.
  5. Turunkan dongkel dengan hati – hati supaya jackstand tidak melenceng
  6. Angkat kembali kendaraan menggunakan dongkel sampai capai ketinggian yang lebih dibandingkan jackstand.
  7. Cabut / terlepas lock pin (pin pengunci) jack stand
  8. Ambil tuas pengontrol (kontrol lever) sampai rahang jack stand turun prima.

Diatas adalah ulasan terkait apa fungsi jack stand, bagian, dan cara menggunakan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.